Pentingnya kebutuhan air minum dan tempat minum menentukan keberhasilan dari budidaya ayam broiler, sebagaimana kita ketahui air menempati posisi ke empat dari 5 hal yang sangat perlu di perhatikan, tidak hanya kebutuhan air minumnya, jumlah tempat minumnya pun menjadi hal yang akan kita bahas pada postingan kali ini agar tidak adanya ayam yang berebutan air minum karena sedikitnya tempat pakan yang ada di dalam kandang.

Adapun beberapa tempat minum yang biasa di gunakan peternak dapat di liat di artikel ini.

Air minum harus selalu tersedia setiap saat untuk broiler dengan kualitas air minum yang baik dan bebas dari Salmonella, E. Colli dan bakteri patogen lainnya. Kekurangan persediaan air minum, baik dalam jumlah, penyebaran, serta jumlah tempat minum dan konsumsinya dapat mempengaruhi proses pertumbuhan.

Pada saat ayam datang, berikan larutan gula 1%, atau yang terbaru vitamin yang bisa langsung di jadikan energi semisal Adenosine Triphosphate paling lama 2-3 jam pertama serta berikan antibiotik pada hari-1 hingga hari ke-3 di saat pagi hari (paling lama 5-6 jam) dan bersihkan vitamin pada saat sore hari.

Air harus selalu bersih dan segar dan di lakukan test secara teratur terhadap kandungan zat kimia dan komposisi bakteriologis (6 bulan sekali). Untuk menjaga air dalam kondisi normal, gunakan 3-5 ppm chlorine untuk mengurangi masalah Salmonella, E. Colli dan bakteri patogen lainnya.

1. Ketinggian tempat air minum untuk ayam broiler

Tempat air minum harus selalu di cek ketinggiannya setiap hari. Pada umur 18 hari di atur ketinggiannya bibir tempat minum sejajar dengan punggung ayam.

Kandang yang menggunakan nipplle harus disesuaikan secara sentral menggunakan kerekan (handwind) sehingga ayam dapat minum dengan mengangkat kepala 35-45° terhadap nipple.

2. Level air minum

Ketinggian air minum sebaiknya 0,6 cm di bawah tutup tempat minum sampai dengan 7-10 hari dan harus ada air di dasar tempat minum dengan ketinggian 0,6 cm sejak hari ke-10 dan selanjutnya. Pengeluaran air dari nipple minimal 80 ml per menit dengan tekanan 30-40 cm water coloum

3. Kualitas air minum

Kualitas air minum sangat penting karena ayam minum 2-2,5 kali dari jumlah pakan yang di konsumsinya. Lakukan analisa kualitas air minum dua kali setahun untuk memastikan bahwa air minum tersebut masih layak dikonsumsi di tinjau dari kandungan mineral, bahkan organik dan bakteri.

Kebutuhan Tempat Minum untuk 500 Ekor

Di ambil dari standar PT Charoen Pokphand Indonesia, Tbk

Demikian lah Artikel kebutuhan tempat minum dan air minum ayam broiler, serta standar kebutuhan tempat pakan untuk ayam broiler.

Tagged in:

, ,

About the Author

Peternak

Berbagi Informasi mulai dari Cara Mengobati Ayam, Harga Ayam, Manajemen, Kesehatan Ayam, Berbagai macam penyakit, dan info-info menarik lainnya.

View All Articles