Kita harus tau apa yang dirasakan oleh sapi dan dibutuhkan oleh sapi. Ada fase dimana sapi kehilangan nafsu makan atau susah makan. Kondisi yang seperti ini perlu segera di atasi karena berpengaruh terhadap perkembangan dan kesehatan sapi.

Salah satu ciri sapi mengalami gangguan nafsu makan

  • Warna bulu tidak cerah
  • Bulu rontok
  • Prilaku tidak aktif atau loyo

Jika hal di atas di biarkan sapi akan bertambah kurus dan jatuh sakit.

Penyebab sapi kehilangan nafsu makan

  • Sapi sedang stress,
  • Memiliki cidera pada badan
  • Mengalami diare akut atau infeksi perut
  • Perubahan ransum yang dilakukan peternak
  • Penyakit lain yg mungkin menyerang

Pentingnya pakan yang diberikan dan dimakan untuk kebutuhan nutrisi ternak membuatnya menjadi hal utama yang harus di perhatikan peternak. Dan tidak jarang banyak peternak yang mengalami penurunan atau gangguan nafsu makan pada ternaknya.

Pada postingan kali ini akan di bahas cara mengatasi gangguan nafsu makan pada sapi, sehingga diharapkan sapi akan kembali sehat dan jika asupan energi terpenuhi tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan protein untuk daging tetapi juga untuk meningkatkan antibodi tubuh sehingga kesehatan sapi terjaga.

Sapi yang kurang nafsu makan atau tidak mau makan, biasanya atau salah satunya kekurangan bakteri. Kita bisa membuat bakteri dengan paling mudah dari telur busuk atau Tempe busuk. Jadi bakteri dibuat tumbuh di medianya dengan memakai gula, bisa juga tetes tebu dan bisa herbal seperti temulawak, temu ireng, dan kunir.

Bahan-bahan yang paling mudah dan fungsinya bagus yaitu urine sapi, bisa untuk makanannya bakteri dan peningkatan protein, biasa disebut sireup probiotiok sapi sekaligus herbal.

Cara Mengatasi Gangguan Nafsu Makan Pada Sapi

Perbanyak pakan hijauan berserat tinggi yg sudah di cincang.

Dibeberapa peternak tradisional peternak memberikan pakan yang tidak biasanya, contoh di beberapa daun itu bagus tetapi porsinya tiba-tiba banyak yang menyebabkan masalah di pencernaan. Untuk itu probiotik yang di atas membantu dan meningkatkan nafsu makan. Jika sudah tiga hari bisa menggunakan obat yang disuntikkan tidak menggunakan intrameskuler tetapi intravena di nadi untuk vaksin.

Beri pakan dengan ransum baru secara bertahap.

Dengan contoh :

  1. Minggu pertama 20% ransum baru + 80% ransum lama.
  2. Minggu ke dua, 40% ransum baru + 60% ransum lama.
  3. Minggu ke tiga 80% ransum baru + 20% ransum lama.
  4. Minggu ke empat di beri 100% ransum baru.

Amati perubahan nafsu makan pada sapi, akan lebih lengkap jika memberikan obat dokoh 2-4 butir bolus dan diberikan gayumi 1 bungkus untuk sapi dan 1/2 untuk anakan sapi.

Memberikan sirup herbal probiotik sapi 

Yang terbuat dari :

  • bakteri busuk
  • Tetes tebu, yang di capur dengan temu ireng
  • Temulawak
  • Urine sapi itu sendiri yang dibiarkan tumbuh dalam media glukosa.

Banyak peternak yang belum tahu cara mengatasi gangguan nafsu makan pada sapi-sapinya, Oleh karena itu kita akan bahas disini.

 

Penyebab Sapi Kehilangan Nafsu Makan

Kekurungan bakteri

Bakteri dalam rumen sapi untuk mencerna makanan tidak cukup atau sebanding dengan pakan yang masuk. Jika bateri baik ini dikembangkan malah lebih bagus tetapi jika kurang akan buruk bagi pencernaan.

Pemberian jenis makanan baru dalam jumlah besar

Dalam istilahnya yaitu masa peralihan, dan zat antinutrisi yang terkandung di pakan yang berikan. Umumnya kita mengenal istilah masa transisi atau masa-masa sapi menyesuaikan pakan yg baru dikenalnya atau lain dari yg diberikan dari sebelumnya. Memcampurnya dengan menggunakan pakan lamanya menjadi alternatif tambahan.

Dan bisa juga menggunakan prebiotik untuk meningkatkan palatabitas ternak.

Tips untuk sapi yang mengalami gangguan nafsu makan

Kita menyuapkan makanan pada sapi. Rumput di masukkan ke kanan atau kiri masukkan ke belakang arah graham, lihat respon sapi apakah mu menguyah, kalau tetap tidak mau dorong rumput dan cium bau pakan, jika ada bau pesing maka nama penyakitnya ketusis, jika responnya seperti itu maka tingkat kesakitannya di level sedang mendekati berat, karena untuk menguyah tidak mau.

Bukan hanya manusia yang mengalami masalah pencernaan, ternyata di hewan juga mengalaminya.

Cara mengatasi gangguan pencernaan pada sapi dengan ciri-ciri :

  • Sapi yg sudah mulai layu wajuhnya
  • Daerah perut keras karena gangguan di rumen,
  • Jika di cek jantungnya detaknya sudah mulai cepat indikasinya
  • Makanan yg di makan porsi tidak biasa dan berlebih, terlebih sudah tiga hari makanan yg di rumennya akan menyebabkan keracunan.

Terapi yg diberikan adalah obat disuntikkan untuk langsung masuk ke jalur vena. Setelah di masukkan kita menunggu besok reaksi apakah ada perubhan atau sama saja kita bisa menambahkan dengan air kelapa hijau.

Gangguan pencernaan pada sapi diakibatkan oleh asupan makanan yang salah namun hal tersebut dapat di atasi dengan mengubah pola makan dan jenis makanan yang diberikan pada sapi. Kalau asupan dan jenis yang diberikan tepat maka sapi akan berangsung membaik.

Gangguan pencernaan juga bisa di atasi dengan memberikan prebiotik pada sapi.

Sapi yg kondisinya mengalami gangguan nafsu makan di terapi dengan prebiotik atau bakteri di pencernaan sekaligus ada temu ireng yang menggerakkan dinding rumen atau babat tersebut. Bisa di minumkan setengah gelas pagi dan sore. Selain ditambahkan minyak goreng satu gelas juga di tambahkan air kelapa.

Sapi memerlukan perawatan yang tepat,jika tidak ingin mengalami gangguan penceranaan.

Semoga aplikasi ini bisa membantu mengelola peternakan sapi anda lebih baik lg.

Tagged in:
,

About the Author

Peternak

Berbagi Informasi mulai dari Cara Mengobati Ayam, Harga Ayam, Manajemen, Kesehatan Ayam, Berbagai macam penyakit, dan info-info menarik lainnya.

View All Articles