Assalamualaikum wr wb,

Kali ini kita akan membahas tentang apa itu dan pengertian dari manejemen brooding, artikel lanjutannya sudah saya post seperti Broodingan Bulat atau Kotak dan model-model tirai di broodingan yang membuat kamu semakin paham pentingnya manajemen broodingan dan siap untuk upgrade manejemen.

 

Tembolok Ayam Terisi

Apa itu Brooding, Apa tujuan brooding, dan mengapa brooding itu sangat penting akan kita bahas di artikel ini dengan gamblang, yang pertama mungkin apa itu masa brooding, masa brooding adalah masa pemeliharaan dari DOC sampai lepas pemanas, yang dimana rata-rata dan amannya pemanas di lepas menjelang dan sampai usia 21 hari. Tetapi ini kondisional dengan melihat suhu lingkungan, jika lebih dingin pastinya pemanas akan di pakai lebih lama. Lalu bagaimana jika di daerah panas apakah masa brooding akan lebih cepat dari 21 hari. Jawabannya bias saja akan tetapi melihat kondisi malam hari yang bias dikatakan dingin menjadikan kita harus tetap memakai pemanas, tidak mau kan kalua ayam nantinya bergerombol, tidak makan, dan bobot jadi telat dan terlebih suhu dingin akan memicu pakan yang masuk di optimalkan ke bulu bukan ke daging.

Tujuan Brooding, Brooding sebenarnya adalah pengganti indukan atau indukan buatan, sebagaimana indukan buatan yang melindungi anak ayam dari panas, hujan, angina dan memberi rasa nyaman ke pada anak ayam itu sendiri. Sehingga di masa awal DOC bias berkembang dan memiliki ferpormance yang bagus untuk di minggu-minggu selanjutnya. Dimana kita ketahui di minggu awal merupakan kunci keberhasilan dan pondasi yang kuat untuk mencapai ferpormance terbaik di minggu-minggu berikutnya.

Dan yang terakhir akan kita bahas adalah mengapa manajemen brooding itu sangat penting yaitu

  • Di minggu-minggu awal berkembangnya organ pencernaan dan juga perkembangan sel, bias di bayangkan jika anak-anak tidak kita berikan yang terbaik di awal, misalnya kedinginan lalu makan kurang, pastinya pertumbuhan untuk kedepannya akan sangat sulit berkembang, banyak orang tua menghabiskan dana lebih untuk di masa kanak-kanak atau pun masa emas nya. Begitu juga pada anak ayam.
  • Bagus tidaknya performance ayam di akhir di tentukan di masa brooding, bayangkan jika di minggu awal hanya tercapai 4x dari bobot awal atau hanya 160 gram, mungkinkah bias mencapai 1 kg di umur 21 hari?
  • Jika broodingan nyaman, suhu tercukupi, oksigen tercukupi selama 24 jam, yang hal ini di bias dilihat dari sebaran ayam di kendang pada malam hari dan siang nya dan juga makannya yang sesuai standar tentu bobot dan hasilnya akan optimal.

Nah itu td pengertian Brooding, Apa pentingnya dan tujuan kita membuat brooding, share untuk membantu peternak broiler lainnya mendapatkan hasil manajemen. Sudah Siap Upgrade Manajemen?

Tagged in:

,

About the Author

Peternak

Berbagi Informasi mulai dari Cara Mengobati Ayam, Harga Ayam, Manajemen, Kesehatan Ayam, Berbagai macam penyakit, dan info-info menarik lainnya.

View All Articles