Manfaat Ubi Ungu

Masih membahas pertanian dalam bercocok tanam, setelah sebelumnya membahas tanaman sorgum dan kelebihannya, kali ini kita akan membahas manfaat ubi ungu.

Ubi jalar merupakan sumber karbihodrat dan kalori yang cukup tinggi, kandungan karbohidrat pada ubi jalar menduduki peringkat ke empat setelah padi, jagung, ubi kayu atau singkong. Ubi jalan juga merupakan sumber vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh dalam memenuhi kebutuhan gizi masyarakat.

Jenis Ubi Jalar

Ubi jalar memiliki berbagai ukuran dan bentuk, warna kulit serta warna daging yg bermacam-macam bergantung pada varietasnya. Berdasarkan warna kulit dan daging umbinya ubi jalar dapat di bedakan menjadi sembilan jenis yaitu :

  1. Putih
  2. Cream
  3. Kuning
  4. Orange
  5. Coklat
  6. Jingga
  7. Merah gelap
  8. Merah muda
  9. Ungu

Ubi jalar ungu biasa disebut Ipomea Batatas Blackie karena memiliki kulit dan daging umbi yang berwarna ungu kehitaman. Umbi ungu mengandung pigmen antosianin yang lebih tinggi dari ubi jalar jenis lain.

Antosianin adalah senyawa yang dalam tumbuhan masuk ke dalam senyawa metabolit sekunder. Ada pada satu tumbuhan dan ada tumbuhan yang tidak memiliki antosianin pada umbinya seperti pada singkong. Pada umbi yang berwarna memiliki metabolit sekunder.

Metabolit sekunder pada tumbuhan memiliki fungsi berkomunikasi sesama tumbuhan yang lain melalui senyawa kimia.

Manfaat Ubi Ungu

Manfaat antosianin pada manusia yaitu sebagai antioksidan bisa juga melindungi dari sinar ultraviolet sama seperti pada tumbuhan aslinya yang memiliki fungsi sama. Bagi kosmetik juga sangat potensial karena bisa melindungi dari sinar ultraviolet ini.

Keberadaan antosianin pada umbi ungi dapat berfungsi sebagai pangan sehat dan komplit karena untuk menjadi sehat perlu beberapa kategori pangan seperti karbohidrat, protein, vitamin, lemak. Semakin beragam makanan yang masuk ke dalam tubuh kita semakin bagus.

Sebagai contoh umbi ungu sendiri memiliki kelebihan A, B, C, D, E sedangkan singkong memiliki kelebihan F, G, H. Maka dari itu jika kita memakan makanan yang beragam kita akan mendapatkan asupan gizi yang semkin lengkap.

Sebagai sumber keragaman bahan pangan umbi ungu dapat di manfaatkan dalam pembuatan berbagai jajanan lokal yg sehat sehingga mudah dan menarik di konsumsi.

Olahan Ubi Ungu

Umbi ungu selain di rebus dan di santap seperti biasa, dewasa kini sudah dioleh menjadi berbagai jajanan seperti di antaranya, klepon, puding, kripik, dodol, tepung dan nugget.

Proses Pembuatan Klepon

Pada pembuatan klepon serat perlu dihilangkan dan pembuangan kulit sampai kulit ke tiga sehingga hanya intinya yang di manfaatkan dan diolah.

Membutuhkan waktu yang tidak lama berkisar di 20-30 menit berikut cara membuat klepon dari umbi ungu

  • Potong umbi ungu yang sudah dihilangkan kulitnya
  • Rebus sampai matang dan saring hingga tidak ada airnya.
  • Campur dengan tepung tapioka.
  • Bentuk bulayt seperti klepon, rebus kembali.
  • Tiriskan dan taburi dengan irisan kelapa.

Proses Pembuatan Puding Ubi Ungu

Caranya tidak jauh beda dengan klepon, hanya saja saat proses rebus ambil sarinya saja kemudian tambahkan susu, agar-agar dan gula putih, saring dan tunggu hingga dingin.

Kandungan Nutrisi Ubi Jalar

No.Kandungan GiziUmbi PutihUmbi MerahUmbi Kuning
1.Kalori123123136
2.Protein1,81,81,1
3.Lemak0,70,70,4
4.Karbohidrat27,9027,9032,30
5.Air68,5068,50
6.Serat kasar0,901,201,40
7.Kadar gula0,400,400,30
8.Beta karoten31,20174,20

Produksi terbesar umbi jalar sendiri terdapat di daerah Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Irian Jaya, dan Sumatera Utara. Di Jawa Barat yg mulai membudidayakan umbi ungu adalah Sumedang.

Pada musim penghujan satu tombak penanaman umbi ungu bisa mencapai 10-15 kg, sedangkan pada masa kemarau hanya berkisar 5 kgan. Yang berarti satu hektar kurang lebih 10 ton.

Demikian artikel manfaat ubi ungu, semoga bermanfaat. Terimakasih.

Tagged in:

,

About the Author

Peternak

Berbagi Informasi mulai dari Cara Mengobati Ayam, Harga Ayam, Manajemen, Kesehatan Ayam, Berbagai macam penyakit, dan info-info menarik lainnya.

View All Articles