Ternak Ayam KUB

Di era yang terus melaju dan bergerak cepat saat ini, inovasi teknologi sepertinya menjadi sesuatu yang tidak terelakkan. Tidak terkecuali dalam dunia peternakan. Badan litbang pertanian melalui balai penelitian ternak telah melakukan penelitian dan seleksi yang kemudian disebut dengan ayam kualitas baru. Pertanyaannya kini seperti apa kualitasnya, kenapa di sebut unggul dan apa nilai lebih lainnya, kita akan bahas ternak ayam kub selengkapnya.

Cara Beternak Ayam KUB

Walaupun ini jenis ayam kampung dengan pemeliharaan intensif perlu di lakukan pemeliharaan dengan memperhatikan kesehatannya contohnya biosecurity atau mencegah masuknya bibit penyakit ke kandang kita sehingga tidak semua orang bisa memasuki kandang. Lalu vaksinasi Nd dan Gumboro.

Untuk vaksinasi AI tergolong tidak terlalu di butuhkan untuk ayam kampung, pasalnya menurut penelitian ayam kampung tingkat ketahanan terhadap AI mencapai 67% dari ayam kampung tahan flu burung.

Perbandingan Ayam Jantan dan Betina

Dalam budidaya ternak ayam kub untuk mendapatkan hasil yg optimal bisa menempatkan 1 jantan dan 6 betina. Dengan daya tetas mencapai 90%. Jika menaikkan angka betina menjadi 10-12 betina, tingkat daya tetas ayam kub akan menjadi 60%.

Kondisi saat ini hampir sebagian besar kebutuhan konsumen untuk ketersedian telur hampir di penuhi oleh ayam ras. Sehingga boleh dikatakan pengembangan ayam kub masih potensial.

Kandang Ayam KUB

Kandang ayam kub juga memiliki beberapa jenis, bisa di kandang ayam panggung, postal, dan baterai dengan berbagai macam keunggulan. Dengan kandang ayam panggung umumnya untuk pembesaran, kandang baterai untuk masa ayam bertelur.

Perbedaan Ayam KUB dengan Ayam Kampung

Ayam kub sudah melalui pelepasan galur yaitu kub 1 yang berasal dari ayam kampung biasa yang didatangkan dari beberapa lokasi di Jawa Barat yaitu, Ciawi, Cipanas, Cianjur, Cigudeg, Jatiwangi dan Depok. Di kumpulkan dan di proses seleksi produksi telur selama 6 bulan dan mempunyai sifat mengeram yang tinggi di hilangkan untuk mempunyai produksi telur yang tinggi.

Untuk generasi pertama di dalam 6 bulan proses seleksi hanya menghasilkan 54 butir/ekor atau sekitar 26% produksinya. Pada generasi kedua meningkat sebanyak 64 butir/ekor. Dan generasi seterusnya mengalami kenaikan. Dengan proses seleksi 50% terbaik dari populasi awal.

Hasil seleksi yang di lepas sekarang adalah generasi keenam dengan menghasilkan produksi telur +-90 butir/ekor/6 bulan atau 180 butir/ekor/tahun dan puncak produksi hariannya bisa 65%.

Keunggulan Ayam KUB

Ayam KUB atau ayam kampung unggul balitbang memiliki keunggulan di telurnya dengan perbandingan jika ayam kampung biasa hanya bisa menghasilkan 60 butir/tahun dibandingkan dengan ayam kub bisa menghasilkan 160-170 butir/tahun.

Selain itu ini adalah ayam kampung yang tergolong lebih disukai masyarakat dibanding dengan ayam ras. Contohnya telur ayam kampung dicari masyarakat untuk menambah stamina.

Demikian artikel ternak ayam kub ini semoga bermanfaat. Terimakasih.

Tagged in:

, ,

About the Author

Peternak

Berbagi Informasi mulai dari Cara Mengobati Ayam, Harga Ayam, Manajemen, Kesehatan Ayam, Berbagai macam penyakit, dan info-info menarik lainnya.

View All Articles