Penyakit Gumboro

Penyakit gumboro adalah penyakit infektious bursal disease yang penyebabnya adalah virus dengan tingkat kematian 40-80% dari total populasi kandang. Penyakit ini menyerang organ kekebalan tubuh sebagai tujuan utamanya yaitu bursal yang terdapat dan terletak dekat dengan kloaka yang umumnya berwarna putih dan bulat yang dapat kita potong untuk melihat seberapa parah penyakit gumboronya.

Kali ini kita akan sempatkan membahas tentang apa itu penyakit gumboro, cara mencegah penyakit gumboro, cara mengobati penyakit gumboro dan gejala ayam terserang gumboro.

Cara Mencegah Penyakit Gumboro

Vaksin

Vaksin menjadi penting untuk pencegahan pengendalian gumboro karena secara umum tubuh akan dan sudah mendapatkan virus gumboro dan bisa bertahan melalui virus yang lemah yang di masukkan sengaja melalui vaksin dan air minum kekebalan tubuh akan menjadi lebih kuat terhadap jenis virus ini.

Tetapi apakah ketika kita sudah vaksin menjamin ayam tidak akan terkena virus lg?

Jawabannya adalah tidak menjamin, karena walaupun tubuh sudah pernah bekerja melawan virus ini akan tetapi virus ini masuk ketika antibodi tidak kuat atau sedang lemah, misalnya pertumbuhan terlambat, penyakit lain masuk gumboro akan lebih mudah masuk kembali dan lebih ganas.

Pastikan dalam pengaplikasian vaksin ayam sehat, air bersih dari zat-zat berbahaya dan gunakan susu bubuk untuk menetralkan air dan bakar vaksin setelah menggunakannya.

Biosecurity Kandang

Desinfeksi pernah kita bahas spesifik di artikel iniartikel ini tentang betapa pentingnya biosecurity dalam mencegah penyakit dan melemahkan penyakit di lingkungan kandang.

Optimalkan Masa Brooding

Dengan optimalnya masa brooding, baik dari segi bobot yang standar pertumbuhan pembelahan sel dan perkembangan sel menjadi optimal dan tentunya antobodi ayam juga akan meningkat.

Cara Mengobati Penyakit Gumboro

Hal yang paling dioptimalkan adalah menjaga asupan energi tubuh dan mengembalikan antibodi tubuh ayam, umunya dengan menambah asupan gula pada tubuh ayam seperti gula merah ketika ayam mulai terkena gejala gumboro hal ini bisa mengurangi kematian dan bahkan masih bisa mendapatkan performance yang baik karena gula merah membantu memberikan tenaga tambahan hingga membantu daya tahan tubuh ayam.

Penyakit Gumboro

Dibeberapa obat-obatan luar seperti hexamine terbukti juga mengurangi angka kerugian. Hal ini disebabkan karena hexamine membantu saluran kemih yang berhubungan dengan ginjal. Rata-rata gumboro juga menyebabkan ginjal bengkak dan obat yang diberikan akan menyebabkan semakin banyaknya kematian karena ginjal sudah tidak mampu memprosesnya.

Gejala Ayam Terkena Gumboro

Di lihay dari fisik ayamnya, bulu ayam akan berdiri di sekitaran leher atas ayam, lalu kotoran ayam akan cenderung berwarna hijau. Adapun ciri lainnya yaitu

Paha dan Dada

Penyakit Gumboro

Paha dan dada ayam akan ada memerah garis-garis, semakin banyak gari pada dada dan paha ayam tentu semakin parah penyakitnya. Berbeda dengan bercak titik-titik yang ada di paha dan dada ayam yang lebih mengarah ke penyakit malaria. Pendarahan ini akan sangat mudah di liat hanya dengan ketika awal membedah tubuh ayam dengan merobek kulit dan menariknya.

Bursal

Bursal ayam

Bursal yang sehat adalah bursal yang besar dan bersih, semakin besar bursal tentunya menunjukkan sistem kekbalan tubuh ayam sedang bagus. Bursal yang memerah dan seperti radang juga umumnya terjadi ketika awal kita memasukkan vaksin, tetapi tentunya ini akan berlangsung cepat sampai hilang dari 2-3 hari.

Tetapi berbeda dengan virus yang menyerang langsung, semakin lama maka bursal akan semakin meradang hingga penuh pada bursal.

Itu adalah artikel tentang penyakit gumboro agar teman-temen peternak lainnya lebih tau silahkan like dan share. Terimakasih

Tagged in:

,

About the Author

Peternak

Berbagi Informasi mulai dari Cara Mengobati Ayam, Harga Ayam, Manajemen, Kesehatan Ayam, Berbagai macam penyakit, dan info-info menarik lainnya.

View All Articles