Seputar Domba Garut

Hampir kabanyakan kita sudah mengenal Domba Garut dengan tanduknya yg super besar bahkan perlobaan adu ketangkasan diadakan rutin setiap minggunya yg merupakan tradisi sekaligus budaya yang sudah mendarah daging di masyarakat Garut, Jawa Barat dan hanya domba terlatihlah yg berhak mengikuti ajang ini.

Domba yg diikutkan adu ketangkasan memiliki peredam yg ada di pangkal tanduk yg seiring terjadi benturan akan tersebar ke tanduk terlebih dahulu setelah itu kekutan pukulnya akan terkumpul ke tengkorak, nantinya di tengkorak baru dilepaskan di bagian muka. Nah ketika ada benturan keras domba masih akan terlihat tidak ada masalah. Seperti airbag pada mobil ketika terbentur.

Cara Perawatan Domba Garut

Domba ini di latih otot-otot kakinya dengan mengajaknya berenang, biasanya dalam seminggu domba ini berenangn 2x dan lamanya waktu berenang bisa mencapai 2 jam. Habis berenang domba akan di pijat badannya agar ototnya lentur. Tak hanya sampai disitu saja, selanjutnya domba akan di bersihkan untuk menjaga kebersihan tubuhnya. Bagian pangkal tanduknya di sikat menggunakan pasta gigi.

Pemotong kuku juga di lakukan agar domba terhindar dari penyakit kuku atau istilahnya pododermatitis yang diakibatkan terselipnya kuman-kuman penyakit dari sela-sela kuku. Domba ini juga di beri susu khusus yaitu susu sapi yg melalui proses strerilisasi. Selanjutnya keringkan badan domba agar tidak masuk angin.

Domba Garut

Langkah berikutnya pencukuran bulu dengan alat khusus cukur bulu. Fungsi utama pencukuran bulu domba agar terhindar dari parasit kutu dan jamur yang dapat membahayakan kesehatannya. Lanjut ke tahap suntik vitamin, vitamin yg disuntikkan adalah vitamin c dan neurobion.

Perawatan domba yang spesial inilah yg membuat harga jual domba garut melambung tinggi. Harga satu ekor domba garut bisa mencapai 1 buah mobil baru. Waktunya untuk berjemur, untuk jemur dengan beberapa domba sebaiknya di ikat dan di pisahkan jarak. Hal ini dikarenakan sifat asli domba ini adalah petarung. Domba merupakan hewan yang buta warna.

Sebelum mengikuti lomba, tanduk biasanya di olesin dengan minyak yg bertujuan agar mengkilat dan menambak daya tarik kemudian pemakaian kalung, gelang di kaki dan pengikat kepala dan kaca mata khas lomba domba garut.

Hal Unik Ternak Domba Garut

Ada yg namanya reparasi tanduk yang sudah tidak asing di peternak lokal, ini dilakukan oleh mereka yg sudah ahli, biasanya tanduk di perbaiki dan di tata ulang agar lebih gagah dan presisi. Domba garut juga di latih memakai treatmill dilakukan seminggu sekali selama 120 menit.

Tagged in:

About the Author

Peternak

Berbagi Informasi mulai dari Cara Mengobati Ayam, Harga Ayam, Manajemen, Kesehatan Ayam, Berbagai macam penyakit, dan info-info menarik lainnya.

View All Articles