Untuk teman-teman yang lagi menjalani ibadah puasa kira-kira nanti berbuka akan membatalkan puasa dengan apa, kalau belum terpikir berikut referensinya adalah timun suri. Timun suri hanya ada di bulan ramadhan dan saat bulan ramadhan timun suri susah untuk di peroleh.

Timun Suri

Timun Suri

Ketika ramadhan telah datang aneka jajanan seperti buah dan jenis kuliner lainnya banyak di jajakan di mana-mana. Salah satu buah yang khas dan ada di bulan ramadhan adalah timun suri dan banyak yang bertanya kenapa timun suri hanya ada di bulan puasa.

Sebenarnya timun suri tidak tergantung pada musim tertentu untuk berbuah, tanaman ini bisa di budidayakan setiap saat seperti melon, semangka dan timun. Kemunculannya pada saat ramadhan sudah menjadi kebiasaan untuk di permintaan untuk konsumsi yang melonjak pada ramadhan sementara di bulan lainnya permintaan timun suri sepi. Hal ini membuat para petani berlomba-lomba untuk menanam buah timun suri menjelang ramadhan.

Walaupun memiliki nama timun, timun suri berbeda dengan mentimun. Walaupun bentuknya juga memanjang seperti timun sayur tidak masuk ke kekeluarga timun-timunan tetapi justru masuk ke dalam keluarga labu-labuan seperti lemon, semangka, dan blewa.

Manfaat Timun Suri

Daging buahnya yang berwarna putih dan bertekstur lembut dapat memanjakan lidah saat berbuka puasa dengan dibuat sop buah maupun minuman segar lainnya. Dibalik rasanya yang segar, ternyata timun suri memiliki khasiat yang dapat mengembalikan cairan tubuh.

Kaya Akan Kandungan Vitamin

Mengkonsumsi timun suri saat sahur dapat membuat badan sehat dan lebih bugar saat beraktifitas karena timun suri mengandung vitamin a dan vitamin c yang dapat menjaga kesehatan tubuh, mencegah masuknya virus, bakteri, kuman dan membuat tubuh menjadi lebih segar dan bugar.

Timun suri kaya akan kandungan air, mineral, kalium, fosfor dan serat yang dapat membantu proses metabolisme. Dalam keadaan puasa tubuh akan kekurangan banyak cairan. Berkurangnya cairan juga disebabkan akibat keluarnya keringat sehingga menyebabkan tubuh kekurangan elektrolit. Kurangnya elektrolit akan menimbulkan rasa haus dan mengkonsumsi jus timun suri dapat mengatasi dehidrasi dan mengembalikan keseimbangan elektrolit tubuh saat berbuka.

Mengobati Berbagai Gangguan Pada Tubuh

Ketika mengalami panas dalam yang disebabkan gangguan tenggorokan, bibir kering dan pecah-pecah. Panas dalam juga terjadi karena kurangnya asupan vitamin c dalam tubuh, terlalu banyak mengkonsumsi makanan berlemak, pola hidup yang tidak sehat dan pola makan yang tidak dijaga. Timun suri mengandung vitamin c yang baik untuk mengatasi panas dalam.

Cara Memilih Timun Suri Yang Baik

Manfaat timun suri

Diantara banyak timun suri yang di jajakan sebelum membeli kita harus memilih timun suri mana yang baik untuk kita beli. Berikut caranya :

  1. Timun suri yang sudah matang lebih harum dari yang belum.
  2. Saat dipukul timun suri akan terasa lebih keras dan kencang karena timun suri mudah hancur berbeda dengan yang belum matang akan menghasilkan suara buk seperti masuk angin.
  3. Dari segi warna lebih bercahaya dan tidak pucat jika matangnya asli.
  4. Melihat ujung timun suri apakah merkahnya buatan atau tidak.
  5. Melihat dari getahnya, timun suri yang matang asli dari pohon masih ada getah berwarna kecoklatan

Demikian manfaat timun suri. Semoga bermanfaat.

Tagged in:

About the Author

Peternak

Berbagi Informasi mulai dari Cara Mengobati Ayam, Harga Ayam, Manajemen, Kesehatan Ayam, Berbagai macam penyakit, dan info-info menarik lainnya.

View All Articles