Tanaman Sorgum dan Kelebihannya

Sorgum dimanfaatkan sebagai sumber makanan seperti nasi, tetapi belakangan pada tahun 1980 an di karenakan beras swasembada mulai menghilang dan kini mulai banyak lagi di budidayakan dan di perjual belikan.

Nutrisi yang terkandung di dalam sorgum termasuk bagus, produk jadi sorgum juga bermacam-macam bisa beras sorgum sosoh bisa langsung masak seperti nasi, lalu tepung sorgum, berikutnya adalah tortila yaitu sejenis kue pipih yg biasanya terbuat dari jagung.

Tanaman Sorgum dan Kelebihannya

Glutein Rendah

Sorgum memiliki kelebihan glutein yang rendah bagus untuk lambung dan produk, tepung sorgum juga biasanya digunakan untuk anak-anak penderita autis karena glutein rendah yang tidak mengganggu lambung mereka.

Dikarenakan lambung anak penderita autis cukup sensitif, solusinya menjadikan nasi sorgum dan tepung sorgum untuk menjadi bahan dasarnya makanan mereka.

Nira Sorgum

Kelebihan berikutnya ada pada nira sorgum yang bisa di jadikan gula cair atau kecap dan bisa juga menjadi gula semut atau gula kristal.

Super Food

Sorgum termasuk tanaman yang di juluki super food karena tahan terhadap cuaca panas dan musim kemarau, pakan serbaguna dan tidak bandel dalam pengelolaannya.

Tanaman sorgum dan kelebihannya yang lain adalah tergolong tahan hama, dan tidak menggunakan pestisida.

Kandungan Sorgum

Kandungan karbohidrat di sorgum lebih besar dari pada di padi. Kandungan seratnya juga tinggi dan mengandung zat antioksidan.

Pakan Ternak

Batangnya bisa di jadikan pakan ternak ruminansia, sapi, kambing, domba dan ternak besar lainnya.

Masa panen sorgum sendiri berkisar di antara 3 bulan dengan produksi sebanyak 8-9 ton/hektar.

Cara Menanam Sorgum

  1. Siapkan benih lokal bisa benih dari sorgum sebelumnya, pertama jemur terlebih dahulu sorgun hasil panen sebelumnya, lalu di rontok, kemudian di jemur kembali sampai kering dan selanjutnya di simpan.
  2. Penyimpanan bisa menggunakan botol aqua.
  3. Lahan siapkan dengan dengan satu lobangnya bisa diisi 4-5 biji. Kalau terlalu banyak akan menyebabkan batang nya menjadi kecil.
  4. Dipupuk urea 2 kali dengan satu musim sebanyak 300 kg, hampir mirip seperti jagung cara penanaman dan perawatannya dan lama panennya juga hampir sama.

Hama Tanaman Sorgum

Hama yang sering menyerang biasanya kalau masih muda adalah ulat, sedangkan ketika sudah tua adalah burung.

Biasanya pengusiran hama menggunakan kaleng yang diikat bersamaan dan digerakkan untuk dibunyikan untuk mengusir burung pergi.

Pola Tanam

Dengan pola tanaman MT1, padi bawang merah, MT2, bawang merah, padi kembali, dan MT3 kembali ke sorgum.

Cara Menanam Sorgum Skala Rumahan

  1. Pada usia 2 bulan sorgum mulai berbunga, lalu 1 bulan berikutnya mulai menjadi bulir-bulir biji.
  2. Kemudian dijemur, lalu dilepas
  3. Buat wadah tanam biji di kotak-kotak kecil agar mudah di pindahkan ke polibag,
  4. Pada umur 2 minggu-sebulan dengan jumlah daun 4 atau lebih sudah bisa dipindah ke polibag yang lebih besar.
  5. Setelah usia 2 bulan lebih bulir akan berwarna lebih tu tetap berada dalam wadah polibag.

Secara teoritis dalam 12 bulan dapat menanam dan memanen sebanyak 4x. Jika batang sorgum setelah panen di potong 30 cm dari tanah akan keluar anakan dan tumbuh kembali.

Proses Panen Sorgum

Ketika biji atau buah sorgum sudah berwarna merah tua atau usia 3 bulan sudah bisa dilakukan proses panen.

Proses panen sorgum terbilang mudah dikarenakan cukup memotong bagian leher batang yg berdekatan dengan buah, dan tidak memotong semua batang. 10-15 cm dari puncaknya.

setelah panen di jemur bulirnya sampai kering dan bisa dilepas dan menjadi bulir-bulir sorgum.

Tanaman Sorgum dan Kelebihannya

Secara keseluruhan untuk sorgum di Indonesia sebanyak 15.000 hektar dengan yang paling banyak di NTT, NTB, Sultra, dan sebagainnya lagi ada di Demak, Jateng.

Sorgum sendiri di negara maju sudah menaruh ke dalam urutan nomor 3 untuk di eksport dan tanam besar-besaran, setelah gandum dan jagung.

Sejarah Tanaman Sorgum

Tanaman sorgum sejak zaman voc sekitar tahun 1780 an, yaitu seorang ahli botani melihat banyak jenis sorgum yg sudah ada di Indonesia di beberapa wilayah di Indonesia.

Demikian artikel mengenai tanaman sorgum dan kelebihannya. Semoga bermanfaat. Terimakasih

About the Author

Peternak

Berbagi Informasi mulai dari Cara Mengobati Ayam, Harga Ayam, Manajemen, Kesehatan Ayam, Berbagai macam penyakit, dan info-info menarik lainnya.

View All Articles