Indukan Ayam Pedaging

Mungkin sebagian dari kita bertanya-tanya dari manakah datangnya atau asalnya Ayam Pedaging yang kita pelihara. Apakah ayam pedaging bisa bertelur dan sudah mencoba memeliharanya sampai umur beberapa bulan tetapi tidak menelur membuat rasa penasaran semakin besar.

Indukan ayam pedaging adalah asal dari ayam broiler yang kita pelihara, jadi walaupun kita memelihara ayam pedaging sampai bobot 3 kg-up tetapi tidak kunjung juga menghasilkan telur hal ini dikarena memang belum waktunya untuk bertelur di waktu tersebut.

Indukan Ayam Pedaging

Indukan Ayam Pedaging

Pure Line

Ini ni si mbah nya dari ayam yang kita pelihara, galur murni dari ayam pedaging broiler yang menghasilkan strain Ross, Cobb, Hubbard

Grand Parent Stock

Istilahnya ini adalah nenek dan kakek dari ayam yang kita pelihara di kandang, yang menghasilkan parent stock dan kemudian final stock.

Ditempatkan dikandang clouse house dengan perbandingan 1:10 untuk jantan dengan betinanya.

Parent Stock

Beberapa perusahaan besar mempunyai parent stok untuk menghasil kan dan membudidayakan ayam pedaging.

Perusahaan yang membudidayakan dan mengembangkan indukan ini lebih dikenal dengan breeder, lalu penetasannya adalah hatchery.

Ayam parent stok atau ayam PS biasanya di kembang biakkan di sebuah kandang clouse house dari kecil hingga besar dengan jumlah ayam jantan dan betina adalah 1:10.

Di kandang ayam parent stok bio security ayam sangat dijaga, dimulai dari keluar masuk pegawai yang di batasi dan strerilisasi yang tinggi saat memasuki kandang. Vaksin juga teratur dilakukan di kandang ini. Hingga penjagaan pola makan dan kandungan pakan yang dijaga, karena bukan lg sekedar daging yang di cari.

Final Stok

Ayam yang di distribusikan ke peternak-peternak adalah hasil dari parent stok yang disebut Final Stok yang di jaga dan di proses lagi di hatchery atau tempat penetasan telur yang letakkan berbeda wilayah dan kandang.

Info penting ni yg perlu di ketahui berdasarkan data tahun 2000 dari Ditjen Peternakan, di Indonesia saat ini ada satu perusahaan yang mempunyai Pure Line, 18 Grand Parent Stok, dan ada 108 buah pembibitan ayam pedaging di Indonesia.

Pada umumnya ayam broiler mulai bertelur saat umur 25 Minggu atau 6 bulan lebih dan akan mulai bertelur setiap harinya sampai minggu ke 42 – 44.

Itu adalah artikel tentang Indukan ayam pedaging, semoga bermamfaat. Terima kasih. Lebih jelas juga bisa membaca artikel Perkenalan Broiler

Tagged in:
,

About the Author

Peternak

Berbagi Informasi mulai dari Cara Mengobati Ayam, Harga Ayam, Manajemen, Kesehatan Ayam, Berbagai macam penyakit, dan info-info menarik lainnya.

View All Articles