Penyakit Malaria Pada Unggas

Ketika di perjalanan kandang beberapa peternak merugi karena kematian tinggi di perjalanan produksinya, ada kalanya peternak perlu mewaspai gejala yang timbul terlebih dahulu agar bisa mengatasi penyakit malaria pada ayam ini.

Malaria atau Leucocytozoonosis atau juga malaria like adalah sebuah penyakit yang diakibatkan oleh protozoa yang di bawa oleh nyamuk yang hidup pada sel darah merah maka dari itu ia disebut parasit darah plasmodiun.

Gejala Malaria

gejala malaria pada ayam yang pertama tampak diliat adalah kotoran ayam cenderung berwarna hijau yang ada sedikit warna putihnya, kemudian ayam mengalami muntah darah. Lalu ayam akan seperti lumpuh dan lebih jauh ayam akan mati.

Tidak hanya menyerang ayam potong atau broiler, tetapi ini juga menyerang kepada ayam petelur. Dari total seluruh populasi yang ada di kandang rata-rata tidak semuanya akan berdampak, biasanya dan pada umunya ayam yang terlihat sakit berkisar di 0-45% saja. Sedangkan untuk angka kematiannya sendiri bisa mencapai 50% dari total seluruh populasi.

Ciri-Ciri Penyakit Malaria

Penyakit Malaria Pada Ayam

Umumnya setelah melihat gejala klinis yang ada pada ayam, yang di tambah membirunya pial dan jengger ayam kita bisa melakukan bedah ayam untuk benar-benar memastikannya.

Malaria Unggas

Ketika pertama kali di bedah, di sekitar dada, paha, ada timbulnya bintik-bintik seperti gigitan nyamuk tetapi menjadi lebih besar yang diakibatnya pembuluh darah ayam pecah.

Naik ke atas tepatnya di proventrikulus sebelum ampela ayam kita akan menjumpai peradangan yang biasanya di sertai darah. Hal ini nantinya kita temui ayam mengeluarkan darah.

Lalu naik lg ke paru-paru, singkirkan jantung ayam kita akan melihat paru-paru ayam berdarah. Ini adalah sebab ayam kesulitan mengambil oksigen dan bernapas yang tampak dari luar.

Penyebab Malaria

Sama seperti pada kasus malaria pada manusia, penyebab malaria adalah pada nyamuk yang membawa parasit malaria dalam tubuhnya akan menularkannya melalui gigitan ke tubuh lawannya. Umumnya pada manusia parasit akan bertahan terlebih dahulu di organ hati, hingga selanjutnya akan menginfeksi sel darah merah.

Pencegahan Malaria

Pencegah Malaria

Malaria yang pada umumnya di bawa oleh nyamuk bisa kita cegah, tidak jauh beda dengan pencegahan malaria pada manusia karena pada dasarnya habibat nyamuk sama dan sasarannya saja yg berbeda.

  1. Perhatikan bahwa tidak ada air yang menggenang di sekitar kandang ayam, baik itu di drum, di genangan selokan sekitar kandang, di barang-barang yang sudah tidak terpakai yang menyimpan air yg berpotensi menetaskan jentik2 nyamuk.
  2. Melakulan fogging juga bisa di lakukan sebaiknya sebelum ada ayam.
  3. Penggunaan obat herbal yaitu daun pepaya membantu mengobati malaria dan mengkonsumsi nya saat ayam umur 18 harian bisa membantu menjegah malaria.
  4. Umumnya ayam yang diserang berumur 18-21 hari ketika brooding sudah lepas dan ayam sudah full kandang, kita bisa memberikan obat kimia yang memiliki kandungan Trimethoprim+Sulfaquinoxaline dan Sulfamonomethoxine.

Artikel penyakit malaria pada ayam termasuk unggas, yang membahas gejala malaria, ciri-ciri penyakit malaria, penyebab malaria, dan pencegahan dan pengobatan penyakit malaria secara alami dan kimia.

Semoga bermamfaat. Silahkan share kepada peternak lainnya.

 

Tagged in:

,

About the Author

Peternak

Berbagi Informasi mulai dari Cara Mengobati Ayam, Harga Ayam, Manajemen, Kesehatan Ayam, Berbagai macam penyakit, dan info-info menarik lainnya.

View All Articles