Pada musim-musim penghujan seperti ini peternak banyak yg melaporkan bahwa sapi mereka terkena berbagai macam penyakit. Penyakit-penyakit pada sapi ataupun ruminansia antara lain karena musim hujan temprature dingin, cuaca tidak menentu, menurunkan kondisi imunitas sapi sehingga penyakit lebih mudah menyerang.

Penyakit Pada Sapi Yang Paling Sering Menyerang

Penyakit BEF

Virus Bovine Ephemeral Fever, Adalah virus yang pertama kali menyerang sapi atau disebut demam 3 hari yg biasanya gejala pertamanya adalah di saluran pernafasan, panas tinggi, lesu, dan kurang nafsu makan.

Penyakit Diare

Yang paling sering karena cuaca seperti ini menyebabkan sapi itu kurang bergerak meskipun pakan berlimpah banyak yg masih muda dan kadar air tinggi penyebab penyakit diare atau mencret. Bisa di sebabkan faktor makanan ataupun virus sebagai primer infeksi terutama virus BVD yang menyebabkan sapi diare yang parah.

Penyakit Kembung

Tentu karena adanya pakan berlimpah dan berganti-ganti cara perberian pakan serta tiba-tiba sapi di beri konsentrat, sapi tidak dapat beradaptasi terhadap konsentrat kemudian formula berubah-ubah dengan naik turunnya bahan pakan dengan hasil panen di petani naik turun dengan adanya yang panen hari ini dan panen besok serta dari jenis yg sama di lebihkan menyebabkan formula tidak seimbang. Hal ini yang menjadi penyebab paling banyak sapi terkena bloating atau kembung. Serta timbunan gas pada rumen.

Penyakit MCF

Yang utama penyakit pada sapi pertama kali adalah virus yang kita kenal MCF atau Malignant Catarrhal Fever yang sebagian di sebut karena bersinggungan dengan domba terutama jenis sapi bali tapi MCF juga bisa menyerang pada sapi lain. Biasanya ada faktor alergi dengan kebal terhadap MCF dengan gejala mata sapi belekan dan warna putih pada kornea sapi.

Penyakit Pernapasan

Pada musim saat ini juga penyakit pernapasan atau IBR (Infectious Bovine Rhinotracheitis. Saluran pernapasan atas dan bisa sampai ke saluran pernapasan bawah. Kalau sudah kasusnya berkelanjutan kita sebut dengan pneumonia. Ditandai dengan batuk yang berlebihan, atau sedikit tetapi sesak nafasnya tinggi, hewan menjadi kurus, sesak nafas, sehingga menyebabkan terhambatnya perkembangan tubuh sapi.

Lima penyakit yang paling sering menyerang terutama di musim hujan, fluktuasi suhu yang tidak menentu seperti demam 3 hari, mencret, kembung, virus MCF, virus IBR. Di Manusia sendiri juga dengan kondisi seperti ini juga kesehatan menurun.

Diharapkan dengan sudah mengetahui macam-macam penyakit di atas kita bisa mengantisipasinya sejak dini. Untuk meminimalkan kerugian.

Tagged in:

About the Author

Peternak

Berbagi Informasi mulai dari Cara Mengobati Ayam, Harga Ayam, Manajemen, Kesehatan Ayam, Berbagai macam penyakit, dan info-info menarik lainnya.

View All Articles