Pengertian dan Fungsi Kandang Litter

Di postingan kali ini kita akan bahas pengertian dan fungsi kandang litter, kelebihan dan kekurangan dari sekam padi, serbuk gergaji, dan bahan lainnya

Di dalam perjalanan kandang ayam kita tentunya ada alas yang di pakai di massa broding bahkan sampai panen di kandang postal, inilah yang disebut litter.

Litter adalah alas yang digunakan untuk menyerap dan mengurangi kadar air di kotoran ayam serta membuat ayam lebih hangat juga mencegah masuknya angin dari bawah lantai.

Litter sendiri terdiri dari berbagai macam bahan yang bisa digunakan, contohnya seperti sekam padi, serbuk gergaji, kulit kacang-kacangan, dan jerami. Yang paling banyak digunakan adalah jerami padi.

Pengertian dan Fungsi kandang litter

Pengertian

Kandang yang menggunakan litter umumnya adalah kandang postal, panggung, dan kandang clouse. Dari beberapa kandang ini yang paling banyak menggunakan sekam atau menggunakan sekam sampai akhir adalah kandang postal 2 lantai dan tentunya kandang clouse house. Di kandang panggung sendiri biasanya penggunaan litter hanya sampai pada umur 14-18 hari.

Umumnya baiknya sekam atau litter diturunkan pada saat ayam berbobot 700 gram lebih dan di saat itu rata-rata ayam berumur 18 harian. Tetapi bisa saja umur ayam lebih mudah dan lebih tua dalam mencapai bobot tersebut. Maka dari itu patokannya adalah bobot ayam.

Fungsi

Fungsi utama kandang litter adalah agar litter yang di gunakan bisa menyerap air dan bau amoniak dapat diminimkan di kandang. Selain itu juga udara dingin yang berasal dari luar terutama dari yang masuk ke lantai bisa diminimalisir.

Fungsi lainnya meminimalisir penyakit yang kotorannya menempel di sela-sela lantai. Karena nantinya sekam atau litter dikeruk dan di buang untuk pupuk.

ketebalan litter untuk kandang ayam postal

ketebalan litter untuk kandang ayam postal yaitu yang baiknya sekitar 3-5 cm di awal dan ditabur secara rutin ketika sudah basah dan di seset di tempat yang menggumpal.

kandang dengan lantai litter umumnya diterapkan pada kandang sistem postal, kandang postal tingkat dan kandang dengan sistem clouse house.

Litter Kandang Ayam

Sekam Padi

Sekam padi rata-rata di pakai di daerah jawa yang dominan ditanami padi di lingkungan, sekam padi biasanya diisi perkarung dengan biaya 7rb hingga karung besar 10 rb/ karungnya.

Sekam padi memiliki keunggulan di antaranya daya serap airnya yang tinggi, dan kemudahan dalam mengeruk serta menaburnya.

Serbuk gergaji

Serbuk gergaji dominan di pakai di kandang panggung di masa awal broodingan, sama seperti sekam padi serbuk gergaji mampu menyerap air tetapi jarang ada dalam jumlah banyak tidak seperti sekam padi.

Litter kandang ayam lainnya adalah jerami padi, kulit kacang-kacangan, koran untuk di awal yang bisa bertahan sampai 2-3 hari. Tetapi karena susah dan harganya mahal menjadikan bahan ini hanya sesekali digunakan dan di beberapa daerah tertentu saja.

Itu adalah postingan kali ini tentang pengertian dan fungsi kandang litter, ketebalan litter, dan umumnya kandang dengan lantai litter diterapkan pada kandang sistem serta litter kandang ayam seperti sekam padi, serbuk, dan lainnya.

Semoga bermanfaat dan silahkan share

Tagged in:
,

About the Author

Peternak

Berbagi Informasi mulai dari Cara Mengobati Ayam, Harga Ayam, Manajemen, Kesehatan Ayam, Berbagai macam penyakit, dan info-info menarik lainnya.

View All Articles