Jenis potongan Ayam

Di dalam dunia unggas khususnya ayam yang permintaannya banyak, bahkan di kota-kota besar yang meminta potongan-potongan daging tertentu dalam pesanannya menjadikan kita harus lebih paham apa-apa saja jenis potongan ayam ini.

Meskipun ayam tergolong hewan kecil berbeda dengan ternak besar yang lebih kompleks di ayam juga terdapat istilah karkas yaitu daging ayam yang telah dipisahkan bulunya, kepala juga kaki, serta jeroan atau organ dalam ayamnya. Organ dalam ayam disini bisa meliputi jantung, hati, ampela, usus, dan organ dalam lainnya.

Yup kembali ke topik awal, bagi kita yang akab memulai Bisnis Usaha Ayam Potong, sebaiknya mulai mempelajari bagian-bagian ayam ini, karena harganya yang berbeda-beda juga bisa menyasar konsumen yang berbeda-beda.

Jenis-Jenis Potongan Ayam

Jenis potongan Ayam

Whole chicken

Istilah ini di pakai untuk ayam satu ekor yang masih utuh tentunya tanpa karkas, jenis ini menyasar ke pasar ayam keluarga yang menyajikan porsi keluarga dan lebih hemat serta porsi besar. Karena ayam utuh nantinya kita bisa memilih mengambil bagian mana saja yg kita suka untuk di makan.

Halves

Secara simetris ayam di potong atau di belah menjadi dua mulai dari tengah dada sampai ke ekor hingga masing-masing bagian menyisahkan satu bagian saja, misal paha, sayap, dada.

Breast Quarters

Istilah untuk separuh dada dan sayap, bedanya ini dengan halves breast quarters tanpa paha hanya dada dan sayapnya saja.

Split Breast

Split breast adalah potongan dada depan ayam yang utuh tanpa sayap dan paha yang di potong menjadi dua bagian.

Bonneles, Skinless Breast

Ini untuk istilah bagian dada tanpa adanya kulit serta tulang yang dihilangkan hingga hanya ada full daging. Umumnya masyarakat Indonesia masih bisa dihitung jari yg memesan ini di pasaran tetapi di hotel-hotel dan restaurant menu ini sudah ada.

8-Piece

Isitilahnya aym yang di potong-potong 2 paha, 2 sayap, 2 bagian dada, dan 2 punggungnya. Masyarakat Indonesia di pasar yang pling banyak memesan jenis potongan ayam ini.

Chicken leg

Ini merupakan istilah untuk ayam yang utuh tanpa karkas yang keseluruhannya di potong menjadi 4 bagian secara rata, bagian paha kanan-kiri sampai seperempat dada, lalu sayap kanan kiri sampai seperempat dada, biasanya ini di butuhkan untuk memasak dengan cara di tim dan casseroles, di tim dan casseroless hampir memiliki kesamaan dalan memasaknya yaitu memasak dengan memasukkannya ke dalam wadah tahan panas.

Drumstick

Drumstik ini hampir disukai oleh banyak konsumen yang memakan ayam, drumstik adalah istilah lain untuk paha ayam, tidak termasuk kaki ayam. Dengan masih adanya tulang dan lembutnya daging bagian paha ini membuatnya sangat diminati dan di jadikan banyak menu masakan.

Drumstick yang di gunakan dan di pakai dalam pembuatan ayam crispy biasanya ayam yang bobot hidup 1-1,5 kg an. Karena daging paha yang tidak terlalu besar ini membuatnya lebih cruncy dalam disantap.

Whole Chicken Wing

Pangkal sayap hingga ujung sayap yang utuh dan di potong san menjadi satuan tersendiri asalah istilah untuk whole chicken wing.

Wing Mid Section With Tip

Bagian sayap dari ujung sampai tengah di potong dan dari tengah ke pangkal juga di potong. 2 bagian ini adalah istilah untuk winf mid section with tip. 

Whole Chicken Leg

Paha atas sampai bawah sebelum kaki ayam adalah bagian dari potongan ayam ini, paha ini tidak di potong lg melainkan satu satuan atas sampai bawah.

Boneless, Chicken Leg

Lanjutan dari jenis di atas, bagian ini di proses dengan menghilangkan kulit serta tulang bagian paha nya.

Giblets

Istilah lain untuk jeroan yang umum di masyarakat, jeroan yaitu bagian-bagian organ dalam tubuh ayam seperti hati, ampela, jantung yang di jadikan satu. Bagian ini juga cukup di minati masyakarat pada umunya. Terutama ampela dan hatinya.

Itu adalah beberapa jenis potongan ayam pada umumnya, sebenarny masih banyk lagi istilah lainnya tetapi ini adalah beberapa di antaranya yang admin anggap sudah mewakili penggunannya di Indonesia khususnya. Silahkan share jika bermamfaat.

Tagged in:

,

About the Author

Peternak

Berbagi Informasi mulai dari Cara Mengobati Ayam, Harga Ayam, Manajemen, Kesehatan Ayam, Berbagai macam penyakit, dan info-info menarik lainnya.

View All Articles