Assalamualaikum wr wb, kembali lg berjumpa dengan admin. Di artikel kali ini admin akan membahas tentang berbagai macam jenis tempat pakan ayam broiler yang beredar di pasaran dan di lapangan yang sudah admin temukan belakangan ini. Mau tau apa saja, yuk lanjutkan bacanya

 

Tempat Pakan Ayam

  • Model tempat air minum yang di modifikasi menjadi tempat pakan ini, biasanya ditemukan dari upgrade atau pergantian tempat minum menjadi nipple dan alhasil tempat minum tidak terpakai dan mencullah ide untuk memanfaatkannya menjadi tempat pakan, di beberapa daerah laiinya ada yang membuat ember chick, yaitu ember di bolongi di bagian bawahnya hanya tersisa untuk masuk kepala anak ayam yang mirip seperti baby chick.
  • Super Feeder memliki lebih banyak kelebihan, diantaranya bias di gunakan dari masa awal DOC sampai ayam panen, harga di lapangan ini bias di temukan dengan harga berikisar 20-25 rb/itemnya. Tetapi perlu di ingat di masa awal jangan memberikan pakan ayam sampai full, tetap harus sesering mungkin memberinya untuk membantu nafsu makan ayam di usia kecil dan tentukan jika di beri full mau sampai berapa hari baru habis dan menurunkan kualitas pakan itu sendiri.
 
  • Kardus DOC masih sering di gunakan di masa awal DOC sekaligus untuk menambah tempat pakan, Hal ini tidak menjadi masalah di karenakan masih cukup efisien, dengan syarat jangan sampai berhari-hari. Cukup 2-3 hari paling lama Box DOC harus sudah di angkat dan di buang.

 
  • Feeder Pan adalah tempat pakan ayam broiler yang sudah otomatis, ini biasanya kita temukan di kendang yang bertipe clouse House dan yang untuk semi clouse house biasanya belum menggunakan ini.

 
  • Baby Chick yang ada sudah sangat sering kita temui yang bila sering habis kita bias memutar-mutar wadah atas nya agar pakan turun kembali ke bawah sekaligus merangsang nafsu makan anak ayam, Harga baby chick di lapangan berkisar di antar 10-15 rb/ item nya.

 
  • Tempat pakan ayam di bagi menjadi tiga, yang di gambar tempat pakan ayam yang memang disediakan untuk anak ayam awal, ada juga tempat pakan ayam ukuran 3 kg, dan terakhir 5 kg, kalua untuk yang kapasitas 5 kg sendiri di pasaran bias kita temukan dengan harga 15-18 rb/ item nya.

Nah, itu tadi beberapa tempat pakan ayam broiler, mulai dari tempat pakan modifikasi peternak, baby chick, BOX DOC, Feeder Pan, Super Feeder dan tempat pakan biasa, di keantara semua itu memiliki keunggulannya masing-masing, tetapi untuk di awal sering-sering lah memberi pakan ke anak ayam. Jika masih ada yang kurang jelas silahkan di tanya di kolom komentar

About the Author

Peternak

Berbagi Informasi mulai dari Cara Mengobati Ayam, Harga Ayam, Manajemen, Kesehatan Ayam, Berbagai macam penyakit, dan info-info menarik lainnya.

View All Articles