Dalam budidaya selada umumnya hasil panennya sudah di pesan terlebih dahulu oleh restaurant dan hotel. Selada juga di hargai cukup tinggi di pasaran. Tanaman yang kaya akan kandungan dan manfaat ini ternyata memiliki jenis jenis selada yg berbeda-beda. Artikel kali ini kita akan membahasnya termasuk usia panen dan budidayanya.

Selada Iceberg

Iceberg merupakan varietas tanaman selada yang tumbuh dan hidup di udara dingin atau sejuk ini sesuai dengan namanya yakni iceberg atau gunung es. Selada ini memiliki kepala besar, rapat dan padat. Daunnya melebar berwarna hijau pudar, hingga hijau tua dengan tepi atau pinggiran daun bergerigi.

Teksturnya renyah, bahkan lebih renyah dari selada romaine dan sukuler. Selada iceberg merupakan jenis selada yang hingga kini paling banyakndi cari, ini dikarenakan iceberg merupakan tanaman yang mudah tumbuh baik di tanam secara tradisional maupun hidroponik.

Usia Panen

Umumnya tanaman iceberg dapat tumbuh hingga 30-40 cm. Masa panen selada ini berkisar 1 bulan dengan hasil panen yang dapat di andalkan berkisar 800-1.000 gr/pohon. Usia panennya berkisar 40-50 hari. Budidayanya di rekomendasikan ketinggian di atas 1.000 mdpl akan menghasilkan hasil yg maksimal.

Budidaya Selada Iceberg

Dalam budidaya ini kita harus memperhatikan 3 hal diantaranya yaitu

  • Ketinggian lahan,
  • Sinat matahari dapat masuk
  • Ketersediaan air yg cukup, ini merupakan hal yg vital dikarenakan lada iceberg tidak bisa hidup pada suhu panas, maka tanaman ini adalah tanaman yg dapat tumbuh sempurna di lokasi yg sejuk.

Untuk mendapatkan hasil panen yg renyah, manis, dan segar maka setidaknya lokasi penanamam minimal pada ketinggian 800mdpl. Sementara lokasi yg optimal adalah 1.100 mdpl.

Penanaman selada di bawah ketinggian 800 mdpl akan menyebabkan mekanisme selada untuk bertahan hidup untuk melindungi dirinya karena berada di suhu ambang batas dengan di tandai tanaman yg gagal membentuk rop dan cita rasanya menjadi pahit.

Kondisi lainnya yg di perlu di perhatikan adalah tanaman yg menghalangi selada dari sinar matahari. Dibeberapa lokasi meski berada di ketinggian yg cukup kerap tidak memiliki ketersedian air, solusinya adalah menciptakan sumber air. Baik melalui sumur pompa atau bak penampungan agar kita dapat menyiramnya setiap pagi dan ice berg akan tumbuh subur dengan harga jual yg saat ini berkisar 40-50 rb/kg.

Selada Romaine

Jenis jenis selada

Romaine adalah jenis selada yang baik untuk diet dan kesehatan mata serta kesehatan kulit. Bobot selada ini bisa mencapai 400 gr. Selada romaine juga terkenal renyah, dan tidak pahit, juga rendah serat.

Selada romaine dapat di panen berksar di antara 40-50 hari, ini mempunyai klasifikasi :

Divisi : Tanaman berbiji

Subdivisi : Biji berada di dalam tubuh

Class : Biji berkeping dua atau biji-bijian.

Selada Lolorosa

Nama lain dari selada merah atau selada lolorosa ini sebagian orang masih jarang melihatnya. Warna merah nya berada pada ujung-ujungnya saja dan bisa dijadikan sayur pelengkap.

Kandungan Salada Merah

Selada merah merupakan varietas baru yang di kembangkan petani. Mempunyai kandungan gizi yang tidah kalah dengan selada hijau di antaranya ada kandungan vitamin komplek yg cukup lengkap, kaya akan protein, beta carotein juga mineral seperti kalium, zat besi, asam folat dan mengandung serat yang bagus untuk pencernaan tubuh.

Selada merah juga mengandung antioksidan yang cukup tinggi dengam mengkonsumsinya dalam keadaan mentah kita bisa mendapatkan nutrisinya secara maksimal karena tidak perlu melalui proses pemakasakan.

Keunggulan Salada Merah Dengan Selada Hijau

dalam vitamin B6 yg bisa mencegah anemia dan unggul kandungan karoten dan gluteinnya yg berfungsi untuk pengliatan menjadi lebih baik.

Salada Green Butterhead

Bentuknya cantik, hampir mirip seperti bunga. Penamaman bisa menggunakan teknik hidroponik dan tanam tanah. Tetapi kebanyakn penanaman menggunakan hidroponik.

Tagged in:

,

About the Author

Peternak

Berbagi Informasi mulai dari Cara Mengobati Ayam, Harga Ayam, Manajemen, Kesehatan Ayam, Berbagai macam penyakit, dan info-info menarik lainnya.

View All Articles