Setelah sebelumnya kita membahas tentang Sistem Pencernaan Ayam kali ini kita akan membahas organ yang tidak kalah pentingnya untuk kita ketahui dan pelajari. Dari organ ini juga lah nantinya bakteri, penyakit dan virus bahkan lebih banyak masuk ke tubuh yaitu sistem pernapasan ayam.

Organ ini di anggap penting karena sebagai pintu masuk utama dari penyakit yang akan menyerang ayam, karena apabila pernapasan ayam contohnya di hidung dan trakea sudah rusak maka penyakit lebih mudah masuk di tambah dengan kondisi antibodi tubuh ayam yang kurang optimal atau lg sakit lain. Misalnya CRD atau crek yang membuat penyakit lain lebih cepat masuk.

Organ Pernapasan Ayam

Kita akan bahas dari awal sampai akhir, dari mulai hidung, laring, kerongkongan atau trakea, paru-paru lalu ada bronkus dan terakhir bronkeolus yang di sertai gambar agar mudah memahaminya.

Hidung

Sistem pernapasan ayam

Hidung adalah awal dari saluran pernapasan ayam, dihidung ini juga terdapat bulu-bulu halus penyaring kotoran dan debu serta bakteri yang masuk. Gas amoniak dalam kandang menyebabkan bulu getar menjadi rusak bahkan sampai berpengaruh ke trakea yang radang yang akan kita bahas nantinya.

Laring

Organ pernapasan ayam

Laring adalah yang paling dekat dengan trakea, sebelum udara memasuki trakea terlebih dahulu memasuki laring. Laring terdiri dari organ yang simetris, laring ini memiliki fungsi untuk mencegah benda-benda asing selain udara untuk masuk dengan menutup secara mekanik jika ada benda2 lain masuk.

Trakea

Trakea

Trakea memiliki fungsi untuk menyalurkan udara ke bronkus yang diteruskan ke paru-paru. Trakea berbentuk lurus dengan lengkungan-lengkungan berbentuk bulat yang simetris dari atas hingga bawah. Trakea yang baik berwarna putih bersih sedangkan trakea yang buruk cenderung berwarna merah hal ini bisa di sebabkan oleh gas amoniak yang terhirup oleh ayam. Trakea biasanya tumbuh sampai ayam berumur 14 hari.

Bronkus dan Bronkiolus

Kebanyak dari kita mengira bronkus dan bronkiolus adalah organ yang sama, nyata organ ini berlainan serta memiliki fungsi yang berbeda pula, bronkus terletas sesudah trakea. Bronkus memiliki fungsi ganda yaitu memastikan kualitas udara yang masuk juga memastikan bakteri pembawa penyakit yang masuk.

Bronkus dan bronkiolus seperti cabang pada dahan pohon yang rindang. Yang dimana bronkiolus adalah cabang dari bronkus yang lebih berfungsi untuk mengontrok kebutuhan udara yang masuk dan keluar.

Paru-Paru

Paru-paru ayam

Paru-paru ayam terdapat di belakang jantung ayam dan dilindungi oleh tulang yang rapi membungkus paru-paru ini. Fungsinya tetap sama dengan paru-paru pada umunya yaitu mengubah udara yang masuk menjadi oksigen dan mengeluarkannya menjadi karbon oksida. Sama seperti makhluk hidup lainnya ayam juga bernafas dan mengeluarkan karbon dioksida.

Itu adalah Sistem pernapasan ayam pada umunya yang bisa kita pelajari dan observasi. Pentingnya menjadi saluran pernapasan tidak kalah pentingya dalam menjaga saluran pencernaan ayam. Karena ayam bisa bertahan hidup 5-6 jam tanpa pakan tp tidak dapat bertahan hidup 1 menit tanpa oksigen. Dan kualitas udara tanpa amoniak juga sangat penting untuk performance ayam.

Tagged in:
, ,

About the Author

Peternak

Berbagi Informasi mulai dari Cara Mengobati Ayam, Harga Ayam, Manajemen, Kesehatan Ayam, Berbagai macam penyakit, dan info-info menarik lainnya.

View All Articles