Jenis unggas pedaging Unggas adalah istilah untuk hewan ternak kecil sekelompok dengan burung yang di ternakkan untuk di mamfaatkan dan di ambil hasilnya biasanya berupa telur dan daging. Belakangan ini banyak jenis unggas yg berkembang dan telah mengalami silang genetik untuk mendapatkan bibit unggul yang mampu memberikan keuntungan lebih, jenis unggas pedaging yang di ternakkan di masyarakat dan kelebihannya akan kita bahas disini.

Jenis Unggas Pedaging dan Petelur

Beberapa di antaranya adalah ayam kampung, ayam pejantan, ayam pedaging (broiler), ayam kub, itik alabio, itik mojosari, bebek peking, burung puyuh dan lainnya.

Ayam Kampung

Ayam kampung adalah ayam yang paling banyak di budidayakan di Indonesia, meski bukan dalam jumlah yg besar di desa-desa hampir dominan ada ayam kampung yang dipelihara. Ayam kampung cenderung memiliki daya tahan tubuh yang kuat dan tidak memerlukan pakan dan manajemen yang seribet ayam pedaging. Ayam kampung di mamfaatkan telur dan dagingnya. Umumnya ayam kampung bertelur usia ayam mencapai 6 bulan keatas,  dan mulai bisa di konsumsi di usia ayam 8-12 bulan.

Kebanyakan sistem pelihara ayam kampung adalah umbaran karena pertumbuhan nya yang lambat akan rugi jika di pelihara dengan mengurungnya 24 jam dan memberi pakan sendiri.

Ayam PejantanJenis unggas pedaging

Ayam pejantan adalah ayam yang berasal dari bibit indukan ayam petelur yang tergolong afkir yang dipisahkan karena ini termasuk ayam pejantan dan bukan jenis petelur yang telah di sortir.

Ayam pejantan lebih cepat pertumbuhannya dari pada ayam kampung. Di umur 60 hari ayam pejantam sudah ada yang mencapai bobot 0,8-1,0 kgan. Dengan daging yang lebih rendah lemak dan lebih mirip dengan ayam kampung. Ayam pejantan menjadi alternatif pemeliharaan dari pada ayam kampung.

Ayam Broiler atau Pedaging

Ayam broiler adalah ayam yang paling cepat pertumbuhannya dari jenis unggas lainnya. Di ayam broiler modern di umur 32 hari bahkan sudah mencapai bobot 2kg up. Untuk lebih jelasnya tentang ayam broiler ini silahkan baca artikelnya disini. Kelebihan jenis unggas pedaging ini adalah umur yang cepat dalam budidaya nya serta banyaknya kemitraan yang menyediakan DOC serta pakannya.

Ayam KUB

Ayam KUB adalah ayam unggul Balitbangtan yang di kembangkan oleh BPTP Balitbangtan yang mempunyai keunggulan bertelur pada umur 20-22 minggu dan bisa mencapai 160-180 butir/ekor/tahun. Dan mempunyai bobot di usia dewasa di 1,2-1,6 kg. Harga ayam ini juga lebih mahal dari ayam pedaging.

Itik

Jenis itik asli Indonesia dinamakan sesuai dengan tempat aslinya, contohnya itik alabio, dan itik mojosari yang terkenal karena pertumbuhannya dagingnya yang lebih cepat yang rata-rata berat badan nya ketika dewasa dapat mencapai 1,5 kg.

Bebek Peking

Bebek peking yang berasal dari cina ini memiliki keunggalan yang tidak kalah cepat bersaing dengan dengan ayam broiler. Di umurnya yg 2 bulan bebek peking sudah bisa mencapai bobot 3 kg.

Istilah umur anak bebek hari pertama yaitu DOD adalah day of duck itu rata-rata mempunyai bobot 40 gram.  Memiliki ciri bulu putih, dada membusung, paruh dan kaki kuning serta ekor dan sayap yang pendek.

Burung Puyuh

Umunya burung puyuh bertelur sejak memasuki umur 35-45 hari dan mulai afkir atau berhenti bertelur ketika memasuki usia 1-1,5 tahun. Burung puyuh memiliki suara ciri khas seperti burung pada umunya. Ketika memasuki masa afkir burung puyuh dimamfaatkan dagingnya 109-122 gram.

Rata-rata produksi telur puyuh mencapai 200-300/ekor/tahunnya.

Itu adalah beberapa jenis unggas pedaging dan petelur yang tidak hanya dagingnya yang bisa kita mamfaatkan beberapa juga menghasilkan telur dalam perjalanan produksinya. Semoga bermamfaat.

Tagged in:

, ,

About the Author

Peternak

Berbagi Informasi mulai dari Cara Mengobati Ayam, Harga Ayam, Manajemen, Kesehatan Ayam, Berbagai macam penyakit, dan info-info menarik lainnya.

View All Articles