Pada bahasan kali ini kita akan kupas tuntas apa itu FCR, bagaimana cara menghitungnya dan standar FCR di bobot tertentu. FCR sangat penting dalam manajemen pengelolaan Ayam Broiler, mulai dari segi baiknya produksi juga bisa di liat dari seberapa besar FCR dan bobot badannya. Peternak zaman now harusnya sudah paham akan pentingnya FCR dan cara menghitungnya sebagai tolak ukur akan keberhasilan atau kemunduran dari ferpormance berjalannya.

Pengertian FCR

FCR adalah Feed Convertion Ration di dalam Bahasa inggris, sedangkan bila di artikan dalam Bahasa Indonesia FCR adalah seberapa besar pakan yang di konsumsi untuk menghasilkan 1 kg Daging.
Biasanya di ayam broiler yang sekarang, FCR dan bobot badan atau pun BW bertemu di angka 1,5 kg dengan FCR 1,5 kg. ini tergolong standar dan baik. Di awal-awal FCR akan lebih tinggi dari pada bobot. Hal ini wajar dikarenakan di awal bobot ayam hanya berada dalam beberapa ons atau grams saja. Seiring berkembangnya waktu nantinya FCR akan turun dan bobot akan naik jauh di atas FCR. Kurva ini lah standarnya. Terus bagaimana jika FCR tidak bertemu di di bobot 1,5 bahwa sampai di bobot 1,7 bisa di pastikan anda akan pengalami kegagalan produksi dan ada yang tidak benar dalam pengelolaan Manajemen ataupun Sapronak yang anda pakai, bisa juga ayam anda terkena sakit dan kematian tinggi.

Bahaya kematian tinggi di ayam besar adalah pengbengkakan FCR, mengapa demikian, hal ini dikarenakan ayam yang sudah mati mengkonsumsi lebih banyak pakan dan tidak berhasil terjual, alhasil ayam yang hidup yang akan menanggung daging yang terbuang td dan terjadi lah pembengkakan FCR.

Rumus menghitung FCR adalah
FCR = Feed Intake / Bobot Badan ayam

Feed intake disini adalah setiap pakan yang di konsumsi oleh ayam.

Contoh soal mencari FCR ayam Broiler
1. Pak udin memelihara ayam dengan total jumlah populasi mencapai 4000 ekor dalam satu kendang, sekarang umur 30 hari dengan bobot rata 1,7 kg dengan jumlah total pakan yang telah di konsumsi adalah 200 zak karung pakan Comfeed. Sampai di umur 30 hari ayam pak udin sudah mati sebanyak 250 ekor. Berapakah FCR nya?
Jawaban : kita hitung dl konsumsi pakan atau feed intake nya per ekornya, 200 zak * 50 kg = 10000 kg / 3750 ekor = 2,66 kg/ekor, berarti ayam mengkonsumsi 3 kg untuk satu ekornya.
FCR = feed intake / BW
FCR = 2,66 kg / 1,7 kg
FCR = 1,568

Bisa di kategorikan performance ayam pak udin bagus karena FCR 1,568 di bobot 1,6.
Di atas telah di jelaskan pengertian FCR, rumus menghitungnya dan sekarang ini adalah gambar table standar FCR yang bisa anda jadikan patokan dalam pengurusan manajemen broiler. Semoga info ini bermamfaat.

Standart FCR

Standar FCR

Tagged in:

,

About the Author

Peternak

Berbagi Informasi mulai dari Cara Mengobati Ayam, Harga Ayam, Manajemen, Kesehatan Ayam, Berbagai macam penyakit, dan info-info menarik lainnya.

View All Articles