Tanaman Vanili

Tanaman vanili merupakan tanaman penghasil bubuk vanili yang memiliki aroma harum dan manis. Bubuk ini dihasilkan dari buahnya yg berbentuk polong. Bubuk vanili selain dijadikan pengharum makanan dan minuman juga di manfaarkan untuk kesehatan karena mengandung antioksidan tinggi yang sangat bermanfaat. Vanili terbilang harganya sangat mahal dan merupakan produk ekspor. Vanili sering juga di sebut emas hijau karena merupakan penyedap rasa termahal kedua di dunia.

Tanaman Vanili

Petani di Indonesia sempat tidak mengindahkan vanili dikarenakan harganya yg pernah jatuh dan hingga kini petano berkurang minatnya untuk budidaya vanili. Kurangnya petani budidaya tanaman ini di karenakan kurang pahamnya bagaimana budidaya vanili yang di anggap sulit dan trauma terhadap harga jual. Padahal di pasar internasional harga komoditas vanili saat ini cukup tinggi. Semakin bagus kualitasnya maka harga juga semakin tinggi, itulah sebabnya budidaya tanaman vanili mempunyai prospek yang sangat menjanjikan.

Cara Menanam Vanili

Sebelum menanam vanili kita harus benar-benar mengenali karakteristik atau pertumbuhan vanili itu sendiri. Karena sebenarnya tidak sesulit seperti yg di bayangkan petani.

Semua tempat selagi masih ternaungi atau ada teduhan vanili bisa di tanam. Dikarenakan tanaman ini membutuhkan sinar matahari 40% sampai 60%. Vanili bukan tanaman yang sifatnya membutuhkan tenaga ekstra tetapi dibutuhkan telaten dan kontrol yang dibutuhkan.

Vanili membutuhkan naungan dikarenakan kebutuhan sinar matahari yg hanya sampai 60% saja. Naungan konvensional bisa didapatkan seperti tanaman tegakan yg hidup salah satunya adalah tanaman gamal dan tanaman naungan lainnnya.

Persiapan Lahan

Jika secara konvensional di persiapkan 3 bulan sebelum tanam, termasuk lahan dan naungan juga media tanam seperti saput kelapa, tanah humus, jika tidak ada naungan bisa menggunakan paranet dengan catatan tegakan tidak boleh menggunakan tanaman hidup, bisa menggunakan paralon yg dililit sabut kelapa atau beton. Media tanam luas vanili dengan diameter 1 meter tidak boleh kurang, dengan tambahan media sabut kelapa dengan pupuk alternatif lain.

Komposisi yg harus di lakukan petama kali menanam adanya humus yg di dapatkan dari beberapa tempat proses penghumusan seperti bawah pohon bambu dan pohon besar lain ditutup dengan sabuk kelapa tidak boleh terlalu tebal dan pekat.

Penyerbukan bunga yg baik di lakukan saat masa subur bunga berkisar di antara jam 7-10 siang. Vanili akan mulai berbunga ketika tumbuhan berusia 1 tahun, dimana pada masa ini kita perlu menjamin ketersedian air terutama saat musim kemarau.

Saat Yang Tepat Menanam Vanili

Saat yg baik musim tanam vanili adalah saat awal musim hujan dan harus di barengi dengan media tanam yang sudah memenuhi SOP penanaman vanili.

Prospek Vanili Di Indonesia

Prospek kedepannya vanili sangat menjanjikan dikarenakan vanili salah satu komuditi yg hampir semua negara membutuhkan vanili.

Vanili atau Vanilla planifolia merupakan rempah yang dikenal dengan sebutan vanili di Indonesia, tanaman ini penghasil bubuk vanili yang di gunakan sebagai pengharum makanan. Salah satu penghasil vanili di Indonesia adalah Dusun Sinogo di kawasan perbukitan Menoreh menjadi daerah penghasil vanili pada tahun 1960-an. Namun kejayaan vanili sempat mati karena mencampur vanili dengan paku yang mengakibatkan jatuhnya harga jual vanili.

Kini petani kembali bangkit, warga kembali menanam vanili di ladang dan halaman rumah 3 tahun belakangan ini dikarenakan harga mulai kembali naik dan bibit tanaman masih tersisa di kebun sebelumnya. Aktivitas penyerbukan vanili menjadi rutinitas warga setempat hal ini di sebabkan vanilla planifolia tidak dapat melakukan penyerbukan alami sehingga memerlukan bantuan manusia.

Demikian artikel tanaman vanili ini, semoga bermanfaat. Terimakasih.

Tagged in:
,

About the Author

Peternak

Berbagi Informasi mulai dari Cara Mengobati Ayam, Harga Ayam, Manajemen, Kesehatan Ayam, Berbagai macam penyakit, dan info-info menarik lainnya.

View All Articles