Artikel kali ini mengenai penyebab ayam panting dan cara mengatasinya.

Penyebab ayam panting

Ayam panting atau mangap-mangap di karenakan kurangnya pasokan oksigen yang dibutuhkan oleh tubuh ayam untuk mengalirkan oksigen ke seluruh tubuhnya. Oleh karenanya otak memacu detak jantung untuk lebih cepat dan membantu melalui pernafasan melalui mulut yang bertujuan untuk mendapatkan lebih banyak oksigen.

Adapun beberapa fase ayam sebelum ke mangap-mangap adalah,

  • Ayam akan menjulurkn kakiny dan membuka sayapnya, hal ini bertujuan untuk melepaskan dan menghantarkan panas ke benda sekitarnya
  • Ketika hal ini tidak bisa mengatasi panas yg berlebih, maka ayam kemudian menggunakan pernafasan tambahan melalui hidung yang awalnya perlahan dan sedikit membuka lalu sampai akhirnya terbuka lebar.
  • Hal yang terakhir adalah ayam panting dan sampai mengeluarkan bunyi ngorok di siang hari. Hal ini pertanda ayam sudah benar2 panting parah dan bisa menjurus ke heatstress.

Banyak kasus yang terjadi heatstress di ayam dewasa menyebabkan kematian yang lumayan menghantui peternak.

Cara Mengatasi Ayam Panting

Ada beberapa hal yang perlu di perhatikan, ketika kepadatan tinggi dan angin mati maka panting akan semakin parah di dalan kandang. Beberapa cara mengatasi ayam panting atau mangap-mangap ini adalah

  • Menggunakan kipas. Kipas terbukti yang paling ampuh untuk mengatasi ayam panting, contohnya saja blower di kandang clouse house, semakin banyak kipas tentunya semakin bagus. Tetapi kita juga harus siap mendapatkan kost atau biaya listrik yang lebih.
  • Menggunakan Vitamin C atau Paracetamol, selain membantu menghilangkan sedikit stress di ayam hal ini bisa di lakukan untuk membantu setelah menggunakan kipas masih terasa ayam panting dan perlu penanganan lebih.
  • Cek kepadatan kandang. Jika terlalu padat maka ayam akan mendapatkan sedikit oksigen karena di bagi dengan ayam lainnya. Usahakan jika sudah padat bisa dilakukan pelebaran, penjarangan atau panen.
  • Menggunakan semprot atau embun kandang. Dengan adanya air tambahan berupa embun oksigen dan suhu udara akan semakin berkurang panasnya dan ayam lebih banyak di kandang.

Penting untuk di ketahui jika membiarkan ayam panting tentunya akan lebih banyak minum dari pada makannya, nah jika harusnya makannya bisa 24 jam karena panas maka hanya di 18-20 jam. Dan coba hitung berapa gram ayam kehilangan feed intakenya dan nantinya akan berdampak bagi pertumbuhan yang kurang maksimal dan lagi ayam panting mengeluarkan energi.

Itulah pentingnya kita tahu penyebab ayam panting dan cara mengatasinya.

Tagged in:
,

About the Author

Peternak

Berbagi Informasi mulai dari Cara Mengobati Ayam, Harga Ayam, Manajemen, Kesehatan Ayam, Berbagai macam penyakit, dan info-info menarik lainnya.

View All Articles