Madu adalah bahan makanan pengganti gula yang alami. Madu adalah cairan yang mirip dengan sirup dengan tekstur yang lebih kental, kandungan gula pada madu di dominasi oleh fruktosa yaitu gula alami yang biasa kita temukan pada buah-buahan yang memiliki rasa manis di banding dengan pemanis buatan. Pasti sudah banyak yang tau kalau madu di hasilkan oleh lebah. Dari dulu madu juga digunakan sebagai pemanis atau penambah rasa. Berikut akan di bahas manfaat madu serta cara membedakan madu asli dan palsu.

Manfaat Madu

Manfaat Madu

Manfaat madu bisa kita rasakan mulai dari manfaat kesehatan hingga kecantikan yang akan di bahas satu persatu.

Menghilangkan Jerawat

Mamfaat Madu Serta Cara Membedakan Madu Asli Dan Palsu

Bisa untuk menghilangkan jerawat karena madu mengandung senyawa bakteri yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat sekaligus mengurangi radang dan kemerahan pada kulit wajah. Cara pemakaiannya hanya dengan mengoleskan madu secara teratur selama 15 menit ke wajah kemudian bilas dengan air hangat.

Meredakan Batuk

Mamfaat Madu Serta Cara Membedakan Madu Asli Dan Palsu

Madu juga ternyata bisa menjadi obat alami yang meredakan batuk. Seorang ilmuan memberitahukan hasil penelitiannya bahwa madu dapat mengatasi batuk pada anak-anak yang menderita infeksi saluran nafas bagian atas jika diberikan selama 7 hari berturut-turut. Efek yang diberikan madu sama dengan obat batuk yang mengandung Dextromethorphan.

Meningkatkan Stamina

Meningkatkan Stamina

Rutinlah mengkonsumsi satu sendok madu di pagi hari karena kandungan alami karbohidrat dan gula sehat di dalam madu akan memberi energi boost untuk anda.

Melembabkan Kulit dan Bibir

Mamfaat Madu Serta Cara Membedakan Madu Asli Dan Palsu

Kemampuan pelembab alami yang dimiliki oleh madu menjadikannya populer sebagai bahan utama produk pelembab kulit termasuk limpbown yang mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Cara menggunakannya bisa dengan mencampur madu dengan sabun atau lulur tubuh yang biasa kalian pakai atau gunakan sebelum mandi. Untuk pelembab bibir oleskan madu pada bibir yang kering sebelum tidur.

Cara Membedakan Madu Asli Dan Palsu

Cara Membedakan Madu Asli Dan Palsu

Sebenarnya sudah banyak yang sadar akan manfaat madu hanya saja masih banyak yang takut untuk mengkonsumsinya karena banyak sekali madu palsu yang beredar di pasaran. Berikut cara membedakan madu yang asli dengan madu palsu

Warna

Untuk membedakan madu murni dan madu palsu dimulai dengan cara yang paling mudah yaitu melihat warna nya. Madu asli mempunyai warna yang lebih pekat berbeda dengan madu campuran yang berwarna lebih terang karena di campur dengan air dan gula.

Meneteskan Madu Di Atas Kertas

Gunakan kertas sebagai alat bantu pengujinya dengan meneteskan 3-5 tetes kebatasnya, tunggu dan diamkan sekitar 5 menit. Apabila setelah 5 menit kertas tidak basah maka madu tersebut adalah madu murni. Tapi apabila kertas basah bahkan hingga berlubang berarti madu tersebut tidak asli karena sudah tercampur dengan air. Madu murni memiliki kekentalan yang cukup pekat dan tidak mengandung air.

Membakarnya

Uji coba lain yang bisa dilakukan adalah dengan membakarnya, kita bisa menggunakan korek api kayu yang di lumuri madu. Nyalakan korek api kayu jika berhasil menyala maka madu tersebut asli dan sebaliknya.

Memasukkan Kedalam Air

Masukkan satu sendok makan madu kedalam segelas air jika tidak larut dalam air dan terpisah layaknya air dan minyak berarti madu tersebut adalah madu murni.

Sekarang sudah tau manfaat madu serta cara membedakan madu asli dan palsu. Jadi tidak ada alasan lagi untuk tidak menjadikan madu sumber kesehatan.

Tagged in:

,

About the Author

Peternak

Berbagi Informasi mulai dari Cara Mengobati Ayam, Harga Ayam, Manajemen, Kesehatan Ayam, Berbagai macam penyakit, dan info-info menarik lainnya.

View All Articles