Postingan kali ini membahas hewan peliharaan atau jenis kelinci hias yang sudah masuk ke pasaran Indonesia dengan harganya.

Kelinci menjadi salah satu hewan favorit untuk dipelihara selain Kucing dan Anjing dan binatang lainnya. Selain lucu dan imut kelinci tidak memerlukan tempt yg terlalu luas dalam kandangnya.

Jenis-Jenis Kelinci Beserta Harganya

Kelinci Anggora

jenis-jenis kelinci beserta harganya
Kelinci Anggora adalah jenis kelinci hias. Biasanya dibudiayakan untuk di ambil bulu atau woolnya dan juga biasanya dipelihara untuk kelinci hias. Jenis kelinci anggora yang populer di Indonesia yaitu Anggora Giant, Anggora Inggris, Anggora Francis.

Kelinci ini memang memiliki nama sama seperti kucing anggora, pada postingan sebelum nya kita sudah bahas detail mengenai jenis kelinci anggora ini. Berasal dari Ankara, Turkey.

Ciri khas utama kelinci ini adalah bulu yang lebat dan membalut seluruh tubuhnya. Bahkan terkadang wajahnya tidak terihat karena tertutup bulu. Pada kelinci dewasa jenis Anggora bisa mencapai bobot 3,5 kg.

Jika biasanya kelinci sangat aktif dalam berlarian, kelinci jenis ini lebih kalem dan tenang. Untuk rasio harga kelinci anggora berkisar di Rp. 100.000-2.000.000 sesuai dengan kemurnian dari ras kelinci tersebut.

Kelinci Himalayan

jenis-jenis kelinci beserta harganya

Jenis kelinci hias ini juga disebut kelinci Cina atau kelinci Rusia. Warna dominannya adalah putih dengan warna gelap di sekitar hidung, telinga, ekor dan kaki.

Karena sulit di budidaya kelinci himalaya dijual cukup mahal di pasaran. Untuk rentang harga kelinci himalaya berkisar di Rp. 100.000 – 4.000.000 untuk ras kelinci himalayan murni.

Dibandingkan dengan kelinci lainnya, kelinci jenis himalayan ini tergolong produktivitas yang rendah dikarenakan sekali melahirkan kelinci Himalayan hanya bisa berkisar di 3 sampai 6 ekor saja.

Kelinci Mini Rex

jenis-jenis kelinci beserta harganya

Tidak jauh beda dengan kelinci rex standart, berat kelinci mini rex ini berkisar di 1-2,5 kg, ciri utama dari kelinci mini rex ada pada bulunya.

Dimana bulu pada jenis mini rex terlihat unik ditandai dengan kepadatan bulu yang baik, terkesan mewah seperti beludru atau karpet. Bentuk kepala cenderung bulat dan besar, serta memiliki ukuran telinga yang lebih lebar dan berdiri tegak.

Kelinci New Zealand

jenis-jenis kelinci beserta harganya
Jenis kelinci ini masuk ke jenis kelinci pedaging, ciri-ciri kelinci new zealand badan lebih besar dengan mata berwarna merah meskipun kelinci ini bernama new zealand tetapi kelinci ini berasal dari Amerika dan hasil persilangan dari kelinci Flemis giant.

Kelinci Dutch

Bagi yang bosan dengan kelinci yang memiliki warna bulu putih, kelinci ini bisa jadi alternatif kelinci hias untuk di pelihara. Kelinci ini terdiri dari 2 kombinasi warna bulu yakni warna putih bercak hitam, coklat atau abu-abu.

Range harga kelinci dutch bisa di peroleh dan di bawa pulang mulai dari Rp. 100.000 – 2.000.000 tergantung dari kualitas dan spesifikasi kelinci tersebut.

Kembali lg dari kemurnian ras dan indukan yang super terlebih dari indukan juara harga akan melambung tinggi sedangkan apabila dutch dilahirkan dari persilangan dari kelinci jenis dutch dan persilangan dengan kelinci lokal tentu akan menurunkan harga dan kualitas dari kelinci ini sendiri.

Bobot kelinci berkisar dari 1-2,5 kg mempunyai telinga yang panjang dan tegak beridir. Kelinci ini berasal dari Belanda. Oleh sebab itu banyak yg menyebut ini kelinci Belanda.

Kelinci English Lop

Kelinci jenis ini adalah jenis kelinci lop yang terkenal di Indonesia. Yang menjadi ciri khas dari kelinci ini adalah telinganya yang panjang ke bawah, saat berusia 4 bulan telinganya akan turun hingga ke tanah.

Kelinci ini adalah hasil mutasi gen dari kelinci Anggora, himalaya dan dutch. Bobotnya bisa mencapai 4-6 kg. Rasio harganya bisa di dapatkan Rp 40.000 – 4.000.000.

Kelinci Holland Lop

jenis-jenis kelinci beserta harganya
Jenis lop ini memiliki berat 1,8-2 kg saat dewasa, jenis kelinci lop memiliki keunikan dengan kuping yang turun ke bawah. Memikiki tubuh yang sintal, bulat dan pendek. Karakter jenis lop ini dikenal sebagai jenis kelinci yang tenang dan lembut.

Memiliki tempramen yang menyenangkan dan tidak agresif. Karena itulah kelinci lop ini baik untuk dipelihara oleh keluarga di rumah.

Kelinci Flemish Giant

Kelinci jenis ini adalah kelinci jenis terbesar di dunia. Kelinci ini merupakan kelinci yang bertubuh berat dan besar. Beratnya sendiri bisa mencapai 15 kg dan lebih. Namun telinganya tetap tidak sepanjang english lop.

Kelinci ini mulai di budidayakan sejak awal abad ke 16 yang di temukan di Belgia. Awalnya kelinci ini di budidayakan untuk pedaging tetapi karena harganya yang cukup tinggi membuatnya tidak lagi di gunakan untuk di konsumsi.

Range harga kelinci Flemish Giant berkisar di Rp. 500.000 – 10.000.000 bisa di temukan di pasaran.

Kelinci Netherland Dwarf


Kelinci ini berasal dari Belanda. Jenis kelinci ini berukuran kecil, berbeda dengan flemish giant. Kelinci Netherland Dwarf ini terbilang paling kecil dari jenis lainnya.

Berat dewasanya hanya berkisar di 1,25 kg untuk usia anakan berkisar di 500 gr. Untuk rasio range harga berkisar di Rp. 50.000 – 5.000.000.

Kelinci Lokal

Kelinci ini paling populer dan sangat mudah untuk di temukan dan di perkembang biakkan di Indonesia. Indonesia memiliki kelinci hias lokal yang tak kalah lumayan menarik meski dibandingkan dengan kelinci hias dari Europa.

Kelinci ini dijual dengan harga yang ramah dan murah, perawatannya juga tidak terlalu ribet karena tidak perlu adaptasi seperti kelinci luar lainnya. Beberapa varian di miliki kelinci lokal seperti kelinci Jawa, kelinci Sumatera. Tetapi biasanya di golongkan menjadi kelinci hias lokal.

Demikian lah jenis-jenis kelinci beserta harganya, semoga bermanfaat. Terima kasih.

Tagged in:

About the Author

Peternak

Berbagi Informasi mulai dari Cara Mengobati Ayam, Harga Ayam, Manajemen, Kesehatan Ayam, Berbagai macam penyakit, dan info-info menarik lainnya.

View All Articles