Mengenal ayam poland

Ayam di Indonesia tergolong cukup banyak macamnya. Beberapa ada yg digolongkan menjadi ayam pedaging, lalu ada ayam petelur, dan yang terakhir adalah ayam hias. Karena keunikan ayam ini, beberapa orang mulai membudidayakannya dan memperkenalkan nya sebagai ayam hias dan salah satunya adalah ayam poland. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas sedikit untuk mengenal ayam poland lebih detail, ciri-ciri ayam poland, tips dalam pemeliharaannya dan masa produktif ayam poland.

Ciri-ciri Ayam Poland

Ayam poland merupakan salah satu jenis ayam unik yang berasal dari belanda. Ayam ini biasanya di sebut juga dengan ayam polis, ayam polandia, ayam mahkota, atau ayam jambul. Uniknya bulu yang ada pada kepala ayam ini tumbuh lebih panjang di banding ayam lainnya, sampai menutupi matanya. Jambul bentuk membulat seperti kelopak bunga ini adalah milik ayam poland betina.

Keunikan

Ayam ini memiliki keunikan dari bagian kepalanya memiliki jambul dan juga komposisi bulu yang cukup lebat dibandingkan ayam lain di bagian kepala. Baik jantan maupun betina sama-sama mencolok sekaligus punya bentuk karakter yang mudah di kenali. Pandangan ayam polland cukup terbatas, pandangan matanya hanya bisa melihat ke arah bawah disebabkan terhalang oleh bulu kepala yg panjang.

Gaya tidur nya juga berbeda, meskipun sudah dewasa ayam ini tidur dengan selonjoran seperti ayam yg mati.

Ayam Poland Galur Murni

Ukuran

Untuk yg betina ukurannya lebih kecil dari jantan. Untuk yang galur murni bentuk tubuhnya tidak terlalu besar, bulunya hitam, jenggernya hitam dan mahkotanya berwarna abu-abu keemasan.

Yang membedakan ayam poland dengan jenis lainnya biasanya dapat dilihat dari bulu-bulu di daerah bagian kepalanya yang cukup banyak sehingga sampai menutupi matanya.

Sejarah

Sedangkan jenisnya sendiri ayam poland bukan berasal dari polandia seperti namanya, ayam ini berasal dari belanda. Di daerah asalnya ayam poland ini sebenarnya untuk ayam petelur.

Di Indonesia kebanyakan ayam poland di pelihara sebagai ayam hias maupun untuk tujuan pameran. Ayam poland memiliki corak warna yang bermacam-macam.

Sehingga dengan warna yang bervariasi ini di gemari oleh banyak peternak tidak hanya di Indonesia tetapi juga di beberapa negara lain.

Ayam ini cenderung lebih sensitif dibanding, dalam pemeliharaannya sebaiknya ayam poland ini di kandangkan dengan lokasi kandang yang tidak langsung bersentuhan dengan tanah.

Jenis ini juga cocok untuk di budidayakan di kota-kota besar, tidak membutuhkan lahan yang luas, pola budidaya yang kering dan dengan model kandang panggung. Ayam poland akan lebih bisa bertahan hidup dengan baik.

Kandang Ayam Poland

Sebaiknya berukuran 60cm x 90 cm x 60 cm dengan satu kandang berisi 3 ekor dewasa dengan menjaga suhu 20-30°C.

Anakan Ayam Poland

Anakan Ayam Poland

Di usia kecilnya memiliki sifat yang tidak terlalu aktif seperti jantannya, sama seperti pada umumnya, cukup jinak dan bersahabat.

Pada usia tiga minggu anakannya sudah di tumbuhi jambul, untuk range harganya usia satu bulan di hargai sekitar 150rban dan untuk 8 bulan atau dewasa berkisar di Rp. 800.000. Pakannya bisa dikasih pur saat kecilnya.

Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh Ayam Poland

Pada musim hujan harus sedikit berhati-hati di karenakan kalau jambulnya terkena air jika tidak segera di bersihkan dan di keringkan nantinya akan menjadi sumber penyakit.

Menjaga daya tahan tubuhnya tergolong penting bisa dengan memberikan vitamin setiap hari dan menjaga kesehatannya bisa di berikan irisan daun pepaya sebagai menu selingan.

Pada udara yang lebih dingin memberikan jahe bisa jadi alternatif menjaga suhu tubuhnya pada minumannya untuk menjaga kehangatan badan ayam tersebut.

Pada ayam dewasa yang berumur 8 bulan sudah bisa di kembang biakkan. Ayam ini bisa menghasilkan telur sebanyak 10-20 butir. Dengan menetasnya dalam kurun waktu 21 hari.

Pakan Ayam Poland

Pakannya tidak terlalu sulit hanya campuran jagung giling kasar dan pur dengan perbandingan 3:2 dan diberikan sehari satu kali. Mereka sangat suka sekali minum dalam jumlah banyak, oleh karena itu batasi jumlah minum ayam ini agar tidak kembung.

Nah, sampai disini artikel tentang Mengenal ayam poland, semoga bermanfaat.

Terima kasih

Tagged in:

,

About the Author

Peternak

Berbagi Informasi mulai dari Cara Mengobati Ayam, Harga Ayam, Manajemen, Kesehatan Ayam, Berbagai macam penyakit, dan info-info menarik lainnya.

View All Articles