Tempat pakan ayam otomatis di kandang Clouse House ini pernah admin singgung di artike tentang Jenis Tempat Pakan Ayam Broiler, yang dimana kali ini kita akan lebih berfokus pada tempat pakan otomatisnya yang biasa juga di sebut pan feeder.

Di awal, pakan akan di taruh di wadah penampungan pakan awal yang besar yang letak nya berbeda posisi sekatan dengan ayam dan lebih tinggi dari tempat pakan di kandang, biasanya takaran berapa karungnya adalah kebutuhan pakan dan standar pakan ayam seharinya, jd kalaupun wadah penampungannya tidak cukup maka nantinya akan di bagi menjadi dua kali restok pakan di wadahnya, antara pagi hari dan sore hari.

 

Selanjutnya pakan akan otomatis mengikuti pergerakan pipa-pipa yang terhubung dari wadah utama td yg kemudian di tampung ke wadah yang lebih kecil yang langsung tersampung tempat pakan otomatis di ayamnya, nantinya apabila sudah penuh maka pakannya akan berhenti, indikatornya adalah pakan sampai menyentuh ke pipa pengeluaran pakan utama.

Tidak hanya sampai disana saja otomatisnya, di wadah pakannya juga akan otomatis berhenti jika tempat pakan yg di wadah nya sudah penuh yang dimana di dalam pipanya terdapat semacam sebuah besi yang didesain simetris untuk mendorong pakan dari pangkal hingga ke ujung sehingga masing-masing unit tersuplai pakannya.

Keuntungun dari tempat pakan otomatis ini di antaranya

  1. Lebih menghemat tenaga dan jumlah abk.
  2. Ayam tidak stress karena terlalu seringnya anak kandang lewat memberi pakan.
  3. Pertumbuhan lebih optimal di karenakan minim stress
  4. Virus lebih bisa diminimalisir, karena kontak dengan dunia luar lebih minim.
  5. Pakan lebih merata

Demikian lah artikel tentang tempat pakan otomatis ini, semoga bisa lebih membuka wawasan dan berkreasi lebih di kandang-kandangnya.

 

Tagged in:
,

About the Author

Peternak

Berbagi Informasi mulai dari Cara Mengobati Ayam, Harga Ayam, Manajemen, Kesehatan Ayam, Berbagai macam penyakit, dan info-info menarik lainnya.

View All Articles