Kambing Etawa Senduro

Berada di bawah kaki Gunung Semeru, Lumajang tak hanya kaya akan hasil pertanian hewan ternak pun beranak pinak karena ketersediaan pakan yg berlimpah ruah. Salah satu keunggulan disini adalah kambing etawa senduro. Berikut akan kita bahas selengkapnya.

Di apit Gunung Semeru, Bromo dan juga Gunung Lemongan, Lumajang adalah wilayah dataran subur ditengah aliran air yang melimpah. Tak cuma hasil pertanian, Lumajang adalah salah satu penghasil kambing terbesar di Jawa Timur. Tidak hanya itu spesies kambing asal Lumajanh telah di akui punya beragam kelebihan salah satunya adalah kambing etawa khas senduro Lumajang.

Ciri Kambing Etawa Senduro

Kambing senduro merupakan persilangan antara kambing jenis etawa yang berasal dari India dengan kambing jenis yg ada di kawasan senduro. Warna putih tanpa tanduk, serta postur tubuh kambing lebih panjang dan tinggi dari pada umumnya. Tak jarang karena ukurannya yg super besar etawa senduro kerap memenangi berbagai kontest kambing.

Tak sekedar komoditas kontes, kambing senduro juga memiliki manfaat lain. Salah satunya adalah susu kambing senduro. Kambing senduro memiliki bentuk ambing yg mirip dengan ambing sapi. Mempunyai kantong kapur yg kuat hal ini memberikan ketahanan serta produk yg maksimal saat kambing di perah.

Susu Kambing Senduro

Di perah setiap pagi dan sore. Satu kambing bisa menghasilkan 1,5 lt susu setiap harinya. Sebelum memerah susu kambing, kandang haruslah bersih. Tak cuman kandang, ambing dan puting kambing harus steril agar susu yg dihasilkan tidak berbau.

Dalam memerah susu kambing ada teknik tersendirinya yaitu jepit dengan jempol dan telunjuk pada pangkal ambing untuk menghari susu kembali ke atas. Setelah itu mengikuti jari-jari yg lain dalam memerah. Sedikit tips dalam memerah susu yaitu memperhatikan kaki kambing, hal ini karena kambing kerap berontak karena risih usai melahirkan.

Kambing Senduro

Manfaat Susu Kambing Etawa Senduro

  1. Susu kambing senduro memiliki berbagai macam manfaat untuk kesehatan juga sebagai obat untuk penyakit asma.
  2. Susu kambing juga membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

Susu segar yang di perah memiliki sifat penyerap bau, jika kandang kotor dan berbau susu yg dihasilkan akan bau, sebaliknya jika bersih susu akan bebas dari bau.

Selain susu segar variant yg dapat dihasilkan dari olahan susu diantaranya yoghurt dan juga kefir. Awalnya susu di masak terlebih dahulu dengan cata pasteurisasi untuk menghilangkan bakteri yg merugikan, lalu diamkan dan diberi bibit yoghurt selama 8 jam dan diberi berbagai macam rasa seperti nanas, anggur dan rasa lainnya.

Setelah di kemas yoghurt ini disimpan kedalam pendingin sebelum di pasarkan. Produk lainnya yaitu masker wajah dan juga sabun.

Beragam keunggulan yang di miliki kambing senduro menjadikannya primadona bagi peternak Lumajang.

Tagged in:

,

About the Author

Peternak

Berbagi Informasi mulai dari Cara Mengobati Ayam, Harga Ayam, Manajemen, Kesehatan Ayam, Berbagai macam penyakit, dan info-info menarik lainnya.

View All Articles