Haloo salam sukses, salam sejahtera untuk seluruh peternak Indonesia.

Oke, hari ini atau kali ini kita akan membahas. berbicang atau berdiskusi mengenai berapa Modal Usaha Ayam Petelur yang dibutuhkan untuk memulai beternak ayam petelur.

Ayam Petelur

Karena bertenak ayam petelur sebenarnya. membutuhkan biaya yang cukup besar bagi orang yang baru memulai kalau 200 ekor bagi yang baru memulai memang lumayan besar.

Kalau untuk bagi orang yang sudah berpengalaman dibidang perternakan ayam petelur, 200 ekor tidak ada artinya. tapi artikel ini memang untuk yang baru akan memulai belajar bagaimana memulai cara beternak ayam petelur.

Kita ambil contoh pemeliharaan ayam petelur populasi 200 ekor. Modalnya itu berapa sih kalau cuma 200 ekor supaya kita lebih mudah. menghiutngnya.

Itu nanti akan kita bahas mengenai kontruksi kandang yang akan kita bahas disini adalah biayanya dahulu sehingga teman teman yang akan memulai tidak bingung berapa sih duwit atau uang yang dibuthkan.

Modal Usaha Ayam Petelur

Sebenarnya besar kecilnya suatu kebutuhan membuat kandang tergantung dari jenis kandang. bahan bakunya, kualitasnya, ukurannya dan model kandangnya.

Tapi akan saya buat, perincian mulai dari yang paling mahal dulu, akan saya hitungkan. secara global saja supaya mudah untuk kandang model. menggunakan bambu seperti yang ada digambar biayanya kita hitung all around saja.

Termasuk kalau biar enak kita hitung dengan ayamnya saja dengan pakannya sampai ayam itu bisa bertelur sampai ayam itu bisa menghasilkan telur, bisa makan dari hasil telurnya sendiri setiap hari.

Kalau kita menggunakan kandang dari kayu atau kandang baterai bambu tempat ayam disebut baterai.

Perayam sekitar Rp 150.000/ekor terdiri dari

Rp 80.000 untuk bibit berusia 15 minggu. juga sudah termasuk pakan sampai ayam bertelur sekitar 60 %. ketika ayam bertelur 60% sudah cukup untuk biaya makan.

Rp 70.000 ini cukup untuk membuat kandang yang tidak permanen atau tidak terbuat dari besi jadi dari bambu seperti digambar ini dari bambu saja, murah sekali.

kalau kita akan membuat 200 ekor biaya yang dibutuhkan sekitar Rp 30.000.000. Sudah cukup untuk membeli bahan baku termasuk kayu, semen dan lain sebagainya untuk membuat kandang seperti yang ada digambar.

Tapi kalau teman teman ingin membuat kandang. seperti ada digambar ini, menggunakan besi atau baja ringan biayanya lumayan mahal per ekornya berdasarkan pengalaman sekitar Rp 185.000. per ekornya.

Kalau mau membuat 200 ekor. Berarti

185.000 x 200 ekor = Rp 37.000.000.

bedanya sedikit atau mungkin bisa menjadi 200.000 tergantung harga bahan bakunya ini sduah termasuk semuanya untuk ukurannya sendiri, dan bagaimana ukurannya akan saya jelaskan di artikel berikutnya mengenai design kandang yang cocok dan sesuai untuk teman teman yang baru memulai.

Tapi saya sarankan untuk teman teman yang. mempunyai modal yang belum banyak saya sarankan menggunakan yang bambu saja

Rp 150.000 InsyaAllah cukup dan masih ada sisa uangnya kalau teman teman bijak dalam perencanaan semakin bagus materialnya nanti akan semakin mahal dan semakin awet.

Dan kalau misalnya semakin murah sebuah bahan baku nanti kualitasnya juga akan berbeda. Tentu saja umur kandangnya juga akan berbeda akan lebih pendek. Kalau misalnya dari besi mungkin akan lebih awet mungkin saya sama kandangnya kebih awet.

Cara Membuat Kandang Ayam Petelur Dari BambuCara Membuat Kandang Ayam Petelur Dari Bambu

Kita akan fokus diukuran dan cara pembuatannya. untuk pembuatannya sendiri full dari bambu. langsung saja kita membahas mengenai ukurannya. bisa kita lihat ukuran bagian atasnya lebarnya 32 cm bisa diperhatikan bagian atas begitu juga bagian bawah.

Kemudian kita beralih mengenai tingginya tingginya sendiri ada 37 cm bagian depannnya dan bagian belakangnya 30 cm dibuat berbeda supaya telurnya menggelinding lebih tinggi bagian depan dari belakang supaya murung ke depan.

Kemudian kita lanjut kesecara keseluruhan lebar belakang kedepan 50 cm panjang secara keseluruhan ada 200 cm atau 2 meter perkotak lebarnya 34 cm 33 atau 34 cm kira kira.

Kalau di total dua meter itu ada, satu, dua. tiga, empat. lima. dan 6 kotak, jadi isinya ada 12 ekor ayam.

Kandang Ayam petelur sederhana

 

Proses merangkai atau menyatukannya kita menggunakan paku tembak kompresor. Supaya lebih cepat, kalu teman teman bisa menggunakan paku reng kecil biasa juga bisa tapi akan lbih cepat kalau menggnakan paku kompresor, tinggal kita rangkai saja.

Sepertinya memang tidak sulit kalau hanya merangkai saja tidak membutuhkan waktu lama. karena menggunakan kompresor proses memakunya tinggal disentuh saja tarik pelatuknya,

Untuk tempat minum menggunakan pipa belah 2,5 Inch tampat pakan menggunakan 4 inch, kalau yang bagus 5 inch, lebih besar lebih bagus  langsung bisa tumpuk dua, ada juga yang versi isinya satu kotak satu ayam lebih kecil lagi.

Demikianlah artikel tentang modal usaha ayam petelur dan cara membuat kandang ayam petelur dari bambu. Semoga bermanfaat.

Tagged in:

, ,

About the Author

Peternak

Berbagi Informasi mulai dari Cara Mengobati Ayam, Harga Ayam, Manajemen, Kesehatan Ayam, Berbagai macam penyakit, dan info-info menarik lainnya.

View All Articles