Saffron adalah bumbu dapur termahal di dunia yg selanjutnya ditempati tanaman vanili dikarenakan harganya mencapai puluhan juta rupiah. Bumbu ini berasal tangkai putik bunga crocus sativu. Kaya rempah dan berwarna meriah, hidangan khas India memang selalu tampil memikat dan menggoda mata. Salah satu rahasianya adalah saffron, bumbu masakan ini mengangund krokin yang membuat makanan berwarna kuning keemasan.

Saffron termasuk rempah termahal di dunia sekitar 50jt/kg harganya selangit karena saffron berasal dari tangkai bunga crocus santivu. Satu bunga hanya memiliki 3 tangkai putik. Musim panen hanya berlangsung sekali mulai pertengahan Oktober hingga awal November. Untuk memproduksi 1 kg saffron dibutuhkan sekitar 150rb bunga crocus sativu. Salah satu penghasil saffron terbesar di India adalah Kabupaten Pampore, dahulu hampir 90% warganya menjadi petani bunga crocus santivu bahan utama saffron. Sejak puluhan tahun lalu mereka mempertahankan metode tradisional untuk mengawasi kualitas bunga.

Budidaya Bunga Crocus Santivu

Budidaya bunga di daerah ini berlangsung secara turun temurun. Dalam 10 tahun terakhir hampir 20% lahan perkebunan bunga ini beralih fungsi menjadi perumahan. Selain berkurangnya lahan, produksi saffron di Kabupaten Papore juga turun akibat curah hujan tidak merata dan suhu tidak menentu.

Kondisi kian memburuk karena saffron asal Spanyol dan Iran membanjiri pasar India. Padahal selama ini saffron menjadi komoditas andalan Kabupaten Papore. Untuk meningkatkan produksi pemerintah India mencanangkan program bertajuk National Chaffron Mission. Program yang di mulai tahun 2010 ini mencakup penyediaan sarana irigasi, pengolahan pasca panen serta membantu pemasaran saffron. Sebuah laboratorium khusus juga di bangun untuk menghasilkan saffron berkualitas unggul. Saat ini dari 3700 lahan perkebunan bunga crocus sativu hampir setengahnya dikelola dengan teknologi modern.

Manfaat dan Khasiat Saffron

Saffron termahal di dunia

Pada tahun 2016 harapannya proyek akan selesai dan menargetkan 18.000 kilogram produksi saffron. Manfaat saffron antara lain :

  • Memiliki aroma khas,
  • Penyedap rasa,
  • Bahan baku kosmetik,
  • Parfum,
  • Pewarna alami dan
  • Obat-obatan.

Rempah-rempah ini berfungsi dan berkhasiat dalam mengobati berbagai macan penyakit seperti :

  • Penjegah kanker,
  • Mempertajam penghliatan,
  • Memperbaiki sistem imunisasi tubuh,
  • Mengobati gejala depresi.
  • Menurunkan tensi.
  • Baik untuk otak yang terkena parkinson.

Seffron telah di produksi ribuan tahun lalu, bukan hanya di India tetapi juga wilayah mediterania.

Cara Pengolahan Seffron

Saffron bisa diolah untuk menjaga kesehatan dengan merendam saffron lalu meminum airnya. Cukup ambil 3 lembar saffron larutkan dalam air lalu di minum. Hal ini juga sudah di buktikan melalui penelitian.

Demikian artikel saffron termahal di dunia. Semoga bermanfaat.

Tagged in:

,

About the Author

Peternak

Berbagi Informasi mulai dari Cara Mengobati Ayam, Harga Ayam, Manajemen, Kesehatan Ayam, Berbagai macam penyakit, dan info-info menarik lainnya.

View All Articles