Halo semuanya. Selamat datang di situs broilerku.com untuk berbagi info tentang ternak besar, kecil dan unggas.

Kali ini saya akan membagikan info tentang pengertian silase dan cara membuatnya serta ciri-ciri silase yang baik beserta mamfaat silase.

Pengertian Silase

Silase sendiri adalah pakan ternak yang di simpan dengan teknik kedap udara yang di gunakan dan bisa di simpan dalam jangka waktu lama, yang biasanya di simpan pada plastik, drum, atau silo yang bahan bakunya di potong kecil2 guna memperpadat dan meningkatkan keberhasilan silase.

Dengan kondisi yang kedap udara (anerob) silase dapat disimpan hingga 6-8 bulan.

Ciri-ciri Silase yang baik adalah :

  • Teksturnya lembut
  • Bebas jamur
  • Aroma asam dan wangi
  • Serta terasa asam dan manis.

Pada saat musim kemarau dimana curah hujan yang rendah menyebabkan beberapa tanaman untuk ternak menjadi tidak optimal dibutuhkan ketersediaan stok untuk mencukupi tumbuh kembang ternak kita.

Salah satunya yaitu dengan pembuatan silase. Kali ini ada beberapa macam silase yang akan kita bahas, di antaranya memanfaatkan berbagai jenis bahan seperti daun singkong untuk di silase dan pembuatan silase dari daun jagung.

Cara Membuat Silase Daun Singkong

Daun singkong sebelum di silase atau di masukan kedalam tong/drum daun singkong tersebut. Di cacah baik menggunakan mesin cacah ataupun di cacah dengan cara manual,

Penyediaan pakan ini akan memudahkan kita untuk menyediakan pakan kambing setiap harinya. Pembuatan silase daun singkong ini sangat sederhana, cukup di masukan ke dalam plastik atau tong drum. Proses fermentasinya selama 5 hari, baru bisa di berikan ke kambing supaya kandungan racun sianida yang ada pada daun singkong tersebut hilang.

Tutup rapat silase yang telah di buat atau yang telah di masukkan ke wadah karena membutuhkan proses anaerob.

Teman-teman dan sahabat ternak semuanya. Musim kemarau ini memang susah cari rumput, dengan adanya menyimpan silase seperti daun singkong ini akan memudahkan kita dalam beternak,.

Pembuatan Silase Dari Tebon Jagung. Tebon jagung adalah batang dan daun jagung. Tebon jagung dapat diawetkan dengan diolah menjadi silase.

Pembuatan silase tebon jagung yang ditambah dengan hijauan leguminosa menghasilkan kadar protein dan energi yang lebih tinggi dibandingkan dengan silase tanpa suplementasi. Dapat dikatakan pakan komplit karena tidak perlu ditambahkan konsentrat lagi saat diberikan pada ternak.

Cara Pembuatan Silase Daun Jagung

  1. Tebon Jagung muda 79 kg dicampur dengan daun 18,3 kg,
  2. Dedak padi 2,5 kg dan mineral 0,23 kg
  3. Diaduk secara merata.
  4. Kemudian dimasukkan ke dalam wadah (tong atau kantong plastik), ditutup rapat, dan kedap udara.
  5. Disimpan selama 15-21 hari sebelum digunakan.

Itu td adalah artikel tentang Pengertian silase dan cara membuatnya. Semoga menjadi pengetahuan bermanfaat dan tunggu informasi lainnya. Terimakasih.

Tagged in:

About the Author

Peternak

Berbagi Informasi mulai dari Cara Mengobati Ayam, Harga Ayam, Manajemen, Kesehatan Ayam, Berbagai macam penyakit, dan info-info menarik lainnya.

View All Articles