Manfaat Daging Ayam

Selama ini postingan sebelum-sebelumnya mengenai bagaimana menghemat pakan untuk menghasilkan daging yang baik dan cara budidaya ayam broiler dari mulai DOC hingga panen, yang tidak luput dari Penyakit dan Bio Securitynya sebagai peternak.

Di samping itu ternak ayam pedaging yang selama ini kita pelihara ternyata memiliki manfaat yang begitu banyak dan juga menjadi penyumbang terbesar dalam pemenuhan kebutuhan protein khususnya di Indonesia.

Kali ini kita akan membahas manfaat daging ayam, kandungan gizi yang terkandung di dalamnya, serta kandungan protein pada ayam potong yang diharapkan ketika tahu manfaatnya maka membantu dan meningkatkan konsumsi masyarakat Indonesia.

Tentunya yang sebelumnya masyarakat makan daging ayam sebulan sekali kini bisa menjadi seminggu sekali yang berdampak pada daya beli di pasar dan harga yang stabil nantinya. Tentunya dengan dukungan pemerintah dalam mengontrol mafia yang bermain di pasar dan membatasi perusahaan membangun internal pedagingnya.

Manfaat Daging Ayam

Untuk memenuhi dan mencukupi kebutuhan protein

Tubuh yang setiap harinya selalu beraktifitas tentunya mengeluarkan banyak energi, jika asupan makanan yang masuk tidak bisa mencukupi kebutuhan yang di perlukan tubuh, maka kita akan merasakan tubuh kita mulai tidak fokus, tidak bersemangat dan lainnya.

Protein di dalam tubuh berguna menjaga jaringan-jaringan tubuh seperti mata, otot, kulit dan masih banyak lainnya. Sebagian mengatakan protein adalah sebagai pondasi atau zat untuk pembangunan tubuh.

Energi bagi tubuh

Seperti Karbohidrat, protein memiliki fungsi yang sama yaitu menjadi sumber energi untuk tubuh. Energi yang berlebih maka akan di bentuk menjadi lemak dan menjadi cadangan untuk tubuh kita.

Metabolisme

Berhubungan dengan PH yang perlu di jaga dalam tubuh yang nantinya jika PH tidak stabil maka akan berdampak kepada pembentukan metabolisme di dalam tubuh.

Membantu Hemoglobin

Hemoglobin akan diikiat dengan bantuan protein serta dengan bantuan protein juga akan mengangkut oksigen di dalam darah. Nantinya akan memperlancar proses pelepasan oksigen ke seluruh tubuh.

Kandungan Gizi Daging Ayam

Menurut sumber dari Ditjenak (2001) di dalam 100 gram daging ayam yang kita konsumsi memiliki kandungan Protein, Lemak, Kalsium, Fosfor, Besi, Vitamin B1, Air dan Kalori masing-masing sebesar

    • 18,20 gr (Protein)
    • 25 gr (Lemak)
    • 14 mg (Kalsium)
    • 200 mg (Fosfor)
    • 1,50 mg (Besi)
    • 0,08 mg (Vitamin B1)
    • 55,90 gr (Air)
    • 302 kkal (Kalori)

kandungan protein daging ayam termasuk besar sekitar 18,20 gr dalam 100 gram daging ayam. Jadi jika biasanya kita panen ayam di bobot 2 kg – up maka protein yang bisa di hasilkan satu ekor ayam (tidak termasuk jeroan) adalah 0,36 kg.

Jika peternak lokal kemitraan biasanya memelihara minimal 1500 ekor maka satu kandang sudah bisa menghasilkan 546 kg protein.

Dengan kebutuhan protein pada Manusia jenis kelamin laki-laki sekitar 60 gr dan wanita 45-50 gram per harinya. Maka ayam 1500 ekor bisa mencukupi kebutuhan untuk 300 laki2 dewasa selama 30 hari.

Tetapi tentunya biasanya ketika memakan ayam masyarakat tidak menghitung kebutuhan gizi dan dalam jumlah banyak di hari tertentu.

Semoga Artikel Manfaat Daging Ayam ini bermanfaat. Terima kasih.

Tagged in:

,

About the Author

Peternak

Berbagi Informasi mulai dari Cara Mengobati Ayam, Harga Ayam, Manajemen, Kesehatan Ayam, Berbagai macam penyakit, dan info-info menarik lainnya.

View All Articles