Selamat pagi sahabat-sahabat. Jumpa lg dengan saya. Jenis2 sapi Ongole dimana ada Sumba Ongole serta Peranakan Ongole. Sebenarnya hampir mirip dengan sumba Ongole dan peranakan Ongole. Bentuknya ada punuknya, warnanya putih. Cuman sedikit saja perbedaan terutama di matanya agak kehitam-hitaman di sumba ongole.

Setelah sebelumnya membahas Ciri-Ciri Sapi Betina Birahi Lebih jauh tentang ciri-ciri sapi Peranakan Ongole, Sumba Ongole, Perbedaan dan Sejarahnya serta bobot maksimal yang bisa di capai juga pembelian bibit dan sapinya.

Sapi Peranakan Ongole memiliki sejarah yaitu sapi yang berasal dari India yang di ternak kan dan di kembang biakkan oleh peternak daerah Sumba yg kemudian menyebar ke daerah-daerah lainnya di Indonesia.

Apa sih bedanya antara sapi Perakan Ongole dengan Sapi Sumba Ongole, karena sama-sama dari jenis ongole praktis memang tidak terlalu banyak perbedaannya. SO spesifik adalah sumba ongole, sapi2 yang datang dari Sumba Ongole.

Ciri-Ciri Sapi Sumba Ongole

  1. yang sangat mencolok dari fisik nya adalah mata nya di sekeliling matanya terdapat warna hitam.
  2. Sifatnya relatif liar.
  3. Kerutan-kerutan di mata terlihat jelas.
  4. Tanduk lebih runcing.
  5. Kualitas daging rendemen karkas SO lebih baik dari PO rata-rata di 50-52%. Karena lemaknya lebih tipis.
  6. Dengan sistem lepas di sumba biaya pemeliharaan lebih rendah ketimbang di Jawa sehingga harga sapi SO lebih terjangkau dari sapi PO.
  7. Sapi SO dan PO dominam berwarna Putih.
  8. Berpunuk.
  9. Tinggi.

Ciri-Ciri Sapi Peranakan Ongole

  1. Sapi PO cenderung lebih kalem, kalaupun di dekatin lebih kalem di banding dengan Sumba Ongole.
  2. Di sekitaran mata berwarna putih.
  3. Di sapi PO tanduk lebih kecil bahkan ada yg tanduknya sangat pendek.
  4. Sedangkan PO sendiri rendemen karkasnya di antara 48-49%. PO tulangnya lebih besar dan biasanya pakan di campur ampas tahu dan segala macam di petani2 kita di Jawa sehingga lemaknya cenderung lebih tebal.
  5. Cenderung berwarna putih.
  6. Berpunuk.
  7. Tinggi.

Sebenarnya di Jawa atau di Jawa Timur terkenal banyak populasi jenis Pernakan Ongole. Dimana Pernakan Ongole ini banyak di pelihara dan dikembangbiakkan oleh peternak dan para petani di daerah Jawa tengah. Di Jawa tengah itu ada salah satu kabupaten yg memang menjaga kemurnian jenis pernakan ongole. Yaitu di daerah Kebumen. Di Kebumen itu banyak sekali jenis peranakan ongele.

Nah sahabat yang ingin melihat dari dekat dan membeli sapi bibit-bibit peranakan ongole datang saja ke pasar di daerh Kebumen sana.

Peranakan Ongole ini memang penampilannya cukup keren karena warnanya putih, berpunuk, tinggi dan ada tanduknya. Ini yg sangat khas juga. Sehingga sapi2 jenis peranakan ongole ini banyak di cari menjelang idul adha.

Nah, menjelang idul adha banyak yg mencari jenis sapi2 jenis ongole ini. Karena warnanya putih sesuai sunnah rassullah yang apabila berkurban disunnahkan berwarna putih. Dan penampilannya diiingatkan seolah apabila suatu saat nanti kita meninggal dan kita korban jenis peranakan ongole itu tunggangan kita ke akhirat nanti

Itu sangat bagus sekali sehingga jenis Pernakan Ongole itu akan rame atau banyak supplainya menjelang idul adha. Nah kemudian bagaimana kualitas dagingnya.

Bisa dibilang sangat bagus karena warnanya merah dan sedikit sekali lemaknya. Sapi-sapi ini banyak di pelihara di daerah Kebumen, di daerah Bojonegro, Di daerah Jawa Timur. Kalau di daerah Jawa tengah bagian utara derah Pati, Purwodadi.

Peranakan Ongole ini bobotnya bisa mencapai 800 kg dan ada yg bisa sampai 900 bahkan 1 ton. Tetapi jarang sekali. Pengalaman kami bobot 800 kg sapi Peranakan Ongole ini luar biasa sekali bobotnya.

Sehingga saat idul adha banyak sekali yg mencari Sapi Peranakan Ongole ukuran sedang.

Tagged in:

About the Author

Peternak

Berbagi Informasi mulai dari Cara Mengobati Ayam, Harga Ayam, Manajemen, Kesehatan Ayam, Berbagai macam penyakit, dan info-info menarik lainnya.

View All Articles