Bismillah…

Kebutuhan ayam broiler awal di butuhkan pemanas yang optimal untuk tumbuh kembang anak ayam. Atau dalam istilahnya selama pemakaian pemanas dan tirai disebut masa brooding masa brooding, sampai lepasnya pemanas. Pemanas ayam broiler terdiri dari berbagai macam mulai dari Pemanas Gasolec, Pemanas Semawar, Pemanas Kayu, Pemanas Arang, Pemanas Bricket, Pemanas Oli, Pemanas Kandang Clouse House, semua memiliki kelebihan dan kekurangan nya masing-masing yang akan kita bahas secara lebih rinci

Pemanas Ayam Broiler Semawar

Pemanas ini hampir sama dengan Pemanas Gasolec hanya saja tutup atasnya lebih besar dan bulan. Peletakannya di taruh di tengah dengan memamfaatkan piringanya panas akan di alirkan ke sekitarnya. Pemanas ini lebih awet penggunaannya. Jika ingin memperbesar Panas bisa menggunakan kompor yg ukuran lebih besar. Normalnya pemanas semawar ini untuk 500 -750 ekor

Pemanas Ayam Broiler Gasolec

 

Idealnya standart gasolec 1:750 ekor di suhu malam yg tidak terlalu dingin atau panas. Di daerah dingin Gasolec sebaiknya digunkan 1:500 ekor. Adapun beberapa kelebihan pemanas Gasolec antara lain :

  1. Tidak sulit dalam pengoperasiannya.
  2. Tidak perlu perhatian lebih
  3. Tidak menimbulkan asap.
  4. Dapat di perkirakan habisnya, standart nya 3 kg tabung gas di pakai 1 gasolec nyala kecil dapat bertahan sampai 8 jam
  5. Bisa di atur tingkat kepanasannya secara mudah.

Adapun kelemahan pemanas Gasolec adalah :

  1. Biaya gas yang semakin mahal menyebabkab operasional lebih banyak.
  2. Harus sering di bersihkan setelah satu periode habis kalau tidak mau semennya nantinya akan bocor dan gas lebih boros serta panas kurang maksimal
  3. Setelah pelebaran, gasolec kurang maksimal digunakan di suhu dingin jika tidak di tambah.
  4. Tirai harus rapat tetapi tetep ada untuk sirkulasinya.

Pemanas Ayam Broiler Kayu Bakar

Kayu bakar adalah pemanas konvensional yang murah meriah dan yang paling bertahan lama hingga sekarang beberapa peternak masih banyak yg menggunakannya. Hanya butuh sebuah drum dan kayu bakar sebagai bahan bakar pemanasnya. Adapun kelebihan pemanas kayu bakar adalah :

  1. Kayu bakar yg mudah di cari di sekitar lingkungan kandang,
  2. Kayu bakar lebih murah
  3. Panasnya lebih di bandingkan pemanas lain.

Sedangkan kelemahan pemanas broiler kayu bakar adalah

  1. Menimbulkan asap dalam penyalaannya
  2. Suhu lebih tidak stabil terkadang panas sekali dan dingin ketika kayu sudah habis. Harus lebih sering ngejok jngn sampai kehabisan.
  3. Rawan kebakaran karena percikan api.
  4. Butuh pengawasan lebih.
  5. Tirai atas tidak boleh rapat untuk keluar nya asap

Pemanas Ayam Broiler Bricket dan Arang

Bricket adalah olahan dari Arang, atau bisa Batubara yang di padatkan dan tingkat kepanasan serta ketahanannya lebih besar sari Arang dan Batubara itu sendiri, secara umum kompor pemanas Bricket dan Arang  sama, hanya bahan bakarnya saja yg berbeda. Disarankan untuk pelebaran ditambah menggunakan bricket atau arang, jika sebelumnya pakai pemanas ayam broiler gasolec.

Pemanas Ayam Broiler Oli

Oli termasuk bahan yang saat ini murah dalam bahan bakunya. Tidak heran ini di mamfaatkan untuk pemanas dengan sistem tenaga sorong kipas dan oli di teteskan melalui selang. Semakin jauh kipas dapat menyorong panas sejauh itu panas akan dapat di hantarkan. Idealnya pemanas oli tetap di tambah pemanas semawar atau gasolec di ujungnya agar tetap panas di setiap sisi dan menghindari ayam yang tidak rata.

Pemanas Ayam Broiler Clouse House

Di kandang Clouse House pemanas lebih hemat karena sistem blower memudahkan panas dialirkan lebih panjang. Di kandang clouse house bisa menggunakan pemanas Gasolec, heater dan pemanas yang di beri pendorong lainnya, contohnya seperti di gambar.

Semoga bermamfaat.

Tagged in:
, ,

About the Author

Peternak

Berbagi Informasi mulai dari Cara Mengobati Ayam, Harga Ayam, Manajemen, Kesehatan Ayam, Berbagai macam penyakit, dan info-info menarik lainnya.

View All Articles