Kebutuhan pakan yang hampir mencapai 70% dari total keseluruhan biaya produksi membuat peternak mau tidak mau untuk memaksimalkan performance ayam di kandang. Pakan ayam broiler di bagi dalam tiga jenis yang pertama di sebut pakan prestarter, starter, dan finisher serta 3 bentuk pakan mash, crumbel dan pellet. Serta pakan yang terbaru pakan medicated yang berisi pakan terapi untuk penyembuhan karena pakan ini memiliki kandungan Antibiotic tambahan yang dipesan secara khusus dan harganya lebih mahal dari yg biasanya, hal ini sesuai anjuran pemerintah dengan menghilangkan antibiotik atau AGP pada pakan.

Bentuk Pakan Ayam Broiler

Bentuk Mash

Mash berbentuk seperti tepung, umunya di pakai untuk anak ayam DOC, tetapi ayam cenderung kesulitan dalam memakannya terlebih jika usianya sudah di atas 7 hari, karena susah dalam memakannya serta memasukkannya ke mulut. Kelebihan lainnya usus tidak bekerja lebih keras mencernanya karena pakan memasuki usus sudah dalam keadaan halus.

Bentuk Crumble/ butiran kecil

Bentuk crumble sejatinya sudah bisa digunakan dari ayam umur 0 hari bahkan sampai panen, hanya butirannya sedikit berbeda dengan pakan crumble yang dikhususkan untuk ayam usia 0-7-14 hari. Bentuk crumble juga lebih banyak dipasaran yang memakainya dari pada bentuk mash.

Bentuk Pellet

Bentuk pellet yang memiliki ukuran lebih besar dan panjang di gunakan untuk ayam usia 21 hari sampai panen karena bentuknya yg besar di pertama ayam di beri pakan ini ayam akan kesulitan dalam memakannya dan fi bisa saja turun di awal-awal pergantian pakan ini.

Jenis Pakan Ayam Broiler

Pakan Prestarter

Pakan prestarter ayam broiler memiliki kandungan protein yang sangat tinggi yang di khususkan untuk anak ayam dari umur 0-7-14 hari yang memiliki kandungan berprotein tinggi, untuk memaksimalkan bertumbuhan dan pembelahan sel serta organ-organ pencernaan dan pernafasan. Serta butiran dari pakan lebih halus dan lembut. Biasa bentuk mash dn crumble.

Pakan Prestarter

Pakan starter ayam broiler adalah pakan jenis ke dua setelah prestarter dengan kandungan yang lebih rendah dari pakan prestarter. Umumnya jika di usia 14 harian ayam masih diberi pakan prestarter maka kotoran ayam akan mencret karena kebutuhan protein tubuh ayam sudah cukup dan berlebih jd di buang melalui kotoran. Tp ini kembali lg ke kandungan dan kualitasi pakannya, ada pakan yg lebih murah dengan kandungan berbeda tetap aman digunakan karena kandungannya ada yg dikurangi untuk menghemat dan menurunkan harga jual.

Pakan Finisher

Pakan finisher cenderung berbentuk pellet dan kandungannya nya di bawah prestarter, terutama di kandungan protein. Dan harga yang ada dilapangan lebih murah dari prestarter dan starter.

Pakan Alternatif Ayam

Pakan alternatif sebaiknya di berikan beberapa hari sebelum ayam di panen karena kualitas dan kandungannya yang kurang untuk mencukupi kebutuhan dalam pembentukan daging dan tidak membuang biaya lebih sebaiknya pakan alternatif ini di campur dalam 1:4-6, 1 karung karung untuk 4-6 karung pakan. Dengan pakan fermentasi juga bisa menjadi alternatif tambahan seperti yg di bahas di artikel sebelumnya.

  1. Jagung, bisa menjadi alternatif tambhan dengan mencampurnya kedalam pakan pabrikan. Kualitasnya yang baik tepung bukti cukup untuk menambah nutrisi dan penghematan pakan.
  2. Bungkil kelapa, protein yang tinggi menjadikan ini konsentrat yang bagus untuk ayam tetapi harganya sedikit lebih mahal.
  3. Dedak padi, memang bisa jd alternatif tambahan tp jngn terlalu lama cukup 2 hari sebelum panen saja. Karena kualitasnya yang jauh di bawah jagung dan bungkil kelapa.
  4. Azolla yang tumbuh di sekitaran air di kolam dan tempat lainnya yang di genangi air ini kaya akan protein, pada pemberian 10-15% dicampur dengan pakan pabrikan. Berat badan yang di dapatkan bisa sama dengan pakan pabrikan full.
  5. Roti kadaluarsa juga bisa digunakan, selain hrga murah juga membantu menghemat di hari2 akhir ayam broiler di panen

Itu adalah artikel tentang jenis pakan ayam broiler, bentuk pakan ayam broiler dan pakan alternatif ayam broiler yang bisa membantu menekan cost produksi dan mendapatkan keuntungan lebih.

Tagged in:

,

About the Author

Peternak

Berbagi Informasi mulai dari Cara Mengobati Ayam, Harga Ayam, Manajemen, Kesehatan Ayam, Berbagai macam penyakit, dan info-info menarik lainnya.

View All Articles