Pemanas dengan menggunakan lampu bukan tidak mungkin, beberapa peternak menggunakan lampu karena lebih hemat dan dapat menekan angka modal awal pemeliharaan. Syarat-syarat pemanas kandang ayam dengan lampu juga harus terpenuhi agar optimal, jenis lampu dan jumlah lampu juga harus sesuai dengan perbandingan ayam agar kehangatannya merata. Dahulu banyak perternak yang memakai lampu sebagai pemanas, bahkan di skala rumahan bukan hanya untuk ayam saja tetapi puyuh juga bisa menggunakan lampu.

Pemanas Kandang Ayam Dengan Lampu

Berikut adalah syarat-syarat atau beberapa hal yang perlu di perhatikan dalam penggunaan lampu sebagai pemanas :

  1. Jarak lampu dengan ayam harus dekat, seperti video di atas dikarenakan agar panas yang dihasilkan dari lampu yang bersumber dari listrik akan menghantarkan panas kepada benda terdekatnya dan jarak yang terlalu jauh akan membuang panas tersebut.
  2. Dikarenakan jarak lampu dan ayam harus dekat, maka kandang akan di modifikasi seperti baterai kotak dengan panjang dan lebar yang di sesuaikan mengikuti ketinggian lampu, jumlah lampu dan jumlah ayamnya. Yang terpenting ketinggiannya diusakan seminimal mungkin.
  3. Penggunaan lampu pijar dari pada lampu neon, dikarenakan lampu pijar karena energi listrik yang di pergunakan untuk mengubah nya menjadi cahaya lebih besar, yang kemudian energi itu menjadi panas yang kita mamfaatkan untuk pemanas kandang ayam sederhana.
  4. Penggunaan lampu untuk pemeliharaan ayam rumahan dan tidak cocok untuk usaha komersial karena banyak nya jumlah populasi ayam yang sampai ribuan tidak terjangkau oleh pemanas lampu atau lebih boros dari pada menggunakan pemanas gasolec atau lainnya seperti yg pernah kita bahas di artikel ini artikel ini.
  5. Penggunaan lampu sebagai pemanas di kandang harus kandang baterai dan di dalam ruangan tertutup, karena angin yang masuk apalagi angin dingin akan sangat mudah mengubah suhu yang di terima ayam menjadi suhu luar ruangan.

Pemanas Ayam Broiler Sederhana

Bentuk paling sederhana dalam pemanas ayam adalah penggunaan lampu untuk industri rumahan, tidak perlu perawatan yang rumit dan pengoperasian yang mudah tinggal menghubungkan listrik. Kelemahannya adalah ketika listrik mati sumber pemanas utama ayam akan hilang dan perkembangan ayam akan terganggu.

Semoga artikel pemanas kandang ayam dengan lampu ini berguna. Terimakasih

Tagged in:

,

About the Author

Peternak

Berbagi Informasi mulai dari Cara Mengobati Ayam, Harga Ayam, Manajemen, Kesehatan Ayam, Berbagai macam penyakit, dan info-info menarik lainnya.

View All Articles