Artikel kali ini akan membahas tentang berbagai macam produk olahan berbahan dasar susu. Susu ini berasal dari sapi dimana satu ekor sapi betina mampu menghasilkan 200rb gelas susu selama hidupnya. Di swedia ada suatu seni memanggil hewan dengan cara bernyanyi yang di sebut kulning. Negara yang paling banyak menkonsumsi susu ternyata bukan Indonesia, Amerika, juga Cina tetapi adalah Yunani karena mereka percaya susu dapat memberikan manfaat untuk tubuh. Tidak ada aturan minum susu yang baik, kita bebas minum susu di waktu manapun, pagi ataupun malam.

Jika meminum susu pagi hari memberi tenaga, minum susu di malam hari mencegah kita bangun karena rasa lapar dan membantu menambah berat badan untuk yang merasa kurang berisi. Susu murni ternyata salah satu minuman yang paling ampuh menghilangkan rasa pedas di mulut. Hal ini karena susu murni mengandung casein yang bisa mengikat capsaicin senyawa pedas yang sudah menempel di lidah kita.

Produk Olahan Berbahan Dasar Susu Dari Luar Negeri

Clotted Cream

Clotted cream dari Inggris ini adalah cream kental yang dibuat dengan menghangatkan susu full cream dengan menggunakan uap atau waterbath kemudian di biarkan di loyang hingga dingin. Setelah dingin creamnya naik ke permukaan berbentuk gumpalan. Gumpalan ini menjadi salah satu bahan penting untuk membuat teh cream. Clotted cream ini rasanya ada seperti kacang, seperti susu yang di masak serta manis yang agak berminyak hal ini karena clotted cream ini minimal 55% berisi lemak meskipun tidak sebanyak mentega. Jika ingin minum ini sebaiknya di batasi.

Barfi

Cemilan manis yang terbuat dari susu asal India ini memiliki arti kata yang berasal dari barf dalam bahasa Persia yang berarti salju, terbuat dari susu kental manis dan gula yang di masak hingga keras. Barfi juga memiliki beberapa jenis tergantung campurannya seperti

  • Kaaju Barfi yang terbuat dari kacang mede.
  • Pista Barfi yang terbuat dari pistacho.
  • Sing Barfi yang terbuat dari kacang tanah.
  • Tambahan mangga, kelapa, kemiri, air tawar.

Barfi ini cukup fleksibel karena cocok untuk kudapan acara santai maupun formal. Bedanya untuk acara formal seperto pernikahan atau keagamaan barfi dihidangkan dengan daun perak yang bernama vark di pasang di ujungnya atau untuk membungkus seluruhnya.

Tablet

Cemilan dari Skotlandia ini teksturnya cenderung keras tetapi tidak sekeras peremn loli juga tidak lembek seperti permen kunyah. Bahan-bahannya adalah susu kental manis, gula dan mentega terkadang diberi perasa vanila ataupun whiski. Seperti mirip fudge olahan susu lembut yang sering jadi desert yang membedakannya adalah teksturnya yang lebih bergulir agak kasar dan berremah. Tablet yang komersil sekarang lebih sering menggunakan kondan dalam pembuatannya dan bukan susu. Teksturnya menjadi beda tetapi pembuatan lebih mudah dan cepat.

Dulce De Leche

Di Spanyol cemilan ini mirip dengan sebelumnya yang terbuat dari susu kental manis yang di panaskan cukup lama hingga rasanya berubah karena reaksi maillard. Maillard sendiri adalah reaksi kimia yang terjadi karena pemanasan dalam waktu lama. Reaksi ini selain merubah warna juga tekstur menjadi seperti karamel.

Dulceh de leche dalam bahas Spanyol memiliki arti permen dari susu. Cemilan ini cukup populer di Amerika Selatan, meskipun sama-sama di Amerika Selatan memiliki versi masing-masing seperti di

  1. Meksiko Pusat yang memiliki rasa vanilla, manjar dan cajeta yang terbuat dari susu kambing.
  2. Versi kuba yang terbuat dari susu asam yang di endapkan lalu di maniskan si senut cortada.
  3. Ada juga rasa jambu biji di Republik Dominica yang namanya Dulce de leche con guyaba.
  4. Puerto Rico cemilan ini dibuat menggunakan santan.

Produk Olahan Berbahan Dasar Susu Dalam Negeri

Susu yang diambil dari proses pemerahan sapi di kandang di bawa ke tempat pengolahan susu, selanjutnya sebelum di olah susu melewati 3 jenis uji yaitu uji organoleptik meliputi bau, rasa, dan warna.

Beberapa olahan susu yang masuk industri rumahan akan diolah menjadi stik susu, permen, yoghurt, kerupuk dan lainnya.

Stik susu dihasilkan dangan daging yang dihasilkan dari fermentasi susu di campurkan dengan bawang putih, telur, susu murni dan gula. Setelah itu adonan ini diberi pewarna dan masukkan ke tepung dan di tambahkan mentega cair. Adonan digiling dibentuk stik dan digoreng.

Tagged in:
, ,

About the Author

Peternak

Berbagi Informasi mulai dari Cara Mengobati Ayam, Harga Ayam, Manajemen, Kesehatan Ayam, Berbagai macam penyakit, dan info-info menarik lainnya.

View All Articles