Pengertian Probiotik dan Manfaatnya

Halo, Kalo kemarin kita udah bahas bagaimana memulai budidaya udang yang sempat menyinggung tentang probiotik.

Untuk kali ini, kita akan bahas tentang pengertian Probiotik dan manfaatnya.

Apa yang dimaksud dengan Probiotik?

Pengertian Probiotik dan Manfaatnya

Probiotik adalah mikroorganisme hidup yang dapat memberi efek baik atau kesehatan pada organisme ikan / udang ataupun ternak ayam, sapi.

Manfaat Probiotik

  1. Meningkatkan pencernaan.
  2. Mendegradasi pakan.
  3. Melawan Penyakit,
  4. Memperbaiki lingkungan.

Meningkatkan pencernaan

Ibaratnya setiap hewan pasti butuh pakan untuk meningkatkan bobotnya. untuk hidupnya. sehingga ada yang disebut dengan FCR.

Apa itu FCR? Intinya adalah Feed Convertion Ratio. Jadi rasio antara pakan dan produksi daging yang dihasilkan. Kalo mau tau tentang. FCR lebih dalam lagi, dibahas lengkap di artikel pengertian FCR pada postingan yang lalu bisa di cari di fitur pencarian.

Jadi intinya FCR itu. FCR naik itu Buruk. Pakannya boros, Bobotnya sedikit. Kalau FCR nya turun. artinya Baik, pakannya irit. Pertambahan bobotnya banyak. Nah, Probiotik itu. Dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan. Dengan penambahan probiotik dapat membantu menurunkan FCR.

Artinya gimana?

Misal sama – sama ngasih pakan 1kg yang jadi daging 800gr itu kalau tanpa menggunakan probiotik. Kalau pakai Probiotik karena pencernaannya baik dari 1kg pakan bisa menjadi 900gr bobot atau sama dengan 1kg bobot jadi penambahan bobotnya makin banyak padahal pakannya sama berarti pencernaanya baik otomatis kalau pakan yang diserap makin baik kotorannya juga makin sedikit.

Kalau kotorannya makin sedikit. hewannya juga makin sehat, Kenapa?

Karena makin banyak kotoran makin banyak amoniak dan H2S. dapat menimbulkan penyakit. Kemudian Amoniak dan H2S zat kimia yang berasal dari sisa – sisa protein pakan yang tidak dimakan atau dari sisa-sisa pembuangan. atau kotoran hewan. Kalau jumlah amoniak dan H2S sangat banyak dapat menyebabkan bau dan berbagai macam penyakit yang ada didalam kolam budidaya.

Contoh misalnya pada kandang ayam jika amoniak dan H2S Tinggi atau banyak akibatnya ayam jadi lemas, mungkin susah makan. nafsu makan berkurang kemudian, bisa terkena infeksi pernafasan.

Karena bau yang tidak sedap tersebut kemudian dampak yang paling buruk adalah kematian. Nah, untuk ikan dikolam. jika amoniak dan H2S tinggi itu membuat ikan susah bernafas, apabila susah bernafas, secara otomatis oksigen menururn.

Kemudian banyak penyakit – penyakit yang hinggap di ikan atau udang, contoh misalnya H2S dan amoniak tinggi pada ikan lele akan menimbulkan bakteri aeromonas.

Kemudian pada udang, bisa menyebabkan pada udang itu. terkena penyakit infeksius, kekurangan oksigen, amoniak tinggi atau atau terkena penyakit berak putih.

Karena amoniak dan H2S yang sangat tinggi jadi teman – teman bisa bayangkan betapa banyak keuntungan kalau kotoran itu bisa ditekan.

Nah, probiotik apa contohnya yang bisa meningkatkan pencernaan untuk yang meningkatkan pencernaan itu salah satunya bakteri subtilis itu bakteri yang dapat memecah atau menguraikan protein dalam sisa pakan atau feses. ikan atau udang, ayam, atau hewan besar.

Contoh produk yang ada bakteri subtilisnya ada di AQUXIT dan juga di PARAQUA BACILLUS. Kemudian ada lagi Lacto Bacillus. Itu Juga bisa untuk menghasilkan enzim asam laktat pada pencernaan ikan atau udang.

Penambahan Probiotik juga dapat meningkatkan laju pertumbuhan ikan atau udang. Kenapa? Karena pencernaan yang baik kemudian nutrisi yang baik. itu dapat meningkatkan nafsu makan. pada ikan ataupun udang.

Mendegradasi pakan

Dengan penggunaan probiotik pakan yang diberikan ke udang/ikan atau hewan ternak lainnya itu strukturnya dari yang kompleks jadi lebih sederhana kalo lebih sederhana lebih mudah diserap juga.

Akibatnya sama ke yang no 1 tadi. penyerapannya jadi lebih baik. lebih mudah dicerna oleh hewan itu. misalnya bakteri apa untuk ini?

Contohnya bakteri yeast / sacchromyces cerevisae itu dapat memecah karbohidrat menjadi zat gula yang lebih sederhana kemudian lacto bacillus golongan lactobacillus itu bakteri yang dapat memecah protein dan lemak itu untuk memecah serat kasar.

Itu adalah artikel tentang pengertian Probiotik dan manfaatnya. Semoga bermanfaat. Terima kasih

Tagged in:
,

About the Author

Peternak

Berbagi Informasi mulai dari Cara Mengobati Ayam, Harga Ayam, Manajemen, Kesehatan Ayam, Berbagai macam penyakit, dan info-info menarik lainnya.

View All Articles