Pengertian Antibiotik adalah senyawa atau molekul untuk mengobati penyakit infeksi yang di dapatkan melalui cara alami maupun sintetik yang mempunyai kegunaan untuk membunuh, menekan dan menghambat organisnme. Terlebih yang di sebabkan oleh bakteri. Diambil dari kata anti dn biotik yang memiliki arti menolak atau tidak dan biotik yang berarti hidup.

Antibiotik ditemukan oleh Alexander Fleming pada tahun 1928 yang pada waktu itu di namakan Penicillin G secara tidak sengaja ketika kapang tumbuh di cawan petri yang lupa di bersihkan dan di bagian yang ditumbuhi kapang itu bakteri tidak dapat bertumbuh. Antibiotik sendiri ada yang sifatnya membunuh dan ada yang sifatnya menghentikan pertumbuhan bakteri.

Antibiotik juga sudah tidak asing lg di telinga para peternak karena antibiotic sudah di pakai dalam dunia perunggasan yang perlu di pahami adalah antibiotic harus di berikan dalam dosis yang tepat tidak lebih dan tidak kurang serta deteksi penyakit yang masuk ke ayam juga harus benar-benar di pastikan untuk menghindari adanya resisten terhadap penyakit, tingkat kesumbuhan pada ayam dan agar antibiotic tidak menjadi racun bagi tubuh ayam.

Antibiotic berbeda dengan desinfektan yang dimana menekan dan memutus mata rantai metabolisme dari bakteri sedangkan desinfektan menciptakan lingkungan yang tidak sesuai untuk tumbuh kembang bakteri.

Perlu di ketahui antibiotic tidak bissa digunakan pada pada kasus penyakit yang di sebabkan oleh virus, melainkan hanya bakteri, jamur dan parasite.

Dalam hal manajemen perunggasan, hal yang paling penting adalah menjaga menejemen pemeliharaan yang baik dan sesuai SOP di lingkungan, dan kandangnya. Jadi antibiotic bukan cara utama untuk menjegah penyakit. Demikian juga jika ayam sakit tidak menjamin akan bias sembuh jika kita memberikan Antibiotik kepada hewan ternak kita, terutama ungags. Hal ini dikarenakan dalam peternakan unggas ada ribuan bahkan puluhan ribu yang di pelihara dalam satu ruang lingkup, bakteri yang sudah berkembang biak, salah dalam diagnose bias menjadi factor utamanya. Tetap lebih baik mencegah dari pada mengobati.

Selain hal di atas tentunya akan menyebabkan pengbengkakan di biaya produksi juga, selain harga obat yang kita pakai ketika ayam sakit dapat di pastikan Episiensi pakan ayam juga berkurang dan terjadi pembengkakan FCR, di tambah dengan tingkat kematian yang mungkin akan meningkat secara otomatis akan menaikkan FCR.

Dipostingan berikutnya kita akan masih membahas tentang antibiotic, tetapi lebih detail ke arah pengelompokan antibiotic, berdasarkan spektrum kerja, sifat kerja, dan struktur kimia nya.

So, ditunggu saja postingan berikutnya.

Tagged in:

About the Author

Peternak

Berbagi Informasi mulai dari Cara Mengobati Ayam, Harga Ayam, Manajemen, Kesehatan Ayam, Berbagai macam penyakit, dan info-info menarik lainnya.

View All Articles