Sapi Brangus Kwalitas Unggul

Ada banyak sekali jenis sapi pedaging di Indonesia, beberapa di antaranya yang sudah pernah kita bahas adalah sapi brahman, sapi peranakan ongole, sapi madura, sapi bali, sapi gajah mada yg terbaru dan sapi simental dan limosin. Kali ini untuk memperkaya ilmu pengetahuan tentang jenis sapi kita akan membahas sapi brangus.

Sapi Brangus Kualitas Unggul

Sejarah Lahirnya Sapi Brangus

Jenis sapi brangus adalah crossbreeding antara sapi angus dan sapi brahman. Di dalam litelatur sapi brangus memiliki sejarah dari sapi angus sendiri yang berasal dari Eropa tepatnya dari Scotlandia, dimana sapi ini adalah jenis pedaging. Kemudian sapi ini disilangkan dengan ras Asia khususnya sapi brahman dari India.

Aslinya brangus memiliki warna lain selain hitam yaitu berwarna merah. Tubuhnya dengan rata-rata 800 kg, dengan rendemen karkas mencapai 50%.

Maka lahirlah sapi brangus yang saat ini banyak di kembangkan di Amerika diantaranya di Meksiko, keistimewaan sapi jenis ini selain rendeman karkas yg cukup tinggi di atas 50% ini kualitas dagingnya juga cukup bagus.

Beberapa mitos yang beredar bahwa penjual daging lebih memilih sapi berwarna polos. Seperti merah polos atau hitam polos.

Sapi brangus menjadi salah satu yg diminati di pasaran bahkan bisa sampai ke luar negeri seperti di Malaysia.

Untuk indukan sapi brangus di Indonesia di kembangkan di balai ternak embrio Cimpelang.

Tips Memilih Bakalan Sapi

Dalam penggemukan sapi harus memilih bakalan yang baik dan beberapa kriteria berikut ini

  1. Jenis sapi.
  2. Umur dan usia sapi, dengan rentang 2-3 tahun.
  3. Memiliki postur tubuh yg panjang dengan dada dan bokong yg lebar.
  4. Kaki-kaki kokoh dan besar dengan bentuk tegak lurus tidak berbentuk O ataupun X karena akan berpengaruh ke pertumbuhannya.
  5. Pilihlah sapi yang memiliki kepala dan moncong kotak, karena kebanyakan dengan moncong seperti ini selera makan lebih rakus ketimbang yg lancip.
  6. Pilihlah bakaln yang aktif dan sehat.
  7. Mata cerah dan tidak berair.
  8. Bulu terlihat rapi dan mengkilap.
  9. Tidak terlalu kurus dan tidak terlalu gemuk.

Jika membeli bakalan langsung dari kandang, usahakan sapi di keluarkan dari kandang dan amati dengan teliti ada dan tidaknya kelainan pada sapi tersebut. Terutama bagian kakinya.

Karena berada di dalam kandang biasanya susah untuk di amati, terutama pada kandang yg kecil ketika berada di dalamnya akan terlebih lebih besar dari pada aslinya sehingga akan mengecewakan kita sebagai pembeli ketika sudah dibeli dan terlihat lebih kecil saat di keluarkan.

Demikianlah artikel sapi brangus kualitas unggul, semoga bermanfaat. Terimakasih.

Tagged in:

About the Author

Peternak

Berbagi Informasi mulai dari Cara Mengobati Ayam, Harga Ayam, Manajemen, Kesehatan Ayam, Berbagai macam penyakit, dan info-info menarik lainnya.

View All Articles