Buah Naga punya banyak sebutan yang menyesuaikan dengan tempat tumbuh dan berkembangnya tanaman ini ada yang menyebut buah kaktus, kaktus madu, kaktus manis sedangkan di luar negeri di sebut dengan pear strawberry, kaktus orchid. Ternyata buah naga termasuk ke dalam keluarga tanaman kaktus dari marga hilosereus atau seleni sereus. Berikut jenis buah naga serta khasiat buah naga.

Jenis Buah Naga

jenis buah naga serta khasiat buah naga

Pohon buah ini memiliki karakteristik memiliki duri pada tiap ruas batangnya. Asal muasal buah ini ternyata dari Amerika tepatnya dari Amerika Tengah yaitu Meksiko lalu masuk ke Indonesia pada tahun 2000-an meski pada tahun itu Indonesia masih mengimport dari Thailand. Dengan tidak butuh waktu lama tepatnya pada tahun 2001 buah naga sudah mulai di kembangkan di Indonesia. Buah naga aneka warna tidak hanya buah naga merah tetapi juga ada jenis lainnya seperti buah naga orange, kuning dan hitam. memang unik perbedaan mendasar terletak pada tampilan fisiknya saja.

Buah Naga Orange

Buah Naga Orange

Buah naga orange terbilang jenis baru yang belum terlalu populer bagi masyarakat Indonesia. Selain warnanya unik, buah naga inipun memiliki rasa dan aroma yang unik. Aromanya mirip seperti leci dan rasanya seperti anggur dan teksturnya lembut.

Kebanyakan jenis buah naga yang di kembangkan di Indonesia yaitu buah naga putih dan merah. Berbeda dengan buah naga yang biasanya, buah naga ini kulitnya berwarna orange dan dagingnya berwarna pink agak kejingga-jingga an. Varietas jenis ini adalah baru yang di kembangkan di negara Indonesia. Buah naga orange memiliki ukuran sedang tidak terlalu besar, buah naga orange memiliki sedikit duri pada buahnya. Buah naga yang satu ini dijual sekitar Rp. 250.000/kg.

Buah Naga Kuning

Buah Naga Kuning

Buah Naga kuning ukurannya lebih kecil dari buah naga orange alias yang paling kecil dari jenis buah naga lainnya, harganya mencapai Rp. 200.000/kg

Buah Naga Merah

Buah Naga Merah

Buah naga merah kulitnya berwarna merah memiliki ukuran yang paling besar di antara lainnya, rasanya manis dan biasanya di jual Rp. 20.000/kg. Buah naga merah berbuah saat usia mencapai 5-7 bulan masa panen mulai bulan September hingga Mei sedangkan panen raya berkisar pada Desember hingga Maret. Buah naga merah bisa di panen jika sudah berusia 40 hari terhitung sejak bunganya mekar. Dalam 2 tahun pertama setiap tiang penyangga dapat menghasilkan 8 hingga 10 buah naga dengan bobot sekitar 400-650 gr setiap buahnya. Sedangkan umur produktif tanaman ini berkisar antara 15-20 tahun.

Buah Naga Hitam

Buah naga ini sama sekali belum ada di pasaran Indonesia karena membudidayakannya cukup sulit.

Cara Memilih Buah Naga Yang Baik

  • Merahnya merata.
  • Tidak belang hijau atau belang kuning.
  • Kulitnya tidak menebal.
  • Besarnya tidak over.

Beberapa oknum nakal ada yang membesarkan buah dengan cara menyuntikkan zat kimia berbahaya ke buah yang membahayakan kesehatan yang mengkonsumsinya.

Cara Budidaya Buah Naga

Menggunakan teknik grafting atau teknik sambung. Cara yang dilakukan dengan menyambung 2 jenis buah naga yang berbeda namun batang bawah pasti digunakan batang naga merah karena ukuran batang lebih besar, kuat dan lebih banyak menyerap nutrisi. Hingga otomatis membantu batang atas untuk asupan nutrisi.

Untuk batang yang di tempel pada bagian atasnya bisa digunakan naga orange ataupun kuning tergantung buah naga yang diinginkan. Sulur atau batang yang digunakan harus sudah pernah menghasilkan buah, pilih yang mulus dan tidak berjamur.

  1. Batang di sayat menggunakan pisau yang tajam agar sayatan sempurna.
  2. Gabungkan batang
  3. Ikat dengan tali
  4. Tunggu hingga sekitar 3 minggu hingga tumbuh tunas.
  5. Siap untuk ditanam dengan menggunakan pupuk kandang.

Hasil teknik sambung ini membantu proses tanam menjadi lebih cepat, buahnya pun bisa 2x lebih besar. Apalagi jika ditanam di ketinggian tanah 500mdpl.

Cara Panen Buah Naga Merah dan Orange

Cara memetik kedua buah ini berbeda karena buah naga orange ini ada durinya jadi harus di kuas terlebih dahulu untuk menghilangkan durinya baru kemudian di petik. Buah naga orange bisa di panen dari usia 2,5-3 tahun jika tanaman berasal dari stek dengan teknik sambung hanya 12-14 bulan buah naga sudah bisa di panen. Panen raya buah naga orange sekitar bulan juni hingga agustus.

Khasiat Buah Naga

Buah ini bermanfaat bagi kesehatan tubuh seperti :

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  2. Memperbaiki sel-sel yang rusak.
  3. Menurunkan kadar kolesterol.
  4. Menguatkan tulang dan gigi.
  5. Mencegah penyakit kanker.

Olahan buah bersisik seperti naga juga banyak seperti :

  • Brownies kukus
  • Jus
  • Onde-onde
  • Dadar gulung
  • Kripik
  • Aneka jenis kudapan lainnya.

Selain digunakan sebagai pewarna alami makanan, rasanya juga mampu memberikan citarasa unik. Nilai plusnya olahan menjadi lebih bernutrisi.

Demikian artikel jenis buah naga serta khasiat buah naga, semoga bermanfaat. Terimakasih.

Tagged in:
,

About the Author

Peternak

Berbagi Informasi mulai dari Cara Mengobati Ayam, Harga Ayam, Manajemen, Kesehatan Ayam, Berbagai macam penyakit, dan info-info menarik lainnya.

View All Articles