Assalamualaikum wr wb, setelah kemarin kita bahas tentang broodingan bulat atau kotak serta masing-masing kelebihan dan kelemahannya, sekarang kita akan bahas tentang model tirai dalam broodingan yang ada di lapangan dan yang bagusnya seperti apa, karena masih banyak di lapangan yang manajemen tirai broodingannya masih kurang dari kata layak.


Brooding biasa ini hanya menggunakan tirai luar di selama masa broodingan, mengandalkan tirai luar Kandang tentu sangat riskan sekali, apalagi jika itu termasuk yang memiliki intensitas angina yang kencang dan suhu yang dingin di malam hari nya. Memang benar keuntungannya hemat di tirai tetapi kelemahannya sangat banyak diantaranya yaitu :

  • Suhu dalam broodingan sangat tidak stabil dikarenakan sangat di pengaruhi oleh suhu lingkungan luar kendang, alhasil jika tirai luar tidak benar-benar rapat suhu di dalam akan terbuang dan sangat cepat keluar dan alhasil kita membuang-buang dan boros di pemanas apalagi jika menggunakan gas sebagai bahan bakarnya
  • Bila suhu di luar sangat dingin akan menyebabkan kelembapan yang sangat tinggi, hal ini tak jarang akan kita temui di pagi hari biasanya sekam lebih cepat basah.
  • Boros pemanas, dan ini sudah jelas seperti yang sudah saya jabarkan di atas.

Broodingan thermos
Broodingan thermos, memiliki 2 tirai yaitu di dalam dan di luar kendang, meski lebih boros di jumlah tirai, tetapi ini bisa kita atasi dengan menggunakan tirai plastic untuk penggunaan tirai dalam nya. Adapun kelebihannya sangat banyak sekali, di antaranya yaitu :

  • Pemanas lebih hemat, dengan menggunakan broodingan thermos kita lebih menstabilkan suhu di dalam kendang, hal ini disebakan karena suhu luar tertahan oleh 2 lapis tirai yang kita pasang.
  • Suhu dalam broodingan menjadi lebih stabil, kenapa demikian kita bahas di point berikutnya
  • Angin tidak masuk dan langsung berhembus ke anak ayam, ini sangat berguna apalagi jika di malam hari di sekitar kandang mempunyai sejarah angina yang kencang walaupun angina bertiup dan berhasil menembus tirai luar kendang akan masih tetap terhalang oleh tirai kedua yang berada di dalam kendang.

Yuk, yang sekarang masih memakai tirai broodingan biasa agar segera beralih ke broodingan thermos, bahkan yang sekarang di daerah jawa barat sendiri yang tergolong dingin banyak peternak yang memakai broodingan thermos dengan tirai lapis tiga, di luar kendang, di dalam kendang dan di broodingannya. Lebih hemat, efisien dan kita hanya tinggal mengatur sirkulasi di dalam broodingan itu sendiri karena yang kita tau Oksigen itu kebutuhan nomor satu di ayam. Semoga infonya bermamfaat, terimakasih.

About the Author

Peternak

Berbagi Informasi mulai dari Cara Mengobati Ayam, Harga Ayam, Manajemen, Kesehatan Ayam, Berbagai macam penyakit, dan info-info menarik lainnya.

View All Articles