Rumput Gajah Tua

Rumput gajah atau dalam bahasa Ingris dikenal dengan elephant grass, rumput gajah tumbuh subur di permukaan tanah dengan ketinggian 200 meter di atas permukaan laut.

Rumput gajah ini memiliki varietas bermacam-macam di antaranya varietas afrika dan hawai.

Artikel kali ini akan membahas manfaat rumput gajah dan cara menanamnya, jarak ideal penanaman rumput gajah, perawatan rumput gajah dan ciri-ciri rumput gajah.

Rumput gajah dewasa kini banyak di budidayakan untuk pakan ternak seperti kambing, domba terutama sapi dikarenakan mengandung protein yang tinggi. Terutama peternak yang beternak dengan tujuan penggemukan.

Selain sebagai pakan ternak, rumput gajah memiliki manfaat lain seperti penahan erosi tanah, bahan produksi fiber maupun sebagai pagar.

Jarak Ideal Penanaman Rumput Gajah

Ada beberapa jarak yang bisa diterapkan yaitu dengan 30 cm, 40 cm dan 50 cm. Di antara ketiga jarak itu, jarak 50 cm berdasarkan hasilnya lebih baik karena dalam satu rumpun dalam usia 2 bulan ada 30 batang yang tumbuh.

Awal menanam hanya satu batang satu jengkal dengan posisi tanam ditidurkan lalu di tabur tanah. Kalau di tancapkan berdiri besar kemungkinan tunas bawah tidak tumbuh.

Dengan jarak 30 cm terlalu rapat yang menyebabkan rumpun tidak bisa berkembang secara optimal dan terlalu rimbun.

Perawatan Rumput Gajah

Pupuk

Dalam minggu awal baiknya diberikan pupuk 2x sekali. Yang pertama pupuk menggunakan urea za, bisa ditambah npk di tambah dengan pupuk kompos kandang kotoran sapi ataupun ayam.

Rumput gajah ini pada umur 60 hari sudah bisa di panen jika penanaman pertama kali, jika untuk kedua kalinya bisa 1,5 bulan. Untuk mencapai hasil yang baik diutamakan perawatannya.

Cara Menanam Rumput Gajah

Cara penanamannya hampir sama seperti menanam jagung dengan menggemburkan tanah lalu di beri pupuk.

Walaupun jika hanya di tanam begitu saja akan tetap tumbuh tetapi pertumbuhan akan berbeda.

Tempat bertumbuhnya tunas akan tumbuh dan kembang semua jika dengan membiarkan batang rumput gajah di tanam dengan ditidurkan.

Ciri-Ciri Rumput Gajah

Rumput gajah memiliki jarak antara mata tunas yang lebih panjang dari pada rumput odot. Rumput gajah juga relatif tinggi, berkisar antara 1,5 meter.

manfaat rumput gajah dan cara menanamnya

Di lihat dari daunnya jika di pegang sudah sedikit kasar dan daunnya relatif panjang.

Rumput gajah banyak di temukan di Indonesia dan Afrika karena ketahanannya terhadap cuaca panas.

Adapun ciri-ciri rumput gajah antara lain :

  • Tumbuh tegak lurus
  • Merumpun lebat
  • Tinggi tanaman bisa mencapai 6-7 meter,
  • Berbatang tebal dan keras.

Semoga artikel manfaat rumput gajah dan cara menanamnya ini bermanfaat. Terimakasih.

Tagged in:
,

About the Author

Peternak

Berbagi Informasi mulai dari Cara Mengobati Ayam, Harga Ayam, Manajemen, Kesehatan Ayam, Berbagai macam penyakit, dan info-info menarik lainnya.

View All Articles