Keberhasilan performance ternak ayam broiler di pengaruhi salah satunya dengan pencapaian bobot ayam broiler yang standart. Standart bobot ayam broiler menjadi salah satu garis patokan peternak untuk memacu dan memperbaiki apa yang salah di Manajemen kandang tersebut. Jika ayam di minggu awal di bawah standart maka harus sesegera mungkin di lakukan tindakan khusus, apakah di pemanas nya yg kurang ataukah kepadatan dan lainnya yang menyebabkan ayam tidak nyaman dan feed intake tidak masuk standart. Jika bobot ayam broiler lebih dari standar di minggu pertama dan kedua atau 14 hari ini salah satu pondasi kita untuk menjaga dan mempertahankan performancenya.

Efek bobot ayam di bawah standart

  • Kemampuan pembelahan sel ayam akan terganggu dan akan sulit untuk mengejar tertinggalnya bobot.
  • Pengaruh terhadap Indeks ferpormance atau IP.
  • Nafsu makan menurun dan kekebalan menurun.
  • Efek lanjutannya ayam akan rawan terserang penyakit dan virus lebih mudah masuk.

Standart Bobot Ayam Broiler Umur 7 Hari

Idealnya bobot minggu awal adalah 4,5-4,75 x dari bobot awal ayam datang pertama kali. Contohnya

  • Di awal CI, DOC datang dengan bobot 43 gr. Maka di 7 hari kedepannya DOC mampu untuk mencapai bobot 193 gr – 204 gr. Ini adalah bobot yg optimal untuk bekal dan pondasi performance ayam di akhir.

Standart Bobot Ayam Broiler Umur 14 Hari

Di umur 14 hari ini, jika masuk standart atau di 2,4x nya bobot minggu awal maka kita sudah bisa bernapas lega. Pasalnya. Pondasi ayam yaitu pembelahan sel sudah optimal dan pembesar sel tinggal menjaga performance di kandang. Jika di lanjut dengan tetap menjaga suhu ruangan, sirkulasi, dan kepadatan. Di kandang open di umur 21 hari akan bisa mencapai bobot 1 kg dan di umur 32 hari akan mencapai bobot 2 kg.

Penghematan waktu dalam beternak ayam juga kita dapatkan sejalan dengan IP dan Performance nya. Actual di lapangan jika bobot di bawah standar maka fcr akan maju ke dua sampai 3 hari kedepan di standart nya. Kebalikan dari bobot yang maju, maka fcr akan bisa di tekan lebih rendah. Tp di lapangan bisa saja bobot lebih di ikuti dengan fcr yang lebih. Hal ini bisa di akibatkan dari kualitas pakan yg di konsumsi.

Berikut adalah tabel Standart bobot ayam broiler untuk standart fcrnya bisa di liat di postingan Standart FCR Ayam Broiler

Tagged in:

,

About the Author

Peternak

Berbagi Informasi mulai dari Cara Mengobati Ayam, Harga Ayam, Manajemen, Kesehatan Ayam, Berbagai macam penyakit, dan info-info menarik lainnya.

View All Articles