Anda mungkin mendapat makanan kelinci anda di pagi hari tidak habis, dan bertanya-tanya apa yang terjadi pada kelinci Anda?

Bisa saja dia mencret dan kembung yang menyebabkannya tidak mau menghabiskan makananya. Tetapi kita harus pastikan apakah kotorannya menunjukkan gejala seperti itu dan perutnya apakah kembung.

Jika tidak ada gejala seperti yg di sebutkan kemungkinan kelinci anda mempunyai riwayat gigi nya tonggos, di postingan ini akan di bahas tentang cara memotong gigi kelinci dan gigi kelinci bawah jadi panjang.

Penyebab Kelinci Tidak Mau Makan

Gigi atas atau gigi bawah kelinci yang panjang menyebabkan kelinci tidak mau makan, tandanya bisa dilihat dengan membuka mulutnya dan memperhatikan gigi kelinci, gigi atas dan gigi bawah tidak masuk kedalam yang seharusnya gigi bawah itu masuk kedalam dan yg keluar adalah gigi bawahnya.

Lebih jelasnya bisa diliat di gambar di bawah ini.


Itulah penyebab kelinci tidak mau makan dan tidak selera makan karena saat menguyah dia sakit.

Pertanyaan lainnya yang muncul adalah kenapa gigi kelinci bisa jadi panjang seperti itu dikarenakan giginya tumbuh sepanjang waktu selama kelinci itu hidup, agar giginya tidak tonggos dan tumbuh tinggi berikut pembahasannya.

Gigi kelinci umumnya seperti gigi manusia yang terdiri dari gigi seri dan gigi graham, gigi serinya harusnya saling bergesekan saat mengunyah dan menyebabkan gigi berkurang.

Itulah sebabnya kelinci sering gigit-gigit makanan itu pertanda kelinci lg mengasah gigi agar giginya tidak panjang.

Kelainan gigi kelinci sangat jarang di jumpai di gigi graham. Gigi seri kelinci bisa di potong agar kelinci bisa kembali nafsu makannya seperti semula.

Cara Memotong Gigi Kelinci

Yang harus di persiapkan untuk memotong gigi kelinci adalah :

  • Tang
    Jangan ragu dalam menggunakannya, walaupun kelinci anda akan mengalami sedikit rasa sakit.

Cara memotong gigi kelinci :

  • Tenangkan kelincinya,
  • Buka mulutnya
  • Dan tahan tubuh serta mulut kelinci
  • Gunakan bagian untuk pemotong paku di tang untuk memotong gigi kelinci yang panjang.
  • Sesuaikan dengan panjang gigi yang normal.

Tidak akan berdarah asal di tahan dan tidak bergerak. Jika kelinci yang sebelumnya sudah pernah memiliki histori tonggos ini maka kedepannya bisa saja kelinci anda akan panjang kembali giginya. Hal ini lebih mengurangi biaya atau cost dari pada harus ke pet shop.

Sekian postingan kali ini, semoga bermanfaat. Terimakasih.

Tagged in:

,

About the Author

Peternak

Berbagi Informasi mulai dari Cara Mengobati Ayam, Harga Ayam, Manajemen, Kesehatan Ayam, Berbagai macam penyakit, dan info-info menarik lainnya.

View All Articles