Pengertian Kefir dan Manfaat Kefir

Minuman yang satu ini mungkin belum sepopuler yoghurt namun soal rasa dan manfaatnya di yakini tak kalah. Kefir adalah minuman khas dari pegunungan Kaukasia, Eropa Timur. Awalnya dibuat dari susu unta yg diberi kefir grade alias biji kefir. Menurut cerita legenda kaukasia, Nabi Muhammad SAW lah yg bertama kali memperkenalkan biji kefir dan mengajarkan cara mengolahnya karena itulah biji kefir di juluki sebagai The Grains of the Prophet.

Awal tahun 1900 dokter asal Rusia Nikolav Balandov tertarik akan hasil kefir dan berniat memproduksinya sendiri, lalu utasannya pergi ke negara asal kefir misinya membawa biji kefir ke Rusia berhasil dan hingga kini jadi bagian kuliner masyarakatnya dan tersohor keseluruh dunia sebagai minuman bersifat probiotik.

Kandungan Kefir

Ada berbagai macam zat yg proses dalam usus di bantu bakteri baik ini setidaknya ada 42 jenis baketeri baik probiotik yg terkandung dalam kefir yaitu Lactobacillus Caucasus, Leuconostos, Spesies Acetobacter Streptococcus. Jika diminum secara rutin khasiatnya kepada tubuh langsung terasa. Kebanyakan kefir dibuat dari susu kambing tetapi ada juga yg membuatnya dari susu sapi.

  • Mengandung AHA atau alpha hydroxy acids.
  • Mengandung 42 jenis bakteri baik.
  • Mineral.
  • Vitamin.
  • Asam Amino
  • L-Carnitine
  • Lemak Baik
  • Zat anti-mikroba

Cara Membuat Minuman Kefir

Sebenarnya cara membuatnya cukup mudah yang perlu di perhatikan adalah dasar dari pembuatannya yaitu harus benar semisal bersih, sebelum membuat usahakan kuku jari di potong agar menjaga kebersihan dan bisa cuci tangan tanpa menggunakan sabun anti bakteri, cukup di bilas bersih, juga wadah yg digunakan higenis. Karena keberhasilan fermentasi adalah kebersihan dan higenisnya.

  • Pertama susu sapi segar di masak hingga mendidih atau mencapai temperature 85°C.
  • Setelah mendidih kemudian di dinginkan.
  • Masukkan kefir ke dalam susu setelah dingin sebanyak 100 gram kefir per 1 liter susu.
  • Aduk, lalu simpan selama 48 jam.

Biji kefir sisa penyaringan jika tidak sedang di gunakan bisa di campurkan dengan susu agar bakteri berkembang biak juga disimpan agar bisa di pakai untuk proses selanjutnya.

Manfaat Kefir

Menjaga keseimbangan bakteri baik dan jahat jadi kalau ada bakteri jahat yg masuk lewat makanan yg terkontaminasi bakteri baik ini bisa melawan. Sikilas aroma kefir mirip dengan tape sementata rasanya asam dan berkarbonat. Walaupun rasanya asam kita bisa menikmati kefir dengan banyak cara.

  1. Di makan bersama salad sayur dan buah.
  2. Sebagai pengganti mayonaise untuk kue dn roti.
  3. Ditambahkan sari buah agar lebih nikmat, rasanya enak badan juga sehat.

Sebagai Produk Perawatan Kecantikan

Selain untuk di konsumsi kefir juga mulai digunakan sebagai bahan produk perawatan kecantikan karena kandungannya yg sangat bagus seperti AHA atau alpha hydroxy acids yg befungsi meregenerasi sel-sel kulit mati dengan yang baru. Juga asam amino yg berfungsi untuk regenerasi kulit serta bakterinya sendiri menetralkan ph pada kulit. Umumnya kefir digunakan untuk masker wajah, selama proses fermentasi susunan kefir akan terbagi menjadi 2, yakni curd/butter kefir di bagian atas dan weig di lapisan bawah.

Curd yg bertekstur kental inilah yg dipakai sebagai bahan pembuat masker dengan mencampurkan semua bahan sesuai takarannya, bagi yg memiliki kulit normal tambahkan ektrak teh hijau. Sementara untuk kulit berminyak campurkan sedikit air lemon kedalamnya. Manfaat bisa dirasakan setelah pemakaian rutin kurang lebih 1 bulan.

Sesaat setelah di aplikasikan di wajah masker kefir memberikan sensasi dingin dan menyegarkan. Hanya saja ada aroma asam yg sedikit menyengat dan agar meresap pijat butiran masker kefir terakhir bilas wajah hingga bersih.

Water Kefir

Water kefir atau kefir air adalah minuman prebiotik yg di dari alga kristal. Alga kristal merupakan bijian yg dibentuk seperti butiran kecil dimana setiap butiran alga mengandung bakteri, alga dan polisakarida.

Cara Pembuatan Water Kefir

  1. Siapkan jar atau toples kaca.
  2. Panaskan air sekitar 650 ml dan campur dengan 2-3 sdm gula.
  3. Aduk kemudian tunggu air sampai dingin.
  4. Masukkan air kedalam toples dengan di lanjutkan memasukkan alga kristal kefir.
  5. Tutup dan simpan jauh dari sinar matahari.
  6. Diamkan selama 48 jam.
  7. Setelah fermentasi selesai water kefir yg menjadi halus dipisahkan dengan cara di saring agar tidak terjadi fermentasi lanjutan.
  8. Kalau tidak terjadi fermentasi lanjutan akan terjadi karbonasi yg menjadi material sehingga pengingkatan soda dan alkohol yg tidak baik untuk tubuh.

Water kefir yg layak dikonsumsi berasa seperti air kelapa tanpa ada aroma soda dan non alkohol. Water kefir sangat baik disajikan dengan buah-buahan segar.

Manfaat Water Kefir

Seorang peneliti profesor Merile adapun hasil water kefir ini seperti alga yg bisa mengobati TBC, kanker, atau sakit maag, menurut penelitian lainnya bisa menyembuhkan asma serta masalah pernapasan, penyakit liver, gangguan empedu, penyakit kantung kemih dan penyakit lainnya.

Untuk kesehatan untuk kesehatan karena mengandung mikroba dan mikroorganisme yang sangat baik. Menjaga keseimbangan flora usus yg berfungsi bagi kesehatan pencernaan serta sistem imunitas.

Demikian artikel Pengertian Kefir dan Manfaat Kefir, semoga bermanfaat. Terimakasih.

Tagged in:

About the Author

Peternak

Berbagi Informasi mulai dari Cara Mengobati Ayam, Harga Ayam, Manajemen, Kesehatan Ayam, Berbagai macam penyakit, dan info-info menarik lainnya.

View All Articles