Manfaat Lidah Buaya

Banyaknya produk-produk Indonesia yang menggunakan lidah buaya saat ini di penuhi dari import luar negeri yg sejatinya bisa di penuhi dalam negeri. Manfaat lidah buaya sangat banyak, untuk kesehatan bisa di konsumsi mulai dari kulit hingga dagingnya.

Teknik pemotongan saat panen lidah buaya yaitu dari ujung atau pangkal pelepahnya di potong sedikit menggunakan pisau kemudian di putar dan di tarik, sehingga tidak terbuang daging dari lidah buayanya. 1 batang yang memenuhi sudah layak atau tidaknya di panen saat memiliki berat minimal 500 gr, jika sudah mencapai 1 kg harus segera di ambil agar tidak busuk nantinya.

Manfaat Lidah Buaya

Umumnya lidah buaya bisa panen 1 tahun sekali, dan proses panennya hanya daun yang sudah mencapai minimal 500 gr. Yang biasanya dalam satu pohon di ambil 3-4 daun lidah buaya, daun yg belum memenuhi akan di panen berikutnya.

Sebagian masyarakat mengetahui manfaat lidah buaya hanya untuk rambut dan untuk kulit. Tetapi sejatinya bisa untuk berbagai macam makanan. Dikarenakan Indonesia belum mempunyai teknologi mengubah tanaman lidah buaya menjadi ekstrak untuk di jadikan produk kosmetik, obat dan minuman permintaan pasar jadi tidak terpenuhi lokal.

Lidah Buaya Untuk Obat Demam dan Pencernaan

  • Lidah buaya yang sudah di cuci.
  • Taburkan garam agat lendir hilang jika ingin mengkonsumsi dalam jumlah banyak.
  • Kemudian di kupas.
  • Di campurkan madu.
  • Diminum sebelum tidur dan sesudah tidur dengan perut kosong sebelum masuk makanan.

Kulit Lidah Buaya

Dimulai dari kulitnya dikeringkan lalu jemur dan potong-potong kecil dan di jadikan ekstrak mempunyai manfaat melancarkan pencernaan.

Lendir Lidah Buaya

Lendirnya sendiri dapat di manfaatkan untuk pengawet buah-buahan agar tidak cepat busuk dengan mengoleskan lendir lidah buaya.

Daging Lidah Buaya

  1. Membantu menyeimbangkan ph tubuh agar tidak terlalu basa ataupun asam.
  2. Membantu melancarkan pencernaan.
  3. Membantu detoxsifikasi dalam tubuh.
  4. Membantu menjaga metabolisme tubuh.
  5. Di manfaatkan untuk produk kecantikan.
  6. Mengobati berbagai masalah pada wajah dan kulit.
  7. Sebagai penyubur rambut.

Tanaman Lidah Buaya Rumahan

Lidah buaya atau aloe vera dapat di tanam di rumah dengan menggunakan pot dan hasilnya lebih baik pohonnya, hasilnya juga dapat di konsumsi sehari-hari serta menjadi tanaman hias rumahan.

Pupuk Tanaman Lidah Buaya

Untuk budidaya tanaman lidah buaya pupuknya dapat memanfaatkan sekam, kotoran sapi/kambing dengan 2:1 dengan takaran 1 pohon diberi 1 kg pupuk, dimana fungsi sekam membantu proses penyerapan air. Proses pemupukan di lakukan minimal 3 bulan sekali dengan metode tanpa tanah sekitar pohon di keruk sebisa mungkin tanpa menggunakan cangkul karena pohon lidah buaya tergolong mudah patah.

Demikian artikel mengenai manfaat lidah buaya, semoga bermanfaat. Terimakasih.

Tagged in:

,

About the Author

Peternak

Berbagi Informasi mulai dari Cara Mengobati Ayam, Harga Ayam, Manajemen, Kesehatan Ayam, Berbagai macam penyakit, dan info-info menarik lainnya.

View All Articles