Setelah sebelumnya membahas tentang Cara Budidaya Udang Vaname kali ini kita akan membahas tentang ikan. Siapa sih yang gak suka dengan keindahan warna ikan mas koki?

Ternyata ikan hias ini memiliki beragam jenisnya, lho. Pada artikel ini, kita akan membahas ragam jenis ikan mas koki hias paling popular dan sering kita jumpai di aquarium.

7 Jenis Ikan Mas Koki – Ikan hias / ikan mas koki adalah satu satu jenis ikan air tawar yang cukup mudah kita temui di negara Indonesia. Tak hanya secara tampilan menarik, perawatannya pun cukup sederhana menjadikannya primadona ikan hias yang digemari oleh para kolektor ikan hias.

Memang ikan hias ini memiliki banyak warna di tubuhnya, bak pelangi dilangit yang biru, namun tahukah Anda, bahwa ikan mas koki juga memiliki jenis yang berbeda?

Nah, untuk mengenali lebih dalam tentang ciri2 Ikan Mas Koki Hias, yuk kita bahas bersama-sama berikut ini!

Jenis Ikan Mas Koki

1. Ikan Mas Koki Shubunkin
Ciri khas dari tampilan dari ikan mas koki ini adalah komposisi warnanya yang lebih kaya daripada ikan mas lainnya, yakni terdiri dari 3 warna yang sebagian besar dari putih, orange, serta cipratan pola hitam pada tubuh si ikannya.

2. Ikan Mas Ryukin

Jenis Ikan Mas Koki
Ikan ini aslinya dari Jepang, Ikan Mas Ryukin merupakan ikan yang memiliki keunikan tersendiri pada bentuknya yang lucu dan imut. Ciri khas yang meletak pada dia adalah tubuhnya pendek serta punuk juga sirip yang lebar dan besar.

3. Ikan Mas Koki Bubble Eye
Nama yang keren bukan? ‘Bubble Eye’ ya, nama tersebut bukan apa2 disematkan pada ikan ini, namun kenyataannya ikan tersebut memiliki gumpalan seperti balon air yang ada pada bagian bawah matanya yang membuat ikan tersebut terlihat pengen dicubit.

4. Ikan Mas Koki Black Moor
Nah, kalo jenis ikan yang satu ini tak kalah nyentrik dari jenis ikan mas koki sebelumnya. Ciri khas pada ikan mas koki black moor adalah warna hitam pekat dengan ekornya yang sedikit lebar dan bagian mata yang menonjol.

Memiliki warna yang bisa dikombinasikan dengan warna apapun (kontras) membuat ikan mas ini sangat cocok bila dipelihara bersama jenis ikan koki lainnya.

5. Ikan Mas Koki Fantail
Jenis ikan mas koki fantail atau biasa disebut ekor kipas yang popular karena sirip ekor ganda yang terlihat mengembang. Sekilas ikan ini memang terlihat tak berbeda dengna jenis ikan mas koki lainnya.

Hanya saja khusus di bagian ekor yang lebih pendek menjadi ciri khas tersendiri pada ikan mas hias ini.

6. Celestial Goldfish
Celestial Goldfish merupakan ikan mas koki yang juga popular karena mempunyai mata yang menonjol. Dan yang membuatnya lebih unik lagi adalah karena tonjolan mata yang menghadap ke atas dan ikan tersebut tak memiliki siri punggung.

Meskipun begitu, kedua hal ini membuat jenis ikan mas koki ini tidak mempunyai penglihatan yang baik dan kemampuan berenang seperti ikan pada umumnya.

7. Ikan Mas Koki Oranda

Ikan Mas Koki Oranda
Ikan mas Koki Oranda jika kita lihat sekilas mirip seperti ikan mas koki jenis Lionhead , yang menjadi pembeda diantara keduanya adalah ikan ini memiliki bentuk gumpalan yang berada dibagian atas kepala.

Nah, gimana guys, banyak sekali bukan jenis dari ikan mas koi ini yang bisa membuat aquarium kamu dirumah semakin segar dan menarik untuk dilihat.

Tagged in:

,

About the Author

Peternak

Berbagi Informasi mulai dari Cara Mengobati Ayam, Harga Ayam, Manajemen, Kesehatan Ayam, Berbagai macam penyakit, dan info-info menarik lainnya.

View All Articles