Sapi Madura

Setelah sebelumnya kita membahas sapi gama atau sapi gajah mada, kali ini kita akan membahas sapi madura asli Indonesia beserta ciri-cirinya, adg hariannya serta kelebihan dan kekurangannya.

Jenis sapi madura merupakan sapi khas asli dari Indonesia yang di dapatkan dari Madura. Sapi ini banyak di pelihara para petani selain di Madura sendiri juga di Jawa Timur di daerah tapal kuda.

Karena di daerah tersebut masih banyak Masyarakat petani atau peternak yang keturunan Madura. Bahkan di Kalimantan dan Sulawesi juga banyak di budidayakan.

Sapi Madura relatif lebih tahan terhadap cuaca, terhadap gangguan-gangguan dengan tingkat stress yang jauh lebih rendah dibandingkan sapi yg lain.

Ciri-Ciri Sapi Madura

  • Warna Kulit Merah Bata
  • Memiliki Tanduk
  • Tinggi depannya lebih tinggi dari pada bagian belakang.
  • Memiliki punuk
  • Dibagian bokong berwarna putih samar.
  • Dibagian lutut sampai kaki berwarna putih samar.
  • Agak tempramen.

Dari ciri-ciri yang disebutkan di atas ini menunjukkan bahwa masih ada persamaan genetik dari sapi madura dengan sapi jenis bali. Meskipun dengan bobot 250-280 kg sapi madura sudah cukup umur.

Sapi Madura

Beberapa konsumen atau pembeli mencari bobot yg tidak terlalu besar tetapi cukup umur. Yang membedakan sapi dengan di pulau-pulau timor, meskipun sapi ini di liarkan tidak menggunakan penanda seperti cap badan.

Juga tidak ada yg menggunakan cara pengguntingan telinga, jadi relatif mulus dan bersih dan tidak ada tatonya. Lain halnya dengan sapi jenis SO ataupun RO.

Untuk ADG atau pertambahan bobot harian relatif kecil yaitu berkisar di rata-rata 0,6-0,8 kg. Dikarenakan jenis sapi ini tergolong banyak gerak, terutama ketika menjadi satu koloni sering kejar-kejaran, beradu bahkan terjadi kasus tanduk patah.

Kecendrungan sapi madura lebih banyak gerak itulah yg menyebabkan Adg menjadi rendah.

Di Madura sendiri sapi ini terkenal akan karapan sapinya yang menggunakan sapi madura sebagai tunggangannya alias sapi pacuan.

Pakan Sapi Madura

Pakan sapi ini bisa di bilang tergolong dan relatif sama dengan sapi lainnya. Tetapi karena rumen kapasiti setiap sapi beda jadi dari sisi jumlah pemberian pakannya ada yg dikurangi dan ada yg di tambahi.

Untuk sapi madura suply demand masih terbilang rendah untuk wilayah seluruh Indonesia. Permintaan pasar untuk sapi madura sendiri masih di dominasi di daerah Jawa Timur tidak seperti jenis sapi lainnya.

Demikian artikel mengenai sapi madura asli Indonesia. Semoga bermanfaat. Terimakasih.

Tagged in:

,

About the Author

Peternak

Berbagi Informasi mulai dari Cara Mengobati Ayam, Harga Ayam, Manajemen, Kesehatan Ayam, Berbagai macam penyakit, dan info-info menarik lainnya.

View All Articles