Beberapa jenis burung kardinal yang akan kita bahas berikut ini adalah semata-mata untuk menambah ilmu pengetahuan kita dan juga lebih mencintai dan menjaga kelestarian makhluk hidup di alam.

Burung Kardinal Merah

Jenis Burung Kardinal

Burung satu ini mirip seperti yg ada di kartun anak yaitu angry bird. Burung ini memiliki karakteristik bulu warna merah dan bernama burung kardinal merah atau bahasa ilmiahnya cardinalis cardinalis. Selain penampilannya yg cantik burung asal Amerika Utara ini juga punya suara yang nyaring, di alam liar burung pejantan akan menggunakan suaranya untuk melindungi wilayahnya dari sesama burung jantan kardinal lainnya. Mereka ini termasuk hewan terotorial yg artinya yg memiliki kekuasaan wilayah masing-masing.

Meskipun memiliki kriteria yg hampir sama dengan red sang burung merah yg digambarkan dengan karakter pemarah tetapi beda halnya dengan burung ini. Mesti teritorial kardinal hewan yg jinak dan bisa di pelihara. Tidak banyak yg memelihara burung ini dan dinegara asalnya juga tidak di perbolehkan untuk dipelihara sejak 1918.

Burung Kardinal Jambul Merah

Burung Paroaria Coronata merupakan jenis lain dari burung kardinal yaitu kardinal jambul merah. Uniknya meski memiliki nama yg sama dengan kardinal cardinalis cardinalis, burung jambu merah ini ternyata bukan keluarga kardinal tetapi family Thraupiade. Poroaria coronata berasal dari hutan tropis Afrika Selatan yg menarik dari asal kedua burung ini yg sama-sama beriklim tropis mereka dapat di kembang biakkan di Indonesia.

Ketika musim kawin, burung jantan akan membawa daun yg akan diberikan kepada betina untuk sarang anak mereka. Cara membedakan jantan dan betina bisa dilihat dari jambul pejantan akan terlihat tegak dan tinggi sementata betina sangat pendek dan tidak tegak. Hewan ini adalah monogami artinya seumur hidup mereka akan setia pada satu pasangan.

Perawatan Burung Kardinal

Perawatan bintang ini ternyata tidak susah, yg perlu di perhatikan adalah luasan kandang yg dibuat agak besar dan menjaga kebersihan lingkungan kandang, peralatan makan dan minum di bersihkan setiap harinya. Makanan burung karidinal pillet putih dan jagung adalah makanan yg bisa diberikan sehari-hari.

Demikian artikel tentang jenis burung kardinal, semoga bermanfaat. Terimakasih

Tagged in:

About the Author

Peternak

Berbagi Informasi mulai dari Cara Mengobati Ayam, Harga Ayam, Manajemen, Kesehatan Ayam, Berbagai macam penyakit, dan info-info menarik lainnya.

View All Articles