Bagi peternak ayam broiler, istilah kemitraan sangat tidak asing di telinga. Beternak ayam broiler ayam broiler mandiri dan kemitraan adalah 2 cara beternak ayam broiler.

Kemitraan Ayam broiler berbentuk badan usaha bisa Perseroan terbatas atau CV. Kita akan bahas lengkap dan tuntas tentang kemitraan ayam broiler, mulai dari syarat untuk bergabung, keuntungan ikut PT, kerugian ikut kemitraan, macam-macam nama kemitraan yang ada di Indonesia.

Kemitraan ayam sendiri dalam hal ini memfasilitasi dan mendatangkan modal semisal obat, pakan, dan bibit dari mereka sendiri dan peternak menyediakan kandang dan jasa merawat nya.

Biasanya nantinya dari hasil daging yang di dapat peternak dalam jumlah kg atau tonase di kalikan dengan harga kontrak yang telah di sepakati di awal, termasuk harga DOC dan pakan dan harga daging. Jika jumlah tonase daging lebih banyak dari jumlah modal DOC, pakan dan OVK maka peternak akan mendapat keuntungannya dari selisih hitungan tersebut.

Syarat Gabung Kemitraan Ayam Broiler

Beberapa perusahaan kemitraan kadang berbeda-beda syarat gabungnya tapi secara umum adalah sebagai berikut

  1. Fotocopy KTP, KK, Buku Tabungan Rekening.
  2. Jaminan berupa BPKB motor atau surat tanah. Biasanya usia pabrikan motor di batasin untuk pembuatan 2010 ke atas tp ini kembali lg pada kebijakan perusahaan masing-masing.
  3. Kandang Populasi minimal 1.500 ekor.
  4. Menandatangani perjanjian kerjasama, yg intinya di larang menambah dan menjual sapronak perusahaan, harga kontrak daging dan pakan serta OVK yang di sepakati.

Keuntungan Ikut Kemitraan Ayam Broiler

Kemitraan Ayam Broiler

Dalam hal ini kenapa kemitraan kemudian menjamur tumbuh subur di hampir seluruh wilayah Indonesian karena kemitraan di minati peternak lokal karena tidak memikirkan anggaran Sapronak. Kelebihan lainnya adalah

  • Tidak takut akan turunnya harga jual sewaktu-waktu yang dapat di bawah hpp
  • Sapronak juga sudah jelas dan di tanggung oleh kemitraan.
  • Ada pengawas lapangan yang membantu untuk penyuluhan dan manajemen kandang.
  • Penjualan juga sudah di atur dari pihak perusahaan

Adapun kelemahan dalam kemitraan ayam broiler adalah

  • Karena Sapronak sudah di atur terkadang, bibit yang datang kurang baik, begitu juga kualitas pakan yang belum tentu bagus karena kemitraan juga mendapatkan keuntungan dari harga bibit dan pakan yang di bawah harga kontrak.
  • Panen yang di atur oleh perusahaan terkadang membuat ayam yang harusnya mendapatkan keuntungan jd merugi karena telat panen yang disebabkan over suplai sehingga perusahaan harus menahan stok ayamnya.

Macam-macam Nama Kemitraan Ayam Broiler di Indonesia

Pokphand yang terkenal dengan lambang singanya ini adalah pelopor kemitraan pertama di Indonesia sekaligus perusahaan Pakan dan bibit tertua di Indonesia. Dulu perusahaan ini sampai berani memberi pinjaman untuk membangun kandang clouse house dengan di kontrak berpuluh-puluh tahun untuk tidak pindah perusahaan.

Umunya kemitraan ini cukup bagus dalam pakan dan bibitnya, hanya kontrak daging yg rendah pd umumnya. Pakannya bermacam-macam 711,611 dan lainnya, sedangkan DOC nya dinamakan CP-707

Japfa Comfed atau di kenal dengan Ciomas adalah kemitraan Ayam Broiler nomor dua sesudah Pokphand, pakannya comfeed serta DOC nya yang terkenal MB Platinum dan Gold.

Sedangkan kemitraan lainnya adalah kemitraan yg baru berkembang yang hanya punya pakan sendiri tetapi tidak punya hatchery atau tetasan DOC atau sebaliknya, atau tidak punya dua-duanya tetapi menjalin kerjasama dengan pabrikan pakan dan bibit, seperti kemitraan ayam Sido Agung, Anjawani, Mustika, RPB, Amanah, TMA, GBU, RMB, Saliman, dan masih banyak lainnya.

Tagged in:

,

About the Author

Peternak

Berbagi Informasi mulai dari Cara Mengobati Ayam, Harga Ayam, Manajemen, Kesehatan Ayam, Berbagai macam penyakit, dan info-info menarik lainnya.

View All Articles