Pohon Tanaman Kelor

Aroma tanaman telor untuk di konsumsi awalnya memiliki aroma yg membuat kita berpikir bahwa tanaman ini tidak cocok untuk di jadikan tambahan bumbu masakan bahkan banyak masyarakat pedesaan sebelumnya tidak mengiranya jika sudah di masak rasanya enak dan aroma awalnya hilang. Meski masih menganut omongan orang tua dahulu daun kelor dikatikan dengan nuansa mistis.

Kini tanaman pohon kelor mulai diminati hingga di tanam pohonnya karena selain sebagai bumbu masakan, juga kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh. Tanaman kelor yang jarang di manfaatkan akan tumbuh tinggi berbeda dengan tanaman yg memang di budidayakan, paling tidak tingginya hanya akan mencapai 2 meter sebelum nantinya akan di pangkas dan disisain untuk tumbuh tunas baru.

Manfaat Pohon Tanaman Kelor

Lagi-lagi kulit kayu kelor juga masih banyak yg tidak mengira memiliki kegunaan untuk mengobati penyakit kulit, terkhusus pada getahnya. Tanaman kelor merupakan tanaman perintih yang menyuburkan tanah yg belum subur seperti salah satu negara di Afrika yg kering dimana konsumsi dominannya adalah sayuran kelor bahkan mereka mengambil buah kelor kemudian di jadikan pasta untuk menjernihkan air yg kotor.

Dimana di Afrika sumber air sangat sedikit, dimana ada kubangan air lalu dijernihkan dengan formula pasta dengan biji kelor, dimasukkan jadi satu kurang lebih 1-2 jam air tersebut akan menjadi jernih dan bisa dikonsumsi langsung dan memang harus di konsumsi di hari itu juga.

Di pasar tradisional daerah Jawa Timur, Sidoarjo akan kita temukan banyak buah klentang muda yaitu sebutan untuk polong kelor yang dimanfaatkan untuk sayur.

Kandungan Kelor

  1. 7 kali vitamin C jeruk
  2. 4 kali kalsium susu
  3. 4 kali vitamin A wortel
  4. 2 kali protein susu
  5. 3 kali potasium pisang.

Menanam Pohon Kelor

Untuk yg ingin memanfaatkan daun kelor tinggal memetik tangkai daunnya, patahan tangkainya di potong 50 cm sampai 1 meter lalu di rendam dengan air seharian lalu besoknya di tancapkan di media tanah dengan kondisi lembab. Nantinya akan tumbuh tunas di ruas-ruas tangkai td.

Bagi yg ingin berkebun tanaman pohon kelor baiknya melalui batang dengan cara di atas karena akan lebih cepat di banding dengan biji. Media tanam bisa menggunakan tanah biasa atau memakai kompos. Ketika tunas sudah mulai besar bisa langsung di pindahkan ke lahan atau kebun.

Cara Mengolah Daun Kelor

Kare Nangka Muda Daun Kelor

Bahan-bahan yg perlu di persiapkan adalah :

  • Gula merah
  • Daun salam
  • Serai
  • Lada
  • Garam
  • Bawang merah
  • Bawang putih
  • Kunyit dan Lengkuas
  • Kemiri

Kesemua bahan di haluskan, bisa dengan blender dan ulekan. Perbedaan cara tradisional di ulek memakai tangan dan modern dengan blender dipercaya lebih enak makanan yang diulek bahan dengan tangan.

Kemudian masukkan santan, lalu aduk selanjutnya masukkan nangka dan daun kelor yg sudah di rebus terlebih dahulu dan kare nangka muda daun kelor siap di sajikan.

Ada 11 macam spesies tanaman kelor tetapi yg banyak kandungan gizinya adalah dari jenis moringa oleifera.

Pengolahan Daun Kelor

Salah satu cara teknik penjemuran daun kelor dengan menggunakan cahaya matahari dengan jemur langsung di tutup dengan tudung plastik supaya tidak terkena debu, jika sudah di kayukan sehari maka daun kelor akan secara alami rontok jika kita gerak-gerak kan batangnya tanpa harus di peloroti.

Pupuk kimia sintesis tidak terlalu di perlukan oleh tanaman kelor dikarenakan cadangan makanannya yg cukup banyak sebab perakaran yg cukup luas. Begitu juga tanpa pestisida masih bagus.

Jika ingin menjadikan daun kelor sebagai tepung bisa digiling manual dengan alat penggiling.

Tagged in:
,

About the Author

Peternak

Berbagi Informasi mulai dari Cara Mengobati Ayam, Harga Ayam, Manajemen, Kesehatan Ayam, Berbagai macam penyakit, dan info-info menarik lainnya.

View All Articles